Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina serta Cara Mengawinkannya - Ikanesia.id

Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina serta Cara Mengawinkannya

Ikanesia.id - Bagi kalian yang ingin menjadi peternak ikan molly, penting untuk mengetahui perbedaan ikan molly jantan dan betina serta cara mengawinkannya. Simak ulasan berikut.

Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina serta Cara Mengawinkannya


Ikan molly sudah populer di kalangan pecinta ikan hias. Warnanya yang beragam dan bentuknya yang lucu membuat akuarium lebih hidup dan menyenangkan dipandang. Hobbies sudah tahu belum perbedaan ikan molly jantan dan betina? Untuk kalian yang ingin memulai beternak ikan molly, tentu informasi ini wajib diketahui.

Baca Juga : Jenis Dan Daftar Harga Ikan Molly

Membedakan ikan molly jantan dan betina

Membedakan ikan molly jantan dan betina

Sekilas bagi yang tidak mengetahui, ikan molly jantan dan betina memang terlihat mirip. Tapi jika diperhatikan, bagian tubuh mereka berbeda sesuai dengan fungsi masing-masing lho.

1. Ikan molly betina lebih besar

Dilihat dari ukuran badan, Hobbies akan menyadari kalau badan ikan molly betina lebih besar. Ikan molly betina nantinya akan menyimpan anakan ikan molly di perutnya. Jadi, ukuran besar ini sesuai dengan fungsinya, ya.

2. Sirip ikan molly jantan lebih menarik

Sirip yang ada di molly jantan dan betina berbeda. Di ikan jantan, sirip yang ada di atas kepala lebih besar dibandingkan betina. Fungsinya tentu untuk menarik perhatian betina.

3. Warna ikan jantan lebih cerah

Selain siripnya lebih menonjol, ikan molly jantan juga memiliki warna yang relatif lebih cerah dibandingkan betina. Ikan betina biasanya cenderung berwarna gelap. Ini hanya berlaku di beberapa jenis molly saja, tidak semua.

4. Bentuk kepala betina runcing

Ikan molly betina kepalanya berbentuk runcing dan nampak maju ke depan. Sedangkan ikan jantan tidak, kepalanya berbentuk besar dan cenderung bulat.

5. Alat kelamin betina mengandung sel telur

Tentu saja yang satu ini pasti berbeda, ya. Alat kelamin jantan berbentuk runcing, dan betina berbentuk bulat. Jika ditekan, milik molly jantan akan mengeluarkan sel sperma, sedangkan yang betina sel telur

Baca Juga : Daftar 7 Jenis Ikan Hias yang Cantik Tapi Murah

Cara Mengawinkan Ikan Molly

Cara Mengawinkan Ikan Molly

Nah, setelah mengetahui perbedaan molly jantan dan betina, Hobbies yang ingin menjadi peternak ikan molly bisa mencoba mengawinkannya. Caranya tergolong tidak sulit, karena ikan molly bisa hidup dalam kolam yang berisi bermacam-macam ikan.

Berikut cara mengawinkan ikan molly jantan dan betina:

1. Pilih ikan yang sudah matang

Hobbies juga harus selektif untuk memilih ikan molly yang akan dikawinkan. Pilih ikan molly berumur sekitar enam bulan untuk betina dan 12 bulan untuk jantan. Ini adalah umur produktif rata-rata dari berbagai jenis ikan molly yang ada.

2. Pisahkan kolam

Untuk mengawinkan kedua ikan, kalian sebaiknya memisahkan kolam dengan ikan lain. Idealnya, Hobbies bisa menaruh dua ikan molly betina dan satu jantan untuk satu kolam.

3. Kenali perilaku ikan yang kawin

Ikan molly yang sedang kawin tak jauh beda dengan ikan lainnya. Umumnya, mereka akan berkejaran satu sama lain. Nanti kalian juga bisa melihat ikan betina berenang dengan lambat, memberikan tanda bahwa bersedia dibuahi. Pengembakbiakan ikan ini berlangsung sekitar dua puluh hingga empat puluh hari.

4. Kenali ciri ikan molly yang hamil

Tak lupa, kalian juga harus mengenali ciri-ciri ikan molly hamil. Ikan molly yang hamil akan memiliki titik berwarna hitam di sekitar perutnya yang membesar. Betina juga akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berteduh dan bersembunyi.

Baca Juga : Cara Mengetahui Ciri Ciri Ikan Molly Hamil

5. Pisahkan betina yang hamil

Jika sudah pembuahan telah sukses dan ikan molly betina ternyata hamil, kalian sebaiknya memisahkan kolamnya. Letakkan di box khusus dan tetap jaga kebersihannya. Berikan kenyamanan dengan memberikan tempat untuk si betina berteduh. Proses kehamilan ikan molly betina terhitung cukup lama, yakni bisa mencapai delapan minggu.

Bagaimana, Hobbies? Kini kalian bisa membedakan dengan mudah ikan molly jantan dan betina serta mengawinkannya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel