Apa itu Monyet Laut ? Yuk Simak Penjelasannya - Ikanesia.id

Apa itu Monyet Laut ? Yuk Simak Penjelasannya

Apa itu Monyet Laut ? Yuk Simak Penjelasannya  -  Pasti banyak dari kalian yang akhir-akhir mencari tahu tentang apa sih monyet laut atau biasa disebut dengan sea monkeys besar itu ?. Monyet laut adalah binatang yang masih masuk kedalam kategori udang air asin yang biasa disebut artemia. Namun untuk jenis monyet laut ini ukurannya memang lebih besar daripada udang artemia jenis lainnya.

Apa itu Monyet Laut ? Simak Penjelasannya Yuk

Monyet laut ini disebut juga sebagai artemia NYOS sesuai dengan nama tempat yang menciptakan atau menemukan artemia ini yaitu New York Oceanic Society. Hewan ini pada dasarnya bukanlah peliharan melainkan pakan alami yang biasa digunakan oleh peternak ikan maupun hobies ikan.

Karena meningkatnya kebutuhan pakan alami ikan pada saat masih burayak maka banyak peneliti yang mencari pakan alami buatan seperti artemia NYOS ini. Kandungan pada artemia dapat membuat anakan ikan atau burayak dapat cepat besar. 

Baca Juga : Pakan Anakan Ikan Atau Burayak Ikan Agar Cepat Besar

Monyet laut awalnya hanya berupa telur-telur kecil sama sepertia artemia pada umumnya yang nantinya ada prosses penetesannya dan cara memeliharanya agar hidup. Berikut penjelasannya

Cara memelihara atau menetaskan monyet laut 


1. Siapkan wadah

Botol Artemia


Siapkan wadah berupa botol aqua yang di potong dan di modifikasi khusus seperti digambar diatas untuk penetasan telur artemia. 

2. Gunakan Air Pump

Air Pump artemia


Gunakan air pump atau aerator atau yang biasa orang awam sebut belbekan seabagi oksigen yang diperlukan dalam penetasan monyet laut ini.

3. Isi Air Secukupnya Dan Gunakan Garam Ikan 

Garam Ikan


Isi air secukupnya ke wadah yang tadi sudah dibuat lalu gunakanlah garam ikan. Ingat garam ikan ya bukan garam dapur. Garam ikan digunakan untuk mendapatkan kadar salinitas agar menyerupa air laut. Hal ini dikarenakan monyet laut atau artemia memang berasal dari air asin. Gunakanlah garam ikan secukupnya.

4. Masukan Telur Monyet Laut dan Nyalakan Air pump

Telur Monyet Laut

Masukan telur monyet laut secukpnya dan jangan terlalu banyak sesuaikan dengan wadah yang kalian buat tadi. Jika terlalu banyak nanti dapat mengakibatkan penetasan yang tidak baik. Telur artemia yang baik mempunyai rate penetasan 80-90%.

Setelah telur dimasukan nyalakan aerator atau gelembung udara dan biarkan hingga esok hari minimal 24 jam nanti monyet laut akan menetas dengan sendirinya dan bergerak-gerak deh.

5. Pisahkan Monyet Laut Yang Hidup

Prosses terakhir kalian bisa pisahkan monyet laut yang hidup dan yang tidak hidup dan juga pisahkan dari cangkang telur nya. 

Monyet laut yang hidup biasanya berada ditengah-tengah wadah tidak mengambang. Setelah di pisahkan selanjutnya terserah kalian mau dipelihara apa buat pakan ikan kesayangan kalian.
Walaupun secara harga sea monkeys atau monyet laut lebih mahal daripada artemia pada umumnya namun secara konsep memeliharanya dan cara penetasannya tidak beda jauh kok. Harga monyet laut di situs amazon berkisar $9.99 atau berkisar 130rb rupiah lebih.

Gimana kalian tertarik memelihara monyet laut ini ? apa mending buat pakan ikan kesayangan kalian ? kalo saya sih sayang juga membeli dengan harga yang terbilang mahal untuk sebuah pakan ikan. mending beli artemia yang biasa hehe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :