5 Jenis Pakan Ikan Nila yang Mudah Didapat dari Lingkungan Sekitar - Ikanesia.id

5 Jenis Pakan Ikan Nila yang Mudah Didapat dari Lingkungan Sekitar

5 Jenis Pakan Ikan Nila yang Mudah Didapat dari Lingkungan Sekitar - Jenis pakan apakah yang murah dan mudah didapatkan untuk membudidayakan Ikan Nila? Berikut ini adalah jenis-jenis pakan yang bisa kamu gunakan.

Budidaya ikan Nila sangat menguntungkan karena ikan yang hidup di air tawar ini sangat mudah dirawat dan dikembangbiakkan serta menjadi sumber protein favorit masyarakat.

5 Jenis Pakan Ikan Nila yang Mudah Didapat dari Lingkungan Sekitar

 
Sudah barang tentu budidaya Ikan Nila akan membawa banyak keuntungan bagi kalian para hobbies yang ingin menjadikannya lahan usaha potensial.
 
Namun untuk mendapatkan hasil ternakan Ikan Nila yang baik maka diperlukan pakan Ikan Nila yang berkualitas. Untuk mendapatkan pakan, kalian tidak perlu pusing-pusing. Karena bahan-bahannya sangat mudah didapat.

Apa saja jenis pakan Ikan Nila yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil budidaya yang berkualitas? Berikut ini pembahasannya.

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Ikan Nila Lengkap Beserta Tipsnya

1. Daun Kangkung

Mungkin kalian heran. Kok daun kangkung? Iya betul! Sayuran yang biasa kalian beli di tukang sayur ganteng kesayangan ibu-ibu komplek ini bisa kalian gunakan sebagai pakan Ikan Nila yang baik lho!

Agar biaya belanja pakan tidak membengkak kalian bisa menanamnya sendiri di halaman. Tenang saja, kangkung termasuk sayuran yang mudah tumbuh kok. 

Kalian bisa memberikan pakan dari daun kangkung ini dengan cara dipotong kecil-kecil lalu ditaburkan ke kolam. Bahkan ada beberapa pegiat budidaya Ikan Nila yang menanam kangkung di kolam. Sehingga kapanpun ikan ingin makan, pakan sudah siap tersedia.
 

2. Daun Talas

Jenis pakan Ikan Nila yang mudah didapatkan berikutnya adalah daun talas. Hampir sama seperti kangkung, daun talas ini sangat mudah ditanam dan dikembangkan. 

Karena mudah maka tentunya biaya akan menjadi murah. Pakan ini mampu membantu menambah bobot ikan. Jadi, bagai air di daun talas, Ikan Nila di air akan memakannya sampai tandas.

Yang perlu dicatat oleh hobbies semua adalah jangan berlebihan memberikan pakan daun talas ini, karena bila ada daun yang tidak termakan dan menjadi busuk maka ada kemungkinan dapat mengganggu kondisi kolam.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Usaha Sampingan

3. Sisa Sayuran

Bahan yang mudah didapatkan berikutnya adalah sisa-sisa sayuran yang tidak terpakai. Yang dimaksud dengan sisa sayuran disini adalah bukan sisa sayuran yang tidak habis kalian makan ya!

Yang dimaksud sebagai pakan Ikan Nila dari sisa sayuran ini adalah sayuran-sayuran yang tidak laku dijual dari pedagang sayur atau sayuran yang sudah layu dan belum sempat diolah.

Sisa sayuran mentah ini dapat hobbies gunakan menjadi pakan Ikan Nila yang mudah dan murah. Intinya adalah sayuran mentah ya, jangan sayuran yang sudah dimasak tetapi tidak habis. Harus yang masih mentah.

4. Dedak

Loh tadi sayur, sekarang dedak. Bukannya dedak itu untuk makanan ayam? Mungkin itu yang muncul di benak hobbies sekalian. Tapi faktanya dedak ini sudah banyak digunakan oleh peternak Ikan Nila.
 
Dedak memiliki ukuran kecil yang mudah dimakan oleh Ikan Nila. Harganya pun murah meriah. Pakan ini memiliki kadar karbohidrat tinggi yang memberi efek pertumbuhan badan yang pesat.

Baca Juga : Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal

5. Sisa Roti

Ikan Nila adalah hewan omnivora sehingga bisa memakan hampir apa saja baik itu pakan yang terbuat dari tumbuhan, hewan sampai bahan olahan seperti roti.
 
Bila kalian sering mendapati roti yang kadaluarsa maka sebaiknya jangan dibuang.
 
Roti tersebut bisa kalian gunakan menjadi pakan Ikan Nila yang mudah dan praktis. Untuk satu kolam ikan yang berisi sekitar 40 ekor Ikan Nila, kalian bisa menggunakan satu karung roti yang sudah kadaluarsa untuk dua sampai tiga hari lho!

Budidaya Ikan Nila yang berjenis ikan air tawar ini sangat mudah. Berbagai jenis pakan Ikan Nila pun sangat mudah didapatkan dari bahan-bahan yang ada di sekitar. 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Konsumsi Di Pasar
 
Jadi, tunggu apa lagi? Hobbies bisa segera memulai budidaya Ikan Nila dengan biaya perawatan yang murah dan mudah.
 
Atau bagi kalian para hobbies yang sudah biasa menggunakan pelet bisa mencoba untuk mengganti pakan menggunakan bahan-bahan alami dan murah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel