Ikan Cupang Kalian Mati Tiba-Tiba ? Ini Penyebabnya - Ikanesia.id

Ikan Cupang Kalian Mati Tiba-Tiba ? Ini Penyebabnya

Ikanesia.id - Pernahkah kalian mengali ikan cupang kalian tiba-tiba mati tanpa sebab ?. Sebagian besar dari kalian pasti pernah mengalaminya. Ikan cupang yang tiba-tiba mati pasti ada sebabnya dan mungkin saja kalian lalai atau tidak ngeh apa yang terjadi.

Ikan cupang sendiri merupakan ikan hias air tawar yang sedang naik daun akhir-akhir ini karena banyak sekali masyarakat yang bosen dirumah aja dan akhirnya mulai memelihara ikan hias.

Ikan Cupang Kalian Mati Tiba-Tiba ? Ini Penyebabnya

Ikan cupang salah satu ikan hias yang mudah dipelihara dan dapat dipelihara tanpa bantuan oksigen. Maka dari itu banyak sekali yang menggemari ikan jenis ini,

Walaupun mudah namun tetap saja yang namanya mahkluk hidup harus dipelihara dengan baik dan benar. Ikan cupang yang dipehiara dengan baik akan mendapatkan penampilan terbaiknya.

Baca Juga : 55 Jenis Ikan Cupang Lengkap Beserta Gambar

Banyak sekali yang beranggapan mudah memelihara ikan jenis ini sehingga akhir-akhir ini banyak sekali saya melihat dan mendegar di sosciial media maupun teman-teman saya sendiri bahwa ikannya mati tanpa sebab.

Maka dari itu saya akan berikan beberapa penyebab ikan cupang mati mendadak. Yuk simak penyebabnya dibawah ini:

1. Sakit

Penyebab paling sering yang ditemui ialah ikan memang sudah sakit namun kalian tidak dapat mendeteksinya bahwa ikan tersebut sedang sakit. 

Ciri-ciri ikan cupang yang sakit antara lain kurangnya nafsu makan, ikan lemas serta tidak aktif, terdapat jamur dibagian tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang Agar Selalu Sehat

2. Pakan Yang Berlebihan

Memberi makan ikan cupang memang menyenangkan namun lebih baik memberikan makan ikan cupang secukupnya saja. Pemberian pakan yang berlebihan dapat mengakibatkan banyaknya sisa pakan yang tidak dimakan karena ikan sudah kenyang.

Pakan yang sisa tidak dimakan ini lama-lama kan membuat air menjadi kotor dan membuat kualias air tersebut menjadi sangat buruk. Jika dibiarkan lama-lama ikan akan stress dan mati tiba-tiba.

Baca Juga : Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus Beserta Harganya

3. Air

Sering gonta-ganti air dan tidak pernah ganti air juga merupakan salah satu faktor ikan kalian mati mendadak tanpa sebab. Air yang sering diganti akan mengakibatkan perubahan suhu air dan ph air yang mendadak seacar terus menerus. Sehingga ikan akan merasa gak enak baddan layaknya manusia jika iklim berganti-ganti akan merasa tidak enak badan kan ?.

Dan jika air tidak diganti dalam waktu yang lamapun akan menyebabkan kematian pada ikan cupang. Karena biasanya pada aquarium ikan cupang tidak terdapat filter airnya maka dari itu sebaiknya melakukan pergantian air seminggu sekali.

Cara yang tepat mengganti air akuarium ikan cupang ialang dengan membuang maksimal 50% air, jangan semuanya. dan mengisi air baru. 

4. Nasib

Ini adalah poin yang paling kita tidak dapat tangani karena memang sudah nasib dan takdirnya. Kenapa saya taruh poin ini ? karena pasti ada juga diantara kalian yang sudah memelihara dengan sangat optimal namun tetap saja ikan cupang kalian mati tiba-tiba.

Sekian penjelasan penyebab mengapa ikan cupang kalian mati tiba-tiba. Walaupun ikan cupang terkesan mudah dipelihara lebih baik kalian pelihara dengan optimal ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel