Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula - Ikanesia.id

Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula - Siapa yang tidak suka dengan ikan Gurame ? Jenis ikan air tawar satu ini banyak diminati untuk dikonsumsi karena rasanya yang terkenal lezat. Ikan gurame mudah didapat dan banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang memburu gurame ini untuk dijadikan sebagai ladang berbisnis dengan cara dibudidayakan.

Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula


Budidaya ikan gurame dapat menjadi pilihan terbaik anda jika ingin memulai sebuah usaha. Sebab, permintaan ikan air tawar termasuk gurame di Indonesia ini hampir tidak pernah mengalami kesurutan. Ya, hal ini dikarenakan kebutuhan ikan gurame termasuk dalam kebutuhan konsumsi harian, sehingga selalu laris di pasaran. Jadi, tidak ada salahnya jika anda memulai untuk membudiayakan ikan gurame.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Hias Untuk Pemula

Lantas, bagaimana cara budidaya ikan gurame ? Apakah prosesnya cukup rumit ? Tentu saja tidak. Anda hanya perlu mengetahui cara budidaya ikan gurame yang tepat serta menerapkan tipsnya dengan benar sehingga hasil budidaya dapat maksimal. Ingin tahu bagaimana langkah-langkahnya ? Simak uraiannya dalam artikel cara budidaya ikan gurame berikut ini !

1. Persiapan Kolam Budidaya

Langkah pertama dalam budidaya ikan gurame ialah menyiapkan kolam budidaya. Ukuran ideal untuk sebuah kolam adalah 6-12 meter persegi dengan kedalaman 90-150 cm. Ukuran kolam tersebut dapat dimasuki puluhan ikan gurame dengan bobot rata-rata 2,5 ons. Disamping itu anda harus memastikan kebersihan kolam agar terhindar dari hama dan penyakit. 

Untuk langkah ini berilah filter pada celah pemasukan air atau celah pengeluaran air guna mengantisipasi munculnya hewan yang menjadi hama. Nah, agar ikan buddiaya mendapatkan makanan secara alami, beri pemupukan pada dasar kolam.

Baca Juga : Daftar Harga Kolam Terpal Terbaru

2. Pemilihan Indukan Gurame

Langkah kedua setelah menyiapkan kolam budidaya adalah pemilihan indukan gurame yang berkualitas. Indukan gurame yang siap dipijahkan ialah yang berusia 4-7 bulan dengan bobot sekitar 2 kg per ekor. 

Ciri gurame yang sudah siap dipijahkan diantaranya ialah memiliki warna badan lebih gelap dan agak pucat, perutnya membesar dan dekat dengan anus serta gerakannya cukup lincah Nah, untuk gurame yang sudah siap dipijahkan perlu ditempatkan sendiri pada kolam lain yang dasarnya bersedimen pasir.

3. Penetasan Telur

Penetesan telur terjadi ketika anda menemukan semacam sarang yang telah tertutup pada kolam pemijahan. Untuk tahap ini, bukalah sarang tersebut kemudian letakkan telur-telur gurame pada sebuah ember besar yang berisi air. 

Pada umumnya, telur yang berwarna kuning memiliki kualitas bagus, sementara telur yang kurang bagus dan kemungkinan tidak menetas biasanya berwarna putih. Proses penetasan ini membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari.

Baca Juga : Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Beserta Harganya

4. Pemeliharaan Benih

Tahap penting berikutnya dalam budidaya ikan gurame ialah pemeliharaan benih, yang mana proses ini dipelrukan sebuah kolam khusus untuk memelihara benih ikan gurame. Adapun pakan yang diberikan pada benih haruslah berupa pelet yang halus. Dan biasanya, proses pendederan benih gurame ini akan berlangsung sekitar 3 hingga 4 bulan.

5. Pemberian Pakan

Pemberian pakan dalam budidaya ikan gurame ini baiknya adalah dalam bentuk pelet dengan kandungan protein 25 %. Berikan pakan secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari agar pertumbuhan gurame dapat maksimal. Selain itu anda juga bisa memberi gurame pakan berupa daun-daunan seperti daun pepaya, kangkung, tauge dan lain sebagainya.

Baca Juga : Rekomendasi Pakan Ikan Lele Supaya Cepat Besar

6. Pemanenan Ikan

Tahap terakhir dalam budidaya ikan gurame ialah proses pemanenan. Tahap inilah yang dinanti-nanti oleh sang pembudidaya. Namun itu bukan berarti pelaksanaan panen dapat dilakukan dengan sembarangan. Masa panen biasanya berlangsung dalam kurun waktu 4 hingga 6 bulan sejak benih gurame dimasukkan dalam kolam. Panen dengan hati-hati agar hasilnya juga maksimal.

Sekian ulasan singkat mengenai langkah-langkah atau cara budidaya ikan gurame dengan mudah. Nah, setelah menyimak artikel diatas, anda bisa menerapkan proses budidaya tersebut di rumah anda! Selamat mencoba dan semoga sukses ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel