5 Penyakit Ikan Louhan yang Paling Berbahaya - Ikanesia.id

5 Penyakit Ikan Louhan yang Paling Berbahaya

5 Penyakit Ikan Louhan yang Paling Berbahaya - Kalian pecinta ikan hias dan sedang hobi mengoleksi ikan louhan? Awas! Perhatikan 5 penyakit ikan louhan yang wajib anda tahu berikut ini.

Kalian pasti setuju jika penampilan ikan louhan yang kalian rawat akan lebih memukau, ketika ikan tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat pastinya. Oleh karena itu, sebaiknya Hobbies mengetahui apa saja penyakit ikan louhan.

5 Penyakit Ikan Louhan yang Paling Berbahaya


Bagi kalian yang sedang sayang- sayangnya memelihara ikan louhan, ketahuilah jika ikan tersebut juga mudah terpapar penyakit. Dengan mengetahui penyakit-penyakit pada ikan louhan, kalian bisa lebih waspada.

Baca Juga : Harga Ikan Louhan Berbagai Jenis Terbaru

Mau tau apa saja penyakit yang biasa menyerang ikan louhan? Simak ulasannya berikut ini.

1. White spot atau bintik putih

Penyakit pertama pada ikan louhan adalah white spot atau yang biasa disebut dengan bintik putih. Bintik putih pada sisik ikan louhan ini disebabkan oleh jamur yang hinggap di badan ikan louhan itu sendiri.

Salah satu penyebab jamur ini muncul adalah kualitas dari air yang digunakan. Nah untuk mengatasi dan mencegahnya, Hobbies dapat mengganti air secara teratur agar kualitas air tetap terjaga dan tak menimbulkan jamur hingga bintik putih pada louhan kesayangan kalian.

2. Mulut Bisulan

Penyakit yang dapat menjangkit ikan louhan yang kedua adalah penyakit mulut bisulan. Tak kalah serius dengan white spot, penyakit mulut bisulan pada ikan louhan in juga dapat menyebabkan hal serius hingga kematian pada ikan louhan kalian hobbies.

Penyakit ini ditandai dengan bengkak merah pada mulut ikan louhan yang semakin membesar. Penyakit mulut bisulan yang terdapat pada ikan louhan tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti Crustacea atau sejenis udang laut, luka akibat perkelahian, bakteri hingga jamur.

Tapi jangan khawatir, penyakit ini dapat disembuhkan kok hobbies, caranya adalah dengan mengisolasi ikan louhan kalian ke dalam satu akuarium khusus. Hobbies juga dapat membeli antibiotik khusus untuk mengobati ikan louhan kalian.

Selama penyembuhan, ada baiknya kalian mempuasakan ikan louhan kalian hobbies, dan setelah ikan tersebut sembuh, beralihlah dengan memberikan makanan yang lebih bergizi.

Baca Juga : 11 Daftar Pelet Ikan Louhan Yang Bagus Untuk Pertumbuhan Dan Warna

3. Kembung serta busuk mulut

Penyakit louhan yang satu ini juga cukup serius loh hobbies. Kembung serta busuk perut pada louhan yang diakibatkan karena pakan yang kurang higienis ini bahkan dapat membuat ikan louhan meninggal.

Penyakit ini ditandai dengan perut ikan louhan yang membengkak dan berwarna merah hingga kondisi mulut ikan louhan yang bengkak dan menjadi busuk.

Cara untuk mengatasi kedua penyakit yang menjangkit ikan louhan tersebut adalah dengan menerapi ikan louhan, memberikannya antibiotik khusus dan mempuasakannya selama 7 hari.

4. Luka hingga cacat

Luka hingga cacat pada ikan louhan biasanya terjadi akibat perkelahian ikan louhan itu sendiri. Jika louhan kalian sedang mengalaminya, kalia dapat mengisolasikan ikan louhan tersebut ke akuarium terpisah dan memberikannya makanan bergizi agar cepat sembuh.

5. Stress

Penyakit terakhir pada ikan louhan yang cukup serius berikutnya adalah stress. Penyakit ini ditandai dengan memudarnya warna pada ikan louhan, perilaku ikan yang pasif, jenong kempes dan timbul belang hitam.

Hal ini disebabkan karena penempatan posisi akuarium yang salah, takut kepada musuh hingga sorot lampu di rumah kalian. Pastikan memberikan treatment  yang baik kepada ikan louhan kalian agar ikan tersebut tidak mudah stress ya hobbies.

Kenali sedini mungkin penyakit yang menyerang ikan louhan sebelum berubah menjadi parah. Mengetahui sejak dini akan membuat kalian bisa memilih penanganan yang tepat.

Baca Juga : 5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Demikian ulasan tentang penyakit ikan louhan yang dapat kami sampaikan, terimakasih karena telah membacanya dan semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel