Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Berkembang Biak

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Berkembang Biak - Ikan hias air tawar merupakan jenis ikan hias yang paling mudah dibudidayakan sekaligus yang paling laku dipasaran. Berbagai usaha ikan hias sudah banyak yang menggelutinya terutama oleh mereka kalangan kaum muda. Keuntungan yang didapatkan pun cukup bagus, dan bisa memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya.

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Berkembang Biak

Memilih jenis ikan hias untuk dibudidayakan juga perlu memperhatikan beberapa hal. Diantaranya masa hidup ikan, daya adaptasinya, sulit tidaknya perawatan dan tentu saja dari segi produktivitas kembang biaknya. Ikan yang sulit berkembang biak tentu saja kurang menguntungkan jika dibudidayakan dalam skala yang besar.

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Berkembang Biak

Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan yang mudah sekali berkembang biak. Kalian dapat mencoba membudidayakannya untuk dikembangkan ataupun memelihara untuk mengisi aquarium yang kalian miliki.


1. Molly

Molly

Molly (Poecilia sphenops) adalah ikan hias air tawar yang tersebar secara global. Namun sungai yang tenang dengan banyak pepohonan merupakan tempat tingal yang paling mereka sukai. Jika digolongkan secara garis besar, ada 3 jenis ikan molly yang ditandai dari ukuran siripnya yaitu molly short fin, lyretail, dan sailfin molly.

Produktivitas ikan satu ini cukup bagus, tiap ekor ikan molly dewasa mampu menghasilkan sekitar 30 ekor anakan. Dan proses akan terus berulang tiap beberap minggu sekali. Untuk itu kalian harus menyiapkan wadah yang cukup besar seperti wadah pemijahan yang dibuat secara khusus untuk perkembangbiakan molly.

Baca Juga : Jenis Dan Daftar Harga Ikan Molly


2. Guppy

Guppy

Salah satu ikan hias yang sudah sangat terkenal dan juga begitu diminati oleh banyak orang karena daya adaptasinya yang bagus dan kuat sehingga jarang mengalami kematian. Bagi para peternak ikan hias pemula, maka guppy bisa jadi pilihan yang tepat untuk untuk dibudidayakan karena sangat mudah dalam hal perawatannya dan tidak butuh banyak biaya tambahan.

Dibandingkan dengan ikan molly, guppy mampu menghasilkan anakan yang lebih banyak yakni mencapai 50 ekor. Hal lain yang menarik dari ikan satu ini adalah guppy betina mampu menyimpan sperma jantannya hingga berbulan-bulan lamanya. Sehingga proses kawin yang terjadi sekali saja mampu membuahi banyak telur sekaligus dalam rentang waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Guppy Dan Harga Ikan Guppy


3. Anableps

Anableps

Disebut juga sebagai ikan bermata empat, anableps memiliki keistimewaan tersendiri dimata pecinta ikan hias. Salah satunya adalah corak horizontal pada tubuhnya yang memanjang sehingga tampak begitu indah. Matanya yang menonjol keluar di atas kepalanya juga membuat ikan ini tampak lucu bila dilihat dari dekat.

Habitat asal ikan satu ini adalah diperairan Meksiko dan Amerika Tengah. Anableps dewasa dapat tumbuh hingga lebih dari 10 cm dan mampu menghasilkan sekitar 10 anakan tiap 3 bulan sekali. Jika satu aquarium diisi dengan 10 anableps dewasa tentu saja dalam waktu satu tahun sudah menghasilkan cukup banyak ikan yang akan memenuhi aquarium tersebut.


4. Cichild

Cichild

Ikan cichild memiliki banyak sekali jenisnya, namun yang mudah berkembang biak ada beberapa yaitu kribensis cichlid, convict cichlid, dan firemouth cichlid. Walau sama dari golongan cichlid, tapi ketiga ikan tersebut memiliki bentuk tubuh, ukuran maupun corak yang berbeda-beda satu sama lain.

Sebenarnya cichlid termasuk ikan yang kalem dan tidak akan mengganggu jenis ikan lainnya. Tapi saat mereka sedang menjaga anak-anaknya maka akan menjadi sangat agresif bahkan bisa melukai ikan lainnya. Untuk itu bila kalian ingin mengembangbiakan ikan jenis ini maka harus dilakukan pemisahan tempat yang khusus digunakan pada area pemijahan.

Baca Juga : 5 Ikan Hias Yang Memiliki Corak yang Unik 

5. Zebra Danio

Zebra Danio

Jika dibandingkan dengan ikan jenis lain, zebra danio ini lebih sulit dari segi perkembangbiakannya. Walau begitu selang waktu beranaknya justru yang paling cepat. Alasan sulit berkembang biak adalah karena zebra danio dapat memangsa anakannya sendiri. Sehingga jika digabungkan dalam aquarium yang sama maka tidak akan ada anakan yang mampu bertahan.

Untuk itu penting sekali untuk memisahkan indukan seusai mereka bertelur agar telur maupun anakannya tidak ada yang dimakan dan mampu tumbuh hingga mereka dewasa. Untuk merawat zebra danio mulai dari kecil hingga dewasa sangat mudah mengingat ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang bagus sehingga jarang ada yang mati.

Baca Juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Berkembang Biak

6. Platty

Platty


Walau tubuhnya mungil tapi platty sangat menggemaskan loh berkat warna warni tubuhnya yang begitu gemerlap. Dari segi pemasaran platty pun laku keras dipasaran. Permintaan pasti akan terus datang dari para pecinta ikan hias air tawar terutama akhir-akhir ini dimana trend ikan hias meningkat tajam.

Platty berasal dari keluarga Poecilla yang habitat utamanya ada di perairan Amerika Tengah dan Selatan. Kesukaanya adalah air yang agak dalam namun tenang dengan tambahan berbagai tumbuhan air yang mencukupi. Perkembangbiakannya pun cukup cepat hanya butuh waktu 2 bulan untuk bisa bertelur kembali.

Baca Juga : 11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur

Itulah 6 jenis ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak. Semoga bisa jadi inspirasi untuk kalian yang ingin mencoba peruntungan dari budidaya ikan hias.