10 Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Aquascape - Ikanesia.id

10 Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Aquascape

10 Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Aquascape - Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai seputar macam-macam jenis kayu aquascape dan juga jenis-jenis nya. Nah, apa yang pertama kalian pikirkan apabila mendengar kata aquascape? Apakah kalian berpikir bawa aquascape itu aquarium, tentu nya bukan ya. Memang tidak sedikit orang yang gagal memahami dan tidak bisa membedakan antara aquascape dan aquarium.

10 Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Aquascape


Aquascape dan aquarium tentu berbeda, perbedaan kedua nya terletak pada objek pemeliharaan utamanya. Contohnya untuk aquarium, yang menjadi fokus dan objek pemeliharaan utama nya yaitu hanya teletak pada ikan nys saja, sedangkan yang menjadi fokus dan objek pemeliharaan utama aquascape yaitu tidak hanya ikan saja melainkan seluruh ekosistem di dalam wadah baik itu tanamannya, bebatuan di dalamnya, karpet hidupnya, juga kayu atau driftwood yang digunakan.

Di dalam aquascape, kayu sangat berperan penting serta memiliki fungsi sebagai media tumbuh nya beberapa tanaman air dan pembentuk beberapa desain aquascape sehingga terlihat lebih indah. Namun perlu kalian ketahui bahwa tidak semua kayu bisa digunakan untuk aquascape ya, dan berikut ini adalah bebrapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk aquascape diantara nya :

10 Jenis kayu aquascape yang bisa digunakan


1. Kayu Rasamala

Kayu Rasamala

Karena harga nya yang terbilang murah jenis kayu rasamala paling sering digunakan oleh para aquascaper. Ciri dari kayu rasamala yaitu kayu nya yang memiliki lekung dan cabang serta memiliki warna kayu yang kemerah-merahan, ukuran nya pun cenderung berbentuk ramping. Selain itu juga kayu rasamala yang telah mengering tidak menimbulkan perubahan warna serta tidak membahayakan habitat lain dalam aquascape.

Kayu rasamala pun terkenal dengan kayu nya yang kuat meskipun terkena air dalam waktu yang cukup lama, sehingga tidak heran jika kayu rasamala banyak titemukan di daerah perbukitan dan pegunungan yang cukup lembab. Untuk harga kayu rasamala itu berkisar antara Rp30.000-80.000, tergantung ukuran kayunya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pasir Aquascape Yang Wajib Kalian Ketahui

2. Kayu Bakau

Kayu Bakau

Kayu jenis ini memang cukup populer di kalangan aquascaper, kayu ini pun terbilang sangat estetis. Ciri dari kayu bakau yaitu kayu nya yang memiliki tekstur yang halus, sedikit cabang, dan di ujung cabangnya biasanya berbentuk runcing. Kalian bisa mendapatkan kayu jenis bakau ini di pesisir pantai atau di hutan bakau.

Namun walaupun kayu ini terbilang sangat estetis, tetapi kayu bakau ini memiliki banyak kekurangan diantara nya kayu bakau ini mudah retak dan pecah serta kayu bakau ini dapat mengubah warna air menjadi kuning sebab pada kayu bakau ini terdapat kandungan tanin yang cukup tinggi. Harga kayu bakau dipasaran biasa nya dibandrol dengan harga Rp.30.000 sampai ratusan ribu rupiah.

3. Kayu Santigi

Kayu Santigi

Kayu Santigi memiliki lekukkan indah yang membuat kesan unik, karena kayu ini adalah sejenis kayu bonsai. Kayu santigi pun banyak tumbuh dan tersebar di beberapa kawasan asia tenggara, diantara nya Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Untuk para aquascaper, kalian perlu tahu bahwa jika kalian memadukan kayu santigi dengan tanaman sejenis fissiden atau moss maka akan menambah kesan alami pada aquascape kalian. Harga kayu santigi pun biasa dibandrol dengan harga Rp60.000 sampai ratusan ribu rupiah.

Baca Juga : Cara Membuat Aquascape Air Terjun Dengan Mudah

4. Kayu Senggani

Kayu Senggani aquascape

Karena memiliki bentuk bercabang dan ramping sehngga kayu senggani sering disebut akar senggani. Kayu senggani pun memiliki ukuran yang tidak sebesar kayu rasamala.

Unik nya lagi kayu senggani bisa digunakan untik membuat bonsai dan efek akar di aquascape loh. Kayu senggani pun sangat mundah didapatkan karena kayu ini biasa ada di lereng gunung, semak belukar, tebing, atau sungai. Untuk harga kayu senggani pun bisa terbilang sanagat murah loh.

5. Mopani Wood

Mopani Wood

Kayu jenis ini berasal dari Benua Afrika dan kayu ini pun termasuk jenis kayu yang cukup populer digunakan untuk aquascape.

Kayu ini memiliki ciri tidak bercabang, bertekstur padat, dan cukup kukuh. Untuk mendapatkan kayu ini pun kalian mungkin hanya bisa menemukannya di Supermarket ACE atau online shop saja, tapi dengan harga yang tebilang cukup mahal.

6. Kayu Kopi

Kayu Kopi Aquascape

Memiliki bentuk yang terbilang unik yaitu akar yang banyak, dan sangat bervariasi, sehingga kayu kopi ini menjadi favorit untu para penggemar aquascape loh. Harganya pun terbilang sangat murah, bahkan gratis jika kalian bisa mencari nya sendiri.

Namun jika kalian ingin menggunakan kayu kopi sebagai kayu hias aquascape maka kalian harus merebus terlebih dahulu dan menghilangkan kambium atau getah yang ada pada kayu kopi, dikerok kulitnya lalu dijemur dan direbus, selanjutnya tinggal direndam selama 3 minggu agar baik untuk digunakan.

7. Kayu Jambu

Kayu Jambu Aquascape

Jika kalian para aquascaper ingin menanam flora moss di dalam aquascape, sebaik nya kalian menggunakan kayu jambu ini sebagai tanaman nya. Kayu jambu ini pun sangat mudah didapatkan loh dan tergolong sangat murah, makanya tidak heran jika kayu jambu ini menjadi kegemaran para aquascaper.

Kayu jambu yang disarankan disni yaitu kayu jambu biji. Saat pengambilan kayu nya pun akarnya jangan langsung dimasukan ke dalam aquarium, tapi sebaiknya kulitnya harus dibuang, lalu direbus, dijemur sampai benar-benar kering kemudian direndam dalam air 2 sampai 3 minggu. 

Baca Juga : Ini Dia, Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Bagus Untuk Akuarium

8. Kayu jati

Kayu jati

Siapa yang tidak tau denga jenis kayu yang satu ini, kayu ini termasuk jenis kayu yang sangat populer. Tetapi kayu jati kurang diminati oleh para aquascaper loh. Sebab kayu jati tidak banyak diminati yaitu karena kayu jati memiliki sifat yang susah tenggelam dan mudah mengambang.

Tapi tengan saja bagi kalian yang tetap mau menggunakan kayu jati untuk aquascape, kalian bisa menggunakan nya dengan cara kayu jati tersebut ditahan agar tidak mengambang atau diberi beban berat saat kalian gunakan di aquascape kalian. Karena hal itulah membuat kayu jati sebenarnya kurang diminati karena susah sekali tenggela

9. Hornwood

Hornwood

Hornwood atau kayu horn. Kayu jenis ini merupakan salah satu kayu yang digunakan oleh sang pencetus dari hobi aquascape yang bernama Takashi Amano.
Ciri dari kayu jenis ini yaitu kayu nya yang memiliki tekstur yang kuat dan unik, serta tidak memiliki banyak cabang tapi seperti ada motif tanduk. Kayu jenis ini pun untuk harganya berbeda-beda, tergantung pada bentuk dan tekstur kayu nya. Untuk harga ada yang membandrol nya mulai dari harga puluhan sampai ratusan loh.

10. Branchwood

Branchwood

Kayu ini memiliki ciri ranting dan cabang yang tergolong cukup banyak. Dan cabang nya pun bisa dimanfaatkan ditanami moss sebagai daunnya, jika sudah lama dan daun nya sudah lebat maka akan terlihat keindahan nya. 
Namun jika kalian baru menggunakan kayu ini untuk pertama kali sebaiknya kalian merendam nya terlebih dahulu agar kayunya bisa tenggelam, karena kayu ini jika baru digunakan apabila tidak direndam terlebih dahulu maka kayu nya akan mengapung pada aquascape kalian. Untuk harga kayu ini pun berbeda-beda.

Baca Juga : Daftar 7 Jenis Ikan Hias yang Cantik Tapi Murah

Ok, sekian artikel yang saya buat mengenai kayu aquascape dan jenis nya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi bagi pembaca nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel