Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanyakan Sebelum Membeli Ikan Hias

10 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanyakan Sebelum Membeli Ikan Hias - Apakah Anda menganggap ikan merupakan seekor makhluk hidup yang lucu dan indah? Apakah Anda memiliki ketertarikan untuk memilikinya? Jika iya, selamat bergabung, Anda dapat dibilang telah menjadi pecinta ikan hias seperti kami.

Membeli Ikan Hias


Jika Anda baru saja menyadarinya, maka Anda perlu berhati-hati dalam mengelola hasrat Anda memiliki ikan hias. Kadang Anda akan tergesa-gesa memilih ikan hias dan hasilnya akuarium Anda akan terlihar seperti pasar ikan yang berantakan daripada hiasan rumah.


Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam membeli ikan hias karena memeliharanya merupakan komitmen yang dapat mengubah hidup Anda. Jadi sebelum Anda menjalin hubungan dengan teman baru Anda, tanyakan kepada penjaga toko akuarium terdekat dari rumah Anda sepuluh pertanyaan sederhana ini:

Baca Juga : Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula


Jenis Ikan Apa Ini?

Tidak semua ikan itu sama. Faktanya, ada ratusan klasifikasi ikan dan masing-masing klasifikasi memiliki keunikan satu sama lain dalam hal karakteristik fisik, habitat, makanan, dan banyak lagi. Saat Anda membeli jenis ikan tertentu, Anda harus dapat mengetahui dari klasifikasi apa ikan tersebut, karena Anda akan dapat menelitinya lebih lanjut.

Apakah Itu Betina Atau Jantan

Ya, penting untuk mengetahui jenis kelamin ikan Anda karena ikan betina dapat memiliki kebutuhan yang berbeda dengan ikan jantan. Sebaiknya Anda juga mengetahui cara mereka bereproduksi atau bertelur sehingga Anda akan tahu apakah dan kapan Anda dapat mengembangkan lebih banyak bayi ikan di dalam akuarium Anda.

Ada jenis hewan air tertentu, seperti ikan badut, yang merupakan hermafrodit yang dapat berkembang biak dengan sendirinya, dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir untuk membeli pasangannya.

Berapa Umur Ikan?

Anda tentu ingin tahu berapa usia ikan itu, bukan karena Anda ingin merayakan hari lahirnya setiap tahun, tetapi karena Anda ingin tahu kapan ikan itu mencapai usia dewasa. Dalam tiga tahun, ia mungkin tumbuh dan berkembang menjadi ukuran tertentu sehingga Anda perlu mengganti akuarium Anda dengan yang lebih besar.

Dalam lima tahun, akuarium Anda mungkin sudah mencapai batas umurnya dan pada saat itu, Anda seharusnya sudah bersiap untuk hal yang tak terelakkan dan menemukan pengganti akuarium Anda.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Berburu Ikan Hias Terlengkap Di Jakarta Dan Sekitarnya

Akuarium Jenis Apa Yang Dibutuhkan Ikan Ini?

Penjaga toko harus memberikan perincian spesifik tentang jenis habitat yang dibutuhkan ikan Anda, diantaranya adalah:

Air tawar atau air asin?
Suhu dingin atau hangat?
Ruangan yang besar dan terbuka atau banyak tempat persembunyian?

Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan dengan akuarium Anda jika Anda ingin ikan tinggal di sana cukup lama.


Makananya Apa ?

Tanyakan dengan detail yang sangat spesifik tentang makanan ikan dan bahkan kebiasaan makannya. Dengan cara ini, Anda tidak akan terkejut saat melihat ikan mengunyah invertebrata lain di akuarium Anda. Pastikan ikan Anda mendapatkan nutrisi yang tepat dengan meneliti makanan terbaik untuk diberikan pada ikan Anda. Selain itu, jangan membuat kesalahan dengan memberi makan ikan secara sembarangan.

Ada berbagai cara memberi makan ikan, jadi penting bagi Anda untuk mengetahui rutinitas memberi makan pemilik toko dan mengikuti rutinitas yang sama ini sebagai bagian dari proses menyesuaikan diri ikan Anda dengan habitat barunya.

Bagaimana Perilaku Ikan Ini?

Dan berbicara tentang mengunyah invertebrata lain, Anda pasti ingin tahu apakah ikan Anda dapat membunuh ikan lain. Apakah ikannya agresif? Bisakah ia hidup berdampingan dengan ikan, udang, atau jenis invertebrata lain di dalam akuarium tanpa menyerang atau memakannya?

Anda harus bisa memahami kepribadian ikan Anda sehingga Anda bisa melakukan penyesuaian yang tepat dengan akuarium Anda.

Apa Ciri Khusus Atau Kemampuan Unik Ikan Ini?

Anda akan bangga dengan ikan peliharaan yang baru Anda miliki jika Anda tahu mereka adalah aset berharga atau hanya sedikit orang yang memiliki sesuatu yang sangat unik dan menakjubkan seperti yang Anda miliki.

Bagaimana Anda akan membual kepada seorang teman yang datang dan melihat akuarium baru Anda yang indah dan betapa hebatnya Anda memiliki hewan air yang begitu menarik jika Anda tidak tahu fitur terbaiknya. Pergi tanyakan pada penjaga toko atau lebih baik lagi, cari tahu tentang itu di Internet secara mendalam.

Mengetahui kemampuan atau karakteristik yang hebat dari ikan akan meningkatkan antusiasme Anda untuk memelihara mereka dan akan mempererat hubungan Anda dengan mereka saat Anda mengenal mereka lebih baik. Tetapi lakukan itu sebelum Anda membeli ikan karena jenis hewan peliharaan khusus ini bisa jadi harganya sangat mahal.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menyesuaikan Ikan Dengan Akuarium Saya?

Sebelum membeli ikan, pastikan Anda sudah menyiapkan segala sesuatunya sehingga Anda siap untuk membawa pulang ikannya, dan akuarium Anda sudah siap dan nyaman. Anda harus menanyakan hal lain seperti apa yang perlu Anda lakukan atau persiapkan untuk memastikan ikan Anda akan cepat beradaptasi dan nyaman di lingkungan barunya. 

Jika Anda merasa belum siap, jangan membeli ikan dulu. Jaga semua hal yang perlu Anda lakukan dengan akuarium Anda, seperti memasang filter atau aerotor baru atau memasang penutup kaca.
Buat daftar dan setelah Anda mencentang semua hal di daftar tersebut, Anda siap untuk membawa pulang ikan yang Anda inginkan itu dengan percaya diri.


Berapa Harga Ikannya?

Jadi sekarang kita sampai pada pertanyaan besar - harga ikan.
Anda sebenarnya bisa mulai dengan varietas ikan yang lebih murah yang bisa lebih mudah dipelihara dan membutuhkan lebih sedikit perawatan di akuarium Anda jika Anda seorang pemula. Tetapi jika Anda memilih untuk mendapatkan ras yang unik dan banyak dicari, pastikan Anda sudah siap membayar lebih tinggi.


Namun, jangan terkecoh dengan penawaran harga yang murah. Dalam banyak kasus, ikan yang mereka jual bisa jadi dalam kondisi buruk. Dalam kasus terburuk, itu bisa diperoleh secara ilegal atau memiliki penyakit.

Cari tahu tentang kisaran harga untuk jenis ikan yang Anda incar. Mintalah referensi dari orang yang ahli atau dari toko lainnya.


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :