Jenis-jenis Ikan Killifish yang Populer di Indonesia - Ikanesia.id

Jenis-jenis Ikan Killifish yang Populer di Indonesia

Ikanesia.id - Bingung mencari ikan hias air tawar yang cantik ? Cobalah untuk memelihara ikan jenis killifish.

Ikan killifish merupakan ikan yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar saat ini. Hal tersebut dikarenakan ikan yang memiliki ukuran kecil ini memiliki corak berbagai corak warna yang begitu menarik.

Jenis-jenis Ikan Killifish yang Populer di Indonesia


Jenis Ikan Killifish yang Banyak Dipelihara

Ikan killifish adalah ikan air tawar yang di habitat alaminya merupakan predator bagi serangga kecil. Meskipun begitu, ikan ini memiliki sifat yang tenang dan keunikan warna yang bisa membuat siapapun pasti mengaguminya. Berikut akan dibahas 6 jenis ikan killifish yang harus kalian tahu.

Baca Juga : Jenis Ikan Komet Yang Memiliki Bentuk Paling Cantik

1. Chocolate Lyretail

Chocolate Lyretail

Jenis ikan killifish yang pertama ini berasal dari wilayah Afrika Barat, dan dalam bahasa latin ikan ini disebut Aphyosemion australe. Di habitat alaminya, ikan ini biasa hidup di dalam kolam kecil pada lingkungan hutan hujan tropis.

Penampilan fisiknya memiliki warna merah kecoklatan dengan corak warna terang yang seperti bintik-bintik di seluruh tubuhnya. Umumnya ikan ini bisa tumbuh hingga ukuran maksimal 6 cm, sehingga ideal untuk dijadikan sebagai ikan hias.

2. Lineatus

Killifish jenis Aplocheilus lineatus

Habitat asli dari ikan yang memiliki nama latin Aplocheilus lineatus adalah India. Killifish ini mampu tumbuh hingga mencapai ukuran maksimal 12 cm. Meskipun ukuran tersebut terbilang cukup besar untuk ikan hias air tawar, namun ikan ini tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Hal yang membuatnya cocok untuk dijadikan ikan hias adalah kulitnya yang berwarna kuning keemasan. Warna tersebut pasti terlihat sangat kontras dengan lingkungan sekitarnya dan membuat ikan ini bisa menjadi pusat perhatian.

Baca Juga : Daftar 7 Jenis Ikan Hias yang Cantik Tapi Murah

3. Gardneri

killifish jenis gardneri

Ikan hias killifish jenis gardneri berasal dari wilayah Afrika Barat. Sama seperti jenis chocolate lyretail, ikan ini memiliki warna dominan merah. Namun mereka memiliki 2 varian warna garis di siripnya, yaitu kuning dan biru  pucat.

Kedua jenis warna tersebut dapat diperhatikan pada bagian ekor dan sirip punggung. Ikan jenis ini hanya mampu tumbuh hingga ukuran 7 cm, sehingga tidak akan memakan banyak tempat.

4. Bivittatum

Bivittatum

Sama seperti kebanyakan killifish, jenis bivittatum juga berasal dari daerah Afrika Barat yang terkenal memiliki hutan hujan tropis yang bagus. Warna dominan dari ikan jenis ini adalah merah bercampur dengan biru metalik.

Kalian pasti akan mengagumi sirip dari ikan jenis ini karena ukurannya yang begitu besar apabila dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Sehingga ikan ini terlihat begitu menawan apabila sedang berenang.

Baca Juga 55 Jenis Ikan Cupang Lengkap Beserta Gambar

5. Blue Gularis

ikan killifish jenis blue gularis

Kemudian terdapat ikan killifish jenis blue gularis yang juga berasal dari wilayah Afrika Barat. Ikan ini bisa tumbuh hingga ukuran maksimum 12 cm. Kesan pertama yang akan kalian dapatkan setelah melihat ikan ini adalah eksotik.

Tubuhnya memiliki warna dominan biru menyala dengan paduan bintik berwarna merah membuat ikan ini terlihat sangat mencolok. Apalagi dengan tubuh yang cukup besar dan sirip yang terurai membuat ikan ini terlihat begitu menawan.

6. Dwarf Argentine Pearlfish

Dwarf Argentine Pearlfish

kemudian jenis ikan killifish yang terakhir adalah Dwarf Argentine Pearlfish. Sesuai dengan namanya, ikan ini berukuran kecil dengan panjang maksimal hanya 4 cm. Meskipun berukuran kecil, namun ikan ini tetap memiliki pesona tersendiri.

Dengan warna merah tua metaliknya, ikan ini mampu memberikan kesan misterius bagi siapapun yang melihatnya. Namun peralatannya memerlukan sedikit perhatian lebih karena ikan ini memerlukan air yang bersuhu cukup dingin untuk menghindari stress.

Baca Juga : 5 Jenis Ikan Sepat dan Harganya

Demikian penjabaran dari jenis ikan killifish yang harus kalian ketahui. Dengan mengetahui jenis ikan ini, tentunya wawasan kalian akan semakin bertambah. Terlebih jika kalian memutuskan untuk memelihara ikan killifish di akuarium kesayangan, pasti akan semakin menambah keindahan akuarium.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel