Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Kerak Kaca Aquarium Paling Ampuh

Cara Membersihkan Kerak Kaca Aquarium Paling Ampuh - Kerak pada kaca aquarium terjadi karena kotoran atau air sisa bekas aquarium yang menempel pada pori-pori kaca. Aquarium yang tadinya kalian lihat bersih dan kalian kuras dan lama tidak dipakai biasanya akan muncul keraknya

Dan banyak juga yang bertanya-tanya bagaimana sih supaya kerak aquarium hilang ? bagaimana agar aquarium jadi baru lagi ? bisakah membersihkan aquarium dengan odol ? dan masih banyak lagi pertanyaan serupa yang berkaitan dengan masalah kerak aquarium.

Cara Membersihkan Kerak Kaca Aquarium Paling Ampuh

Contoh kerak aquarium yang dimaksud bisa kalian lihat di foto diatas, kalian abaikan saja kipas anginnya. Aquarium ini milik teman saya sendiri yang tadinya digunakan sebagai aquarium ikan arwana dan discus namun saat ini ikan-ikan tersebut telah pindah ke aquarium lainnya sehingga aquariumnya tidak terpakai lagi dan menjadi berkerak.

Ada beberapa cara menghilangkan atau membersihkan kerak pada kaca aquarium bisa dengan digosok-gosok manual menggunakan cucian piring yang agak kasar namun hal itu kurang bekerja maksimal di kerak kaca aquarium yang sudah tebal alias bandel.

Baca Juga : Rekomendasi Ketebalan Kaca Aquarium Berdasarkan Ukuran

Cara lain yang ampuh untuk membersihkan kaca aquarium ialah dengan menggunakan obat penghilang kerak aquarium atau obat pembersih kaca. Diantaranya ialah :

Rekomendasi Obat Pembersih Kaca Aquarium

1. Obat Pembersih Kaca Aquarium TITANIC

Obat Pembersih Kaca Aquarium TITANIC

Obat pembersih kerak aquariu satu ini sangatlah populer dan juga harganya yang relatif terjangkau berkisar 20rb sampai 25rb ru[iah perbotolnya. Obat ini cukup ampuh membersihkan kaca pada aquarium kalian. Gunakanlah sarung tangan medis yang kalian dapatkan dalam paket pembelian jika ingin menggunakan obat ini karena jika terkena tangan atau kulit pada kasus tertentu akan membuat kuliat kalian merah dan gatal.

2. Super Glass Cleaner

Super Glass Cleaner

Obat kedua yang bisa kalian gunakan ialah super glass cleaner, obat ini juga salah satu obat rekomendasi pembersih kaca yang ampuh membersihkan kerak yang membandel sekalipun. Obat ini lebih aman digunakan bahkan jika terkena kulit sekalipun daripada obat pembersih kaca merk titanium.

Harga super glass cleaner ini berkisaran di angka 25rb hingga 35rb rupaih per botolnya dengan kemasan 50ml. Walaupun terbilang aman daripada titanic kalian tetap saja harus berhati-hati dalam menggunakan pembersih kaca aquarium. Tetap gunakanlah kuas dan sarung tangan ya.

Baca Juga : Cara Membuat Aquarium Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

Cara Membersihkan Kaca Aquarium Dengan Cairan Penghilang Kerak

Langkah pertama membersihkan kerak aquarium menggunakan obat jika masih ada air dan ikan sebaiknya dikuras dan ikan di pindahkan ke wadah lain terlebih dahulu.

Setelah ikan dipindahkan dan air dikeluarkan kalian bisa langsung aplikasi obat pembersih kaca, dalam prosses ini jangan lupa kalian menggunkan sarung tangan dan juga menggunakan kuas atau busa.

Aplikasikan ke kaca dengan kuas lalu gosok-gosok dengan busa hingga kerak terlihat larut dalam cairan obat.

Setelah dilihat memudar kalian bisa bilas dengan air hingga bersih dan kalian bisa mengulangi cara dari awal jika kerak masih ada.

Setelah bersih sebaiknya keringkan aquarium terlebih dahulu jangan langsung di isi ikan karena takutnya masih ada sisa-sisa bahan kimia yang masih menempel dikaca.

Setelah kering kalian bisa mengisinya dan setup aquarium kalian seperti pada saat aquarium kalian baru jadi.

Baca Juga : Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru

Sekian tips dan cara membersihkan kerak pada kaca aquarium yang kalian bisa terapkan dirumah. Selain 2 obat pembersih kaca diatas masih ada cairan pembersih aquarium merk lainnya namun saya belum pernah mencoba merk lain.

Semoga dengan adanya tips diatas dapat bermaanfaat buat kalian yang sedang bingung gimana sih membersihkan aquarium agar jadi seperti baru lagi.


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :