Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Severum Rotkeil Si Ikan Cichild Amerika

Mengenal Severum Rotkeil Si Ikan Cichild Amerika - Ikan severum rotkeil ini merupakan ikan dari keluarga siklid yang habitatnya tersebar di perairan lembah amazon dan juga di perairan rio xingu di brazil dan juga dapat ditemukan perairan peru. Ikan severum rotkeil ini dapat tumbuh besar maksimal sizenya ialah 30 centimeter. 

Mengenal Severum Rotkeil


Untuk Memelihara jenis ikan ini dibutuhkan aquarium setidaknya berukuran 250 liter agar petumbuhan ikan siklid ini optimal. 


Baca Juga : Mengenal Ikan Frontosa Si Ikan Cichild Dari Danau Tanganyika

 

Perilaku Severum Rotkeil

Ikan cichild yang satu ini merupakan ikan dengan perilaku yang damai dan berenang dengan tenang. Ikan Severum rotkeil satu ini cocok digabung dengan jenis-jenis cichild amerika karena perilakunya yang cenderung damai. Namun di kondisi tertentu bisa saja ikan ini menjadi aggresive maka dari itu ikan ini bertipe ikan cichild yang bertipe semi aggresive.

 

Cara Merawat Severum Rotkeil 

Cara Merawat Severum Rotkeil


Karena ikan jenis ini bisa tumbuh hingga 30cm maka dibutuhkan setidaknya aquarium ukuran minial 1 meter untuk memelihara dan merawat ikan severum ini. 

pH air yang dibutuhkan untuk memelihara cichild severum ini ialah berkisar di angka pH 6 hingga pH 7,5.

Gunakanlah bebatuan untuk tempat bersembunyi ikan ini layaknya cichild pada umumnya mereka terbiasa dengan adanya bebatuan seperti pada alamnya.

Makanan 

Karena ikan severum rotkeil ini merupakan ikan yang omnivora maka makanannya pun bisa berupa pelet dan juga pakan alami seperti jentik nyamuk, serangga seperti jangkrik dan juga makanan frozen seperti udang beku.

Cara Budidaya Severum Rotkeil

Budidaya Severum Rotkeil


Budidaya rotkeil memerlukan perhatian khusus pada kualitas air khussnya pH air jangan sampai berubah-ubah jagalah pH air di sekitaran 7.5. Lalu siapkan severum jantan dan betina di suatu wadah bisa menggunakan kolam ataupun aquarium.

Dan pada wadah pembiakan sebaiknya tetap diberikan bebatuan dan pasir di dasar aquarium karena biasanya ikan severum betina akan menaruh telur di bebatuan. Jumlah telur severum rotkeil biasanya mencapai 200 hingga 1000 telur dalam sekali bertelur.

Jika sudah bertelur maka telur ikan ini akan menetas dalam jangka waktu 48 jam hingga 72 jam. Dan setelah menetas maka burayak ikan severum ini akan berenang ke induknya.

Selanjutnya tinggal membesarkan burayak nya dengan cara memisahkan indukannya dan memberikan makan burayak dengan serpihan pelet atau artemia atau juga dengan kutu air yang kecil.


Harga Severum Rotkeil

Dibandingkan dengan ikan severum jenis lainnya ikan severum rotkeil ini memiliki harga yang cukup tinggi yaitu beriksaran di angka 400rb hingga 600rb per ekornya ukuran 10 inch.

Jenis Ikan Severum 

Selain severum rotkeil masih banyak lagi jenis ikan severum lainnya diantarana ialah :
  • Golden Severum
  • Red spotted severum
  • Green Severum
  • Red Severum
  • Tapajos Severum

 

Sekian artikel tentang menenal severum rotkeil si ikan cichild yang berasal dari amerika yang eksotik. Gimana menurut kalian keren kan ? memang terbilang mahal tapi sesuai dengan harganya ikan ini memang keren.
ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Mengenal Severum Rotkeil Si Ikan Cichild Amerika"

close