Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Ikan Hias Berumur Panjang

4 Jenis Ikan Hias Berumur Panjang - Bagi para pecinta ikan hias memiliki ikan peliharaan yang selalu sehat dan berumur panjang adalah harapan terbesar yang begitu diinginkan. Bagi mereka ikan hias bukan hanya sebagai binatang peliharaan namun seakan jadi teman hidup serta sebagai hiburan tersendiri dikala sedang merasa penat, lelah maupun saat kesepian. Jadi memilih untuk memelihara ikan hias berumur panjang tentu lebih diprioritaskan.

4 Jenis Ikan Hias Berumur Panjang

Sebenarnya panjang tidaknya usia ikan hias ditentukan dari berbagai faktor yang mendukung. Diantaranya dari segi perawatan, genetika, kondisi lingkungan, kebersihan aquarium, dan nutrisi yang diberikannya. Namun yang paling menentukan adalah dari segi genetiknya, apabila jenis ikan tersebut memang ikan berusia panjang maka bisa dipastikan bahwa anakannya memiliki harapan hidup yang lebih panjang.

Ikan Hias Berumur Panjang

Saat lagi senang senangnya memelihara ikan hias tapi saat ditengok keesokan harinya sudah mengambang di permukaan air tentu membuat kita sangat merasa sedih dan kehilangan. Hal ini sering terjadi saat kita memilih ikan yang tidak tepat, sehingga ikan sulit untuk beradaptasi di tempat baru lalu akhirnya tubuhnya menjadi rentan dan stres hingga menyebabkan kematian. 

Untuk itu berikut kami sajikan beberapa informasi terkait berbagai jenis ikan hias berumur panjang yang memiliki daya adaptasi tinggi yang dapat kalian pilih untuk memperindah aquarium tanpa perlu takut mudah mati:


1. Arwana

Gambar Ikan Arwana

Daya tarik utama dari arwana adalah warnanya yang cantik berkilauan sehingga sangat disukai pecinta ikan hias. Tak heran banyak yang rela merogoh uang puluhan juta hingga ratusan juta lebih hanya untuk membeli seekor arwana. 

Arwana termasuk ikan hias yang memiliki variasi warna sangat beragam, bahkan hampir semua sprektum warna dimiliki oleh ikan ini. Beberapa jenis arwana yang memiliki harga cukup mahal dan laris dipasaran ialah arwana super red, papua, banjar, red tail golden, dan golden piano.

Bobot ikan arwana besar bisa mencapai 20 kiloan lebih dengan usia mencapai 20 tahun lebih. Semakin bagus perawatannya tentu usianya semakin panjang. Arwana yang sudah berumur puluhan tahun tentu sangat fantastis harganya.


Baca Juga : Ternyata Umur Ikan Arwana Bisa Capai Puluhan Tahun !

 

2. Alligator Gar

Gambar Ikan Alligator


Walau tergolong sebagai ikan predator, alligator gar sangat populer untuk dijadikan hiasan aquarium besar predator. Dari segi fisik alligator ini merupakan spesies terbesar dari keluarga aligator lain. Panjangnya dapat mencapai 3 meter dengan bobot hingga 100 kg lebih. Dinamakan ikan aligator karena moncongnya mirip dengan buaya aligator.

Habitat aslinya adalah dari kawasan Amerika Tengah dan Utara. Dulunya oleh penduduk setempat sering diambil untuk dijadikan makanan olahan atau dikonsumi secara langsung. Namun kini lebih dimanfaatkan sebagai ikan hias. Di Indonesia sendiri ikan ini dilarang untuk dipelihara atau dibudidayakan karena jika lepas ke alam dapat merusak ekosistem.

Alligator gar memiliki usia yang hampir sama dengan ikan alligator lain yakni 30 hingga 70 tahunan. Jenis ikan alligator lain yang sebagian juga sering dipelihara meliputi longnose gar, cuban gar, florida gar, spotted gar, tropical gar, dan shortnose gar.


Baca Juga : 8 Jenis Ikan Allіgаtоr Yang Perlu Anda Ketahui

 

3. Black Pacu

Gambar Black Pacu Tua


Di beberapa daerah black pacu memiliki sebutan yang berbeda beda. Mulai dari tambaqui, gamitana, cachama, black finned pacu, dan giant pacu. Berasal dari Amazon, ikan satu ini memang masih kerabat dengan ikan piranha. Dari bentuknya saja bisa dikatakan sebelas duabelas.

Karakteristik utama dari black pacu adalah giginya yang menyerupai gigi manusia karena termasuk omnivora (pemakan tumbuhan). Rahangnya pun sangat kuat sehingga bisa mengoyak makanan yang memiliki kulit dan cangkang keras sekalipun. Di alam liar, black pacu dapat mencapai bobot 20 kg dengan panjang 100 cm. Jika dipelihara di tank maksimum hanya separuh ukurannya.

Dari segi usia, ikan hias berumur panjang satu ini memiliki usia rata-rata 20 tahun. Namun seekor black pacu yang bernama Butkiss yang dipelihara oleh Gruebel di Cameo Petshop New York dapat mencapai umur 43 tahun sejak pertama kali menemukan ikan ini.


4. Mas Hias / Mas Koki

Gambar Ikan Mas Koki

Menurut catatan sejarah, ikan mas hias ini adalah ikan yang pertama kali dijadikan peliharaan manusia. Ikan satu ini sangat populer dibudidayakan dan dipelihara karena kecantikan bentuk tubuh dan corak warnanya.

Pemeliharaannya pun mudah dan tidak terlalu membutuhkan space aquarium yang besar. Dari segi pakannya pun terbilang mudah didapatkan karena ikan mas koki lebih membutuhkan pakan dengan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan kandungan proteinnya.

Kebanyakan ras ikan mas berasal dari Tiongkok, sedangkan ikan mas hias jenis mas koki yang memiliki tubuh bulat dan ekor ganda adalah varietas yang dikembangkan di Indonesia. Rekor terpanjang usia ikan mas hias yang pernah hidup ialah 45 tahun yang dipelihara oleh Evans Family dari Inggris.

 

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Atau Goldfish Beserta Gambarnya

 

Selain ke 5 jenis ikan hias berumur panjang di atas sebenarnya masih banyak lagi ikan yang usia hidupnya sangat panjang. Sebut saja ikan Koi yang daya hidupnya mampu mencapai 200 tahun lebih.



Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :