8 Cara Membedakan Kura Kura Darat dan Air - Ikanesia.id

8 Cara Membedakan Kura Kura Darat dan Air

8 Cara Membedakan Kura Kura Darat dan Air - Tahukah kalian bagaimana cara membedakan kura kura darat dan air? Nama lain kura-kura air adalah penyu, tapi banyak juga yang menyebutnya sebagai kura-kura darat. Lantas, apa sih sebenarnya kura-kura itu? Apakah ini cara yang lebih keren untuk menyebut penyu? Ataukah keduanya adalah sama?

8 Cara Membedakan Kura Kura Darat dan Air


Sebenarnya, kura-kura darat adalah penyu, tapi tidak semua penyu adalah kura-kura darat. Dan kebanyakan orang menggunakan istilah “kura-kura” untuk menyebut semua reptil berkaki empat yang memiliki tempurung besar di punggungnya. Padahal, kedua makhluk ini memiliki karakteristik berbeda lho. Masih bingung? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga : Daftar Jenis Kura Kura Air Tawar Yang Dapat Dipelihara Di Rumah

Cara Membedakan Kura Kura Darat dan Air 

1. Habitat / Tempat Hidup

Persis seperti namanya, kura-kura darat tentu saja menghabiskan sebagian besar waktunya di darat, bisa di tepi pantai, gurun, atau bahkan hutan tropis basah. Kura-kura darat tidak banyak berhubungan dengan air selain untuk minum dan kadang-kadang mandi.

Sedangkan kura-kura air memiliki habitat sebaliknya, yaitu menghabiskan hampir seumur hidupnya di dalam air. Jenis kura-kura ini hanya akan datang ke darat pada saat bertelur. Itupun hanya di tepi pantai.

2. Makanan

Pada umumnya, kura-kura darat adalah vegetarian alias suka makan sayur-sayuran/tumbuhan. Sedangkan kura-kura air bisa menyantap apa saja, baik sayuran/tumbuhan, daging, atau jenis makanan lainnya, yang biasa disebut dengan omnivora.

3. Bentuk Tempurung

Kura-kura darat memiliki cangkang yang menyerupai bentuk setengah bola (bulat dan melengkung). Sedangkan penyu alias kura-kura air memiliki cangkang yang lebih tipis/gepeng/rata, yang membuatnya lebih mudah untuk berenang. Namun, ada juga kura-kura air yang memiliki cangkang bulat seperti kura-kura darat, yaitu kura-kura lumpur Sonoran.

Baca Juga : Jam Buka Pasar Ikan Hias Parung Bogor Terbaru 2020

4. Struktur Karapas


Karapas adalah cangkang keras yang melindungi organ bagian dalam dari tubuh kura-kura. Karapas pada kura-kura darat terdiri dari dua lapis. Lapisan pertama (luar) merupakan kumpulan sisik keras, sedangkan lapisan kedua terbentuk dari susunan lempeng-lempeng tulang keras.

Sedangkan karapas pada kura-kura air hanya berupa sejenis kulit, tidak terdiri dari sekumpulan sisik keras. Dan lapisan karapasnya hanya ada satu, yakni sekumpulan tulang rawan lunak yang tersusun rapat.

5. Bentuk Kaki

Kura-kura darat memiliki kaki pendek yang besar, diikuti dengan bentuk kuku yang pendek pula dan dapat ditekuk seperti lutut. Kedua bagian ini sangat kokoh dan kuah, sehingga bisa menopang berat tubuh dan tempurungnya yang besar.

Fungsi lainnya adalah untuk menggali tanah saat akan bertelur.
Sedangkan kura-kura air terlahir dengan kaki panjang yang ramping/kecil. Kukunya juga panjang dan memiliki selaput seperti bebek, yang dapat membantunya berenang.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Berburu Ikan Hias Terlengkap Di Jakarta Dan Sekitarnya

6. Ukuran Tubuh

Sebenarnya, ukuran tubuh kedua jenis kura-kura ini ditentukan oleh usia. Namun dengan usia dan jenis kelamin yang sama, tubuh kura-kura darat terlihat lebih gempal/besar, yang bahkan kadang bisa diduduki oleh anak-anak. Sedangkan kura-kura air memiliki ukuran tubuh yang lumayan lebih kecil dan cenderung gepeng.

7. Leher

Cara membedakan kura kura darat dan air juga bisa dilihat dari bagaimana mereka menggerakkan lehernya. Kura-kura darat dapat menyembunyikan leher dan kakinya di dalam cangkang untuk berlindung dari bahaya. Sedangkan kura-kura air tidak bisa melakukannya.

8. Harga

Kura-kura darat yang masih bayi memiliki harga jual paling murah adalah Rp 1.000.000. Jenis yang memiliki harga ini biasanya adalah Russian, Sulcata, dan Emys. Sedangkan bayi kura-kura air paling murah, yaitu jenis Brazil, memiliki harga jual  Rp 20.000, dan paling mahal (kura-kura Alligator) adalah Rp 600.000.

Baca Juga : Jam Buka Pasar Ikan Hias Jatinegara dan Lokasi Terbaru

Awalnya, kura-kura darat dan air memang tampak sama. Namun setelah mengetahui 8 hal di atas, hanya dengan sekali lihat saja sudah bisa membedakan keduanya, bukan? Habitat dan bentuk tubuhnya ternyata sangat berbeda, begitu pula dengan harganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel