Manfaat Maggot untuk Makanan Ikan Koi - Ikanesia.id

Manfaat Maggot untuk Makanan Ikan Koi

Manfaat Maggot untuk Makanan Ikan Koi - Maggot adalah larva dari telur lalat hitam atau disebut juga sebagai Black Soldier Fly (BSF). Kandungan protein tinggi yang terdapat pada larva ini kerap menjadikan maggot sebagai pakan ternak untuk unggas, burung, dan salah satunya untuk ikan koi. Menurut berbagai penelitian, manfaat maggot untuk ikan koi juga disebut-sebut lebih baik dibandingkan menggunakan pakan komersil.

Manfaat Maggot untuk Makanan Ikan Koi

Sebelum mengetahui manfaat maggot untuk koi, ketahui dulu beberapa manfaat penggunaan maggot dibandingkan dengan jenis pakan lainnya:

Baca : Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan Ikan atau Pakan Ternak

Manfaat Penggunaan Maggot Dibandingkan dengan Pakan Lain


1. Harganya Lebih Murah

Dibandingkan dengan harga pelet komersil pada biasanya, penggunaan magot sebagai pakan ikan koi akan membuat Anda lebih hemat karena dibanderol dengan harga yang lebih murah. Meskipun murah, namun tenang saja sebab nutrisi yang ada pada maggot lebih baik dibandingkan dengan pelet komersil.

2. Bisa Budidaya Sendiri

Anda bisa beternak maggot untuk kebutuhan pakan koi secara otodidak sekalipun. Tenang saja, budidaya maggot tidak membutuhkan tempat yang besar, kok! Jangka waktu induknya untuk bertelur yang kemudian menetas menjadi maggot juga tidak lama, bisa didapat dalam waktu yang singkat yaitu 3-4 minggu. 

Manfaat Maggot untuk Ikan Koi


1. Sebagai Sumber Protein

Nutrisi ikan koi yang pertama adalah protein. Mengapa demikian? Karena protein berperan dalam pertumbuhan sel tubuh koi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di laboratorium UNPAD, kadar protein dalam tubuh maggot mencapai 40%. Maka dari itu, maggot akan sangat membantu ikan koi memenuhi kebutuhan proteinnya.

Meskipun begitu perlu diingat bahwa kebutuhan ikan koi akan protein berbeda-beda sesuai dengan umurnya sendiri. Ikan koi yang masih kecil membutuhkan protein lebih besar dibandingkan ikan koi yang sudah dewasa. 

Ikan koi sendiri membutuhkan protein sekitar 30-42% pada tubuhnya. Dengan memberi larva maggot BSF, masalah protein koi kesayangan Anda akan teratasi.

2.  Membantu Badan Koi Menjadi Lebih Sehat

Mengingat maggot memiliki kadar protein yang cukup besar, maka pemberian maggot untuk ikan koi tidak dianjurkan sebagai pakan utama. Alangkah lebih baiknya jika Anda menjadikan maggot ini sebagai suplemen campuran pelet atau pakan lainnya. Pemberian maggot yang berlebihan dikhawatirkan akan membuat ikan koi mempunyai protein berlebih. 

Berdasarkan hasil penelitian, ikan koi yang diberi suplemen maggot secara teratur akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam waktu hanya dalam 1 minggu. Ikan koi akan terlihat lebih gemuk, aktif, lincah, dan juga sehat.

3. Survival Rate Meningkat

Berdasarkan analisis mengenai angka keberlangsungan hidup selama 3 bulan, didapatkan bukti bahwa penggunaan maggot untuk ikan koi dapat meningkatkan survival rate hingga mencapai 94%. Sedangkan survival rate pada ikan yang tidak diberi suplemen adalah 64%.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa maggot mempengaruhi sistem pertahanan tubuh pada ikan untuk bertahan hidup lebih lama. 

4. Bobot Tubuh Meningkat

Manfaat maggot untuk ikan koi lainnya terletak pada penambahan bobot. Menurut penelitian, Ikan koi yang diberi makan pelet komersil selama 40 hari hanya memperlihatkan penambahan bobot sekitar 5,7 g. Berbeda dengan ikan koi yang diberi maggot selama 40 hari, akan memperlihatkan penambahan bobot hingga 4,7g.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat maggot untuk ikan koi dititikberatkan pada kandungan proteinnya. Jadi, semua kinerja sistem tubuh ikan koi yang berhubungan dengan protein akan ditopang oleh maggot sebagai suplemen atau pakan rutin. Misalnya: penambahan bobot, perkembangan bentuk fisiologis, survival rate, kelincahan, dan lain-lain. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :