Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Ramirezi, Jenis-jenis dan Cara Budidayanya

Mengenal Ikan Ramirezi, Jenis-jenis dan Cara Budidayanya - Ikan Ramirezi ini tergolong ikan yang mungil. Walaupun demikian, ikan ini memiliki warna yang cantik.

Mengenal Ikan Ramirezi, Jenis-jenis dan Cara Budidayanya

Salah satu ikan yang dapat memanjakan mata adalah ikan ramirezi. Ikan ini pertama kali muncul di negara Venezuela dan Kolombia. Berdasarkan namanya, Ramirezi adalah nama seorang kolektor dan importir dengan nama yang sama. Lalu, apa saja jenis dan cara budidayanya? 

Baca Juga : Daftar 7 Jenis Ikan Hias yang Cantik Tapi Murah

Jenis-jenis ikan ramirezi

Ada empat jenis yang merupakan ikan ramirezi tercantik dalam golongannya. 

1. Ikan Ramirezi Balon

Ikan Ramirezi Balon

Ikan jenis ini sangat cantik jika berjalan di dalam akuarium. Warna yang ada pada ikan jenis ini sangat beragam. Tubuh kecilnya memiliki ukuran 3-5 cm. Ikan ini dapat ditemukan di hutan Amazon terutama di bagian rawa-rawa. 

Harga ikan ini dibanderol cukup murah

2. Ikan Ramirezi Slayer

Ikan Ramirezi Slayer
Cristo Cristov

Salah satu yang tercantik adalah ikan ramirezi slayer. Yang membuat ikan ini cantik adalah sirip yang panjang dan perpaduan warna yang sangat padan dan mempesona. Untuk itu, ikan jenis ini sangat pantas untuk dipelihara.
Harga ikan jenis ini di pasaran adalah cukup ramah di kantong.

Baca Juga : Jenis Ikan Komet Yang Memiliki Bentuk Paling Cantik 

3. Ikan Ramirezi German

Ikan Ramirezi German

Adanya bintik-bintik biru yang menyala terang pada warna ikan ini membuat jenis yang satu ini sangat memanjakan mata. Hal ini yang membuat seolah-olah pada tubuh ikan ini menempel berlian. 

Harga jenis ini juga cukup terjangkau. Jadi tak perlu berpikir dua kali. 

4. Ikan Ramirezi Blue Electric 

Ikan Ramirezi Blue Electric

Dari namanya saja pasti warna dominan dari ikan ini adalah biru. Ikan ini cukup unik yaitu memiliki 2 sirip di belakang insang dan perut 

Dari keempat jenis ikan diatas, harga yang yang dipatok cukup ramah di kantong. Jadi, kalian tidak perlu berfikir lama untuk memeliharanya. Untuk tempat jual ikan ramirezi ini juga dapat dibeli di pasar ikan terdekat.  

Baca Juga : Jenis-jenis Ikan Killifish yang Populer di Indonesia

Cara Budidaya Ikan Ramirezi

Cara budidaya keempat jenis ikan di atas tidak jauh berbeda, namun jika kalian adalah pemula dalam budidaya ikan ini, ikuti tahapan-tahapan berikut:

Cara Budidaya Ikan Ramirezi

1. Siapkan Akuarium

Ikan ini setidaknya membutuhkan air sebanyak 5-10 galon air. Tentunya tergantung dengan jumlah ikan yang akan dibudidaya. Untuk itu, siapkan akuarium dengan setting air seperti ini. Setelah persyaratan air, tingkat keasaman juga perlu diperhatikan. Ikan ini hidup dengan tingkat keasaman air 5-6,5.

2. Bibit Ramirezi yang Berkualitas Tinggi 

Bibit yang unggul dan berkualitas ini sangat penting agar hasil budidaya juga memuaskan. Caranya, pastikan perbandingan ikan jantan dan betina adalah sama seperti 1:1 atau 2:2 dan seterusnya.
Membedakan jenis kelamin ikan bisa diketahui ketika usia ikan mencapai 3,5 bulan. Biasanya jenis kelamin jantan terlihat dari bentuk tubuh yang lebih besar, lebih keras dan bentuk tubuhnya datar. Untuk yang jenis betina kalian bisa lihat dari ukuran tubuh yang lebih kecil dan bulat dan memiliki bercak berwarna merah jambu 

3. Reproduksi 

Dalam akuarium paling tidak ada 3 hingga 4 pasang ikan. Biarkan saja mereka memilih pasangannya masing-masing. Ketika sudah menentukan pasangannya, tempatkan pada tempat yang berbeda. Hal ini dilakukan agar ikan dan pasangannya tidak stress. Selain itu, kalian juga memantau perkembangannya secara berkala.

4. Perawatan Anakan Ikan

Jika sudah bertelur, pada hari ketujuh kalian bisa memberi makan. Usahakan memberi makanan yang lembut seperti pelet halus atau udang beku.

5. Perawatan Akuarium dan Kesehatan Ikan

Perawatan akuarium ini harus dilakukan setiap hari. Hal ini dilakukan agar ikan anda tidak terserang penyakit. Penyakit yang biasanya menyerang ikan ini adalah penyakit white Spot yang disebabkan oleh parasit.
Bagi kalian yang memulai hobi dengan merawat ikan ramirezi, teruslah mencoba dengan informasi yang telah diberikan.

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id
close