Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ikan Bawal dan Ikan Piranha

Perbedaan Ikan Bawal dan Ikan Piranha - Piranha adalah salah satu jenis ikan air tawar yang tergolong ‘buas’. Hal ini disebabkan karena ikan mungil ini mempunyai gigitan yang kuat meskipun ukuran tubuhnya kecil. Jika dilihat sekilas, ikan piranha ini cukup mirip dengan ikan bawal. Namun jika diperhatikan dengan seksama, perbedaan ikan bawal dan ikan piranha akan terlihat jelas. 

Perbedaan Ikan Bawal dan Ikan Piranha


Sebelum mengetahui berbagai perbedaannya, ada baiknya Anda juga mengetahui deskripsi kedua ikan tersebut. Berikut ulasannya:

Deskripsi Ikan Piranha

Gambar Ikan Piranha


Piranha adalah ikan air tawar yang termasuk kedalam famili Serrasalmidae dan ordo Characiformes.  Piranha biasanya ditemukan di sungai, dataran banjir, dan danau. Piranha tergolong sebagai predator karena bertahan hidup dengan memangsa ikan lain. 

Jenis atau spesies ikan piranha yang sering ditemui:

  • Red Piranha
  • Black Spot Piranha
  • Ruby Red Piranha
  • Gibbus Piranha
  • Red Eye Piranha
  • Gold/Speckled Piranha
  • Little Saw Piranha
  • Striolatus Piranha
  • Silver Dollar Piranha

Deskripsi Ikan Bawal

Gambar Ikan Bawal


Pomfret atau yang dikenal dengan sebutan ‘bawal’ di Indonesia termasuk kedalam famili Bramidae dengan variasi spesies berjumlah 20 dari 7 genus. Persebaran ikan bawal ini banyak ditemukan di perairan Asia dan menjadi ikan yang banyak dibudidaya untuk dikonsumsi. 

Jenis atau spesies ikan bawal yang sering ditemui:

  • Ikan Bawal Hitam
  • Ikan Bawal Putih
  • Ikan Bawal Air Tawar
  • Ikan Bawal Bintang
  • Ikan Bawal Brama

7 Perbedaan Ikan Bawal dan Ikan Piranha 


1. Habitat Asal

Ditilik dari asal-usulnya, ternyata kedua ikan ‘kembaran’ ini sangat berbeda. Piranha berasal dari perairan air tawar di Amerika Selatan, yaitu sungai Venezuela. Berbeda dengan bawal yang berasal dari Hawaii dan beberapa daerah di Indonesia. Tak heran jika ikan bawal sangat banyak dijumpai di Indonesia dibandingkan dengan ikan piranha.
 

2. Makanan

Piranha tergolong sebagai ikan yang memakan segala jenis makanan, baik tumbuh-tumbuhan atau daging-dagingan. Berbeda dengan ikan bawal yang tergolong karnivora atau pemakan daging meskipun terkadang bawal bisa bertahan hidup dengan memakan tumbuhan seperti alga, dan lainnya.

3. Gigi

Kedua ikan air tawar ini memiliki gigi yang kuat. Anda yang sering memancing dengan sasaran ikan bawal, pasti familiar dengan kekuatan gigitan bawal yang kadang mampu menggigit tali pancing bukan? Struktur gigi bawal dan piranha sekilas terlihat sama. Namun jika dilihat lebih teliti lagi, struktur ikan piranha lebih runcing menumpuk dibandingkan dengan ikan bawal.

Meskipun struktur gigi ikan bawal juga sama-sama tajam dan kuat, namun jika dibandingkan dengan piranha, tentu saja lebih kuat piranha. Hal inilah yang menyebabkan mengapa piranha dapat mengoyak daging manusia sekalipun.

4. Ukuran Tubuh

Perbedaan ikan bawal dan piranha selanjutnya ada pada ukuran tubuh. Ikan bawal dapat tumbuh besar sampai 108 cm dengan berat kurang lebih 45 kg. Berbeda dengan ikan piranha yang diyakini mempunyai ukuran paling besar sekitar 60 cm dengan berat kurang lebih 3,8 kg. Bahkan, untuk menemukan piranha dengan ukuran 60 cm itupun sulit, hanya pada spesies tertentu saja.

5. Warna dan Corak Tubuh

Baik ikan bawal ataupun piranha, mempunyai warna yang bervariasi bergantung dengan spesies tertentu. Namun, kebanyakan ikan piranha mempunyai tubuh berwarna merah cerah keperakan dengan corak bintik yang jelas.

Berbeda dengan ikan bawal yang didominasi dengan warna yang gelap dan bintik atau spot yang samar/kurang jelas. 

6. Bentuk Rahang

Lihatlah struktur rahang kedua ikan ini dari sudut pandang menyamping. Ikan piranha mempunyai bentuk rahang bagian bawah yang panjang dan besar jika dibandingkan dengan struktur rahang bagian atas.

Ikan bawal mempunyai struktur rahang bagian bawah dan bagian atas yang simetris. Mata ikan bawal juga terlihat lebih lonjong dibandingkan dengan ikan piranha. 

7. Bagian Sirip

Jika diperhatikan lebih seksama, Anda akan melihat adanya pola garis pada sirip ikan piranha dan ikan bawal. Piranha memiliki pola garis berupa dua garis hitam pada bagian awal dan pangkal siripnya, dimana ikan bawal hanya mempunyai satu garis hitam pada bagian pangkal siripnya.


Apakah Piranha Berbahaya Bagi Manusia?

Ternyata, karakter ikan piranha tidak sebuas yang digambarkan oleh banyak orang di internet. Sebenarnya, piranha hanya menyerang manusia jika eksistensinya merasa terganggu. Misalnya saat penyelam masuk ke kawasan perairan dimana ia hidup, tinggi muka air menurun, mangsa atau santapannya mulai menipis, atau penyelam yang mengganggu telur dari induk piranha.

Jadi, jika Anda tidak mengusik eksistensi piranha, ia tidak akan tiba-tiba menyerang manusia. Bahkan, ada beberapa orang yang sudah mulai memelihara piranha sebagai hewan peliharaan di rumah.


Kembali lagi ke topik artikel, bisa diambil kesimpulan bahwa perbedaan ikan bawal dan piranha yang mencolok terletak pada ukuran fisik dan kekuatan giginya. Tak hanya itu, kedua jenis ikan ini sama-sama berjenis ikan air tawar dengan habitat asal yang berbeda.  


ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Perbedaan Ikan Bawal dan Ikan Piranha"

close