Daftar Harga Ikan Tenggiri Konsumsi Terbaru dan Manfaatnya - Ikanesia.id

Daftar Harga Ikan Tenggiri Konsumsi Terbaru dan Manfaatnya

Daftar Harga Ikan Tenggiri Konsumsi Terbaru dan Manfaatnya - Scomberomorus atau tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di laut. Tenggiri adalah ikan yang diminati masyarakat karena rasanya enak dan kaya manfaat. Ikan berukuran besar ini mempunyai harga yang cukup beragam. Berikut adalah ulasan mengenai harga ikan tenggiri konsumsi terbaru yang wajib untuk diketahui.

Daftar Harga Ikan Tenggiri Konsumsi Terbaru dan Manfaatnya


Harga Tenggiri Fillet

Ikan fillet saat ini banyak beredar di pasaran dan banyak diminati oleh masyarakat karena lebih mudah untuk diolah. Ikan tenggiri fillet sudah bersih dari kulit dan duri, sehingga hanya menyisakan dagingnya saja. Harga tenggiri fillet di pasaran terbilang bervariasi, tergantung dari ukuran dan kualitas ikan laut tersebut.

Satu kilogram tenggiri fillet dipatok dengan harga Rp.150.000. Harga ini lebih mahal daripada tenggiri biasa. Hal ini disebabkan pengolahan tenggiri fillet cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Di samping itu, jumlah modal yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenggiri fillet cukup tinggi. Tenggiri biasa yang mempunyai berat 2 kg hanya bisa menghasilkan kurang lebih 1 kilogram ikan fillet.

Baca Juga : Harga Ikan Lele Untuk Konsumsi Terbaru

Harga Tenggiri Di Pasar Ikan

Salah satu pasar ikan yang menjual hasil tangkapan ikan tenggiri adalah muara angke. Pasar muara angke merupakan tempat penjualan ikan yang terbesar di Jakarta. Para nelayan akan menjual hasil tangkapan lautnya di pasar ikan ini. Harga ikan tenggiri konsumsi terbaru di pasar muara angke tergolong lebih murah daripada lainnya.

Harga ikan tenggiri di pasar muara angke berkisar mulai dari Rp.80.000 per kilogram. Jumlah harga ini tentu lebih murah, sebab Anda membeli ikan tenggiri langsung dari nelayan atau pengepul. Tenggiri yang dijual di pasar muara angke ini mayoritas masih fresh, karena hasil tangkapan baru. Di samping itu, ukuran tenggiri yang dijual juga beragam, sehingga pembeli bisa bebas memilih.

Harga Ikan Tenggiri Giling

Jenis ikan tenggiri berikutnya adalah yang sudah dalam keadaan digiling. Ikan tenggiri giling ini biasanya diincar untuk bahan pembuatan bakso, siomay, maupun empek-empek. Harga tenggiri giling sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan segar atau fillet. Ikan tenggiri giling dijual seharga Rp.130.00 per kilogramnya di pasaran.

Ikan tenggiri giling ini juga bisa didapatkan dengan mudah di toko online. Harga ikan tenggiri giling yang dijual di toko online ini sedikit lebih murah, yaitu Rp.120.000. Tenggiri giling juga merupakan jenis yang banyak diincar karena lebih mudah untuk diolah. Di samping itu, tenggiri giling ini juga tetap mempunyai kandungan nutrisi yang banyak.

Baca Juga : Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Beserta Harganya

Harga Ikan Tenggiri di Supermarket

Bagi yang tinggal di perkotaan bisa mencoba untuk membeli ikan tenggiri di supermarket. harga ikan tenggiri di supermarket tentu saja lebih malah jika dibandingkan dengan di pasar tradisional. Hal ini disebabkan kualitas dan kebersihan ikan tenggiri yang dijual di supermarket terjamin. Di samping itu, kemasan ikan tenggiri yang dijual di supermarket juga lebih aman.

Harga ikan tenggiri di supermarket adalah berkisar Rp.120.000 per kilogram. Harga ini sebanding dengan kualitas ikan tenggiri yang tergolong terbaik. Umumnya ikan tenggiri yang dijual di supermarket lebih fresh dengan warna daging yang lebih segar. Hal ini tentu akan mebuat ikan tenggiri tersebut mempunyai rasa lebih nikmat ketika diolah.

Harga Ikan Tenggiri Di Pasar Tradisional

Harga ikan tenggiri konsumsi terbaru yang biasa dijual di pasar tradisional cukup beragam. Setiap daerah mempunyai patokan harga masing-masing untuk setiap kilogram ikan tenggiri yang dijual di pasar. Harga ikan tenggiri di pasar tradisional ini berkisar antara Rp. 70.000 hingga Rp.100.000. Harga ini tergolong mahal karena ikan tenggiri termasuk sulit didapat.

Kualitas ikan tenggiri yang dijual di pasaran belum bisa dipastikan. Ada ikan yang dalam kondisi masih fresh maupun yang sudah sedikit tidak segar. Hal ini karena ikan tersebut kemungkinan tidak langsung didapatkan dari nelayan. Namun, ikan tenggiri yang dibeli di pasar tradisional tetap mengandung banyak gizi dan bisa diolah menjadi makanan lezat.

Baca Juga : Harga Ikan Salmon Untuk Konsumsi Terbaru

Manfaat Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu jenis ikan ini sangat diincar di pasaran. Beragam manfaat ini diperoleh dari kandungan gizi yang ada di ikan tenggiri. Lalu, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan tenggiri? Simak ulasannya berikut.

1. Kaya Akan Vitamin

Kandungan vitamin yang ada di ikan tenggiri sangat kompleks dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan tenggiri mengandung vitamin A, C, dan B1 yang baik untuk dikonsumsi oleh berbagai usia. Kandungan vitamin yang ada di ikan tenggiri bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan tenggiri kayak akan kandungan vitamin A yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata. Oleh sebab itu, ikan ini baik dikonsumsi mulai dari anak usia dini agar kesehatan mata tetap bisa terjaga dengan baik. Konsumsi ikan tenggiri ini sebaiknya dilakukan secara rutin diiringi dengan memakan sayuran atau makanan lain dengan kandungan vitamin A juga.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat selanjutnya dari ikan tenguru adalah untuk meningkatkan kecerdasan. Hal inilaih yang membuat harga ikan tenggiri konsumsi terbaru tergolong tinggi namun tetap banyak diincar. 

Ikan tenggiri mempunyai kandungan omega 3 yang tinggi dan berguna untuk meningkatkan kecerdasan kognitif. Oleh sebab itu, ikan tenggiri dapat diberikan secara rutin untuk anak yang masih di bangku sekolah.

Baca Juga : Harga Bibit Ikan Gurame Terbaru Untuk Budidaya

4. Menurunkan Kolestrol Jahat

Kandungan nutrisi yang ada di ikan tenggiri dipercaya bisa menurunkan kolestrol jahat. Ikan tenggiri bisa dikonsumsi secara rutin oleh orang yang mempunyai kolestrol tinggi. Cara pengolahan ikan tenggiri juga harus dilakukan dengan tepat agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan. Ikan tenggiri bisa dijadikan sebagai lauk makan yang sehat, meskipun harganya sedikit mahal.

5. Mengurangi Ketombe

Masalah ketombe pasti akan sangat mengganggu, sebab bisa membuat kulit kepala menjadi gatal. Salah satu cara yang ampuh untuk bisa mengurangi ketombe adalah dengan menggunakan ikan tenggiri. 

Cara yang harus dilakukan adalah menggiling daging tenggiri dan mencampurkannya dengan lidah buaya yang sudah dihaluskan. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada rambut selama 30 menit.

Cara Mengolah Ikan Tenggiri

Cara Mengolah Ikan Tenggiri

Mengingat  harga ikan tenggiri konsumsi terbaru tergolong mahal, maka cara pengolahannya harus dilakukan dengan tepat. Hal ini agar kandungan nutrisinya tidak berkurang dan ikan tenggiri tetap bisa dinikmati dengan lezat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih ikan tenggiri yang masih segar dan sisiknya belum banyak terkelupas.

Ikan tenggiri yang sudah dibeli selanjutnya harus dibersihkan dan dipotong sesuai selera.  Disarankan untuk memotong ikan tenggiri menjadi bentuk filet agar mempermudah pengolahan. Selanjutnya ikan tenggiri tersebut harus dilumuri dengan air perasan jeruk lemon dan didiamkan selama beberapa saat agar bau amisnya hilang.

Cara yang paling mudah untuk memasak ikan tenggiri adalah menjadikannya olahan krispi. Bahan yang perlu disiapkan adalah ikan tenggiri fillet, bawang putih halus, tepung maizena dan lada. Kemudian baluri ikan tenggiri fillet dengan bahan lain yang sudah dicampur rata dan goreng hingga kecokelatan.

Baca Juga : Jenis Cumi-Cumi Segar Beserta Harganya

Sekian penjelasan tentang harga ikan tenggiri terbaru dari ikanesia.id semoga bermanfaat untuk kalian ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel