Menarik! Ini Dia Perbedaan Ikan Koi Blitar dan Koi Jepang - Ikanesia.id

Menarik! Ini Dia Perbedaan Ikan Koi Blitar dan Koi Jepang

Menarik! Ini Dia Perbedaan Ikan Koi Blitar dan Koi Jepang - Memelihara hewan adalah salah satu hobi yang paling menyenangkan. Kebanyakan orang yang memelihara hewan biasanya juga akan mengambil peluang penghasilan dari kegiatan tersebut, termasuk ternak ikan. Jenis ikan yang biasanya diternak adalah Koi Biltar dan Jepang. 

Menarik! Ini Dia Perbedaan Ikan Koi Blitar dan Koi Jepang



Namun ternyata ada perbedaan ikan koi Blitar dan koi Jepang ini. Lalu apa saja perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Peluang Bisnis Budidaya Ikan Koi Bisa Capai Omset Puluhan Juta

Memiliki Warna yang Berbeda

Untuk ikan koi yang ukurannya masih terlalu kecil atau kurang dari 50 cm biasanya masih belum bisa diketahui letak perbedaan mana yang lokar dan impor. Akan tetapi, jika sudah bertambah besar dan ukurannya mencapai lebih dari 50 cm baru bisa diketahui perbedaannya melalui warna kulit. Jika awalnya sama-sama memiliki warna yang terang dan mencolok, jika sudah bertambah besar akan memudar.

Ikan koi yang lokal warnanya semakin berkurang bahkan mendekati putih. Akan tetapi, untuk koi Jepang warnanya tetap terang. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membeli ikan koi carilah yang ukurannya sudah lebih dari 50 cm.

Perbedaan Sifat

Jika Anda pergi ke toko ikan dan menemukan koi yang banyak tingkah alias susah ditangkap maka itu jenis lokal atau Blitar. Kebalikannya, jika ikan koi tersebut mudah ditangkap itu adalah jenis Jepang. 

Bentuknya Juga Berbeda

Tidak hanya bisa dilihat dari warna kulit dan sifatnya saja, perbedaan ikan koi Blitar dan Koi Jepang dapat dikenali dengan melihat bentuk tubuhnya. Untuk koi Jepang memiliki bentuk tubuh yang agak memanjang dari atas sampai bawah. 

Akan tetapi, untuk koi Blitar atau lokal bentuk tubuhnya agak bulat dan di bagian perutnya sedikit menggembung. Ukuran ekornya juga lebih pendek disbanding koi dari Jepang.

Bentuk Mata 

Cobalah untuk memperhatikan bagian matanya juga karena disanalah letak perbedaannya. Untuk ikan koi Blitar memiliki bentuk mata yang lebih besar dibanding jenis Jepang dan seperti keluar dari kepalanya. Sedangkan untuk ikan koi Jepang, matanya normal layaknya jenis ikan yang lain. Anda harus memastikan dengan seksama agar tidak salah membeli.

Dilihat dari Segi Harganya

Jangan tanya soal harga sebab jenis ikan koi Jepang tentulah lebih mahal dibanding yang lokal. Harga mahal ini dikarenakan jenis tersebut telah menjalani proses yang cukup lama. Mulai dari biaya untuk memproduksi ikan, distribusi dan membayar petugas pabean yang membuat harganya lebih tinggi dibanding jenis lokal.

Baca Juga : Pelet Ikan Lokal Terbaik dan Termurah Untuk Pakan Ikan Koi

Cara Untuk Memilih Jenis Koi yang Bagus dan Berkualitas

Meski perbedaan ikan koi Blitar dan Koi Jepang cukup jelas, namun Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih mana yang bagus dan tidak. Cara yang bisa dilakukan adalah pertama Anda harus memastikan bahwa kondisi ikan dalam keadaan yang benar-benar sehat. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memperhatikannya ketika berenang, jika ia tampak sedikit miring tandanya ikan sedang sakit.

Kedua, Anda harus memperhatikan berapa ukuran dada dan sirip ikan. Umumnya ikan koi memiliki ukuran sirip dan dada yang proporsional. Selanjutnya adalah Anda harus mengecek bagian atas yaitu kepala, mata dan mulut serta insang. Pastikan ukurannya juga seimbang dan jangan membeli yang terlalu mancung, karena itu tidak bagus. Lihat juga apakah punggungnya memiliki garis lurus atau tidak.

Selanjutnya, pastikan bahwa Anda membeli ikan koi yang berenang bersama dengan kawannya. Mengapa demikian? Sebab khawatir jika ikan koi yang berada di kolam secara individual menandakan bahwa hewan tersebut sedang bermasalah atau bisa saja sakit.

Cara Memilih Bibit Ikan Koi yang Bagus dan Berkualitas

Hal yang tidak kalah penting selain mengetahui perbedaan ikan koi Blitar dan koi Jepang adalah mengenali cara memilih bibit yang berkualitas. Pertama, Anda bisa mencari toko yang memang terpercaya atau sangat direkomendasikan, Selanjutnya, perhatikan juga dengan seksama bagaimana kondisi kolam ikan koi. Jika kolam itu bersih maka bisa dipastikan ikannya juga sehat dan sebaliknya.

Sama ketika hendak memilih ikan koi Jepang, pastikan bahwa kondisi kolamnya bersih dan terjaga. Khawatir jika kolamnya kotor dan tidak terawatt, kondisi ikannya pun juga tidak sehat. Jika ikan tampak miring ketika berenang juga jangan dipilih, bisa jadi hewan tersebut sedang tidak sehat. Jika Anda seorang pemula maka bisa membeli ikan koi dengan ukuran lebih dari 10 cm sebab lebih murah.

Selain harganya yang lebih murah, perawatannya juga tidak terlalu merepotkan. Anda tentu saja bisa melakukan pengawasan secara intens dalam melakukan budidaya ikan koi. Biaya perawatan bibit ikan koi yang lebih dari 10 cm juga tidak menghabiskan kantong Anda.

Cara Memilih Induk Ikan Koi yang Berkualitas

Jika Anda berminat untuk membeli induk ikan koi maka carilah yang bagus kualitasnya. Hal ini bisa diketahui dengan cara mencari perbedaan dari koi jantan dan betina. Setelah mengetahui perbedaannya, Anda bisa memilih ikan koi yang sudah cukup matang karena ketika proses perkawinan bisa menghasilkan cukup banyak sel sperma dan telur. Tentu saja hal ini akan memudahkan proses budidaya.

Jika indukan sehat maka ketika berenang akan tampak aktif dan tidak miring. Organ tubuhnya pun lengkap tanpa cacat. Ini menandakan bahwa baik sirip, dada dan punggungnya memiliki ukuran yang proporsional. Yang paling penting disini adalah membeli di tempat penjual ikan koi impor asli jika menginginkan jenis Jepang. Jangan sampai Anda tertipu dengan penjual ikan koi yang palsu.
Disamping itu, sebenarnya ada cara untuk membedakan maka ikan koi jantan dan betina. Jika yang jantan umumnya berusia 3 tahun dengan ukuran tubuh lebih berat dibandingkan betina. Umur ideal koi betina yakni 2 tahun.

Baca Juga : 5 Cara Menjinakan Ikan Koi Agar Mudah Di Hand Feeding

Cara Merawat Ikan Koi

Walaupun ada beberapa perbedaan ikan koi Blitar dan koi Jepang, namun untuk cara merawatnya sama. Ada beberapa cara merawat ikan koi di rumah sebagaimana dalam ulasan berikut.

Memiliki kolam yang memadai

Anda harus menyiapkan kolam khusus untuk ikan koi. Pastikan juga bahwa kolam dalam keadaan yang bersih dan airnya mengalir dengan lancar. Untuk ukuran kolam ikan koi bebas, namun jangan sampai terlalu sempit. Ikan koi harus diberi tempat yang agak luas agar bisa bergerak leluasa, apalagi jika berada di tempat baru. Kedalaman kolam sendiri bisa dibuat dengan ukuran kurang lebih 50 cm.

Jangan terlalu banyak menampung di kolam yang sama

Cara kedua adalah dengan tidak mencampur ikan koi dengan jumlah yang banyak di satu kolam. Hal ini akan menyebabkan ikan tidak bisa bergerak secara leluasa apalagi sifat dari hewan ini sangat aktif. Jika Anda baru membeli bibit ikan koi, maka bisa meletakkannya di aquarium saja. Untuk kolam bisa dipakai tempat ikan koi dewasa.

Membatasi pemberian pakan

Jangan terlalu banyak dalam memberi pakan untuk ikan koi. Cobalah untuk menyesuaikan dengan bentuk kolam. Misalnya ukurannya 1.5 m3 maka pakan yang diberikan sebanyak 100 gram per hari. Pastikan juga menyesuaikan dengan jumlah ikan koi dalam kolam tersebut.

Baca Juga : Rahasia Cara Memelihara Ikan Koi Yang Baik Dan Benar

Sekian penjelasan mengenai cara membedakan ikan koi lokal dan ikan koi jepang menurut ikanesia. Semiga bermanfaat jangan lupa dishare artikel ini ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel