Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ikan Hias Termahal dengan Harga Mencapai Milyaran Rupiah

Ikanesia.id - Memelihara ikan hias saat ini bukan lagi hanya untuk mengisi waktu luang, tapi bisa lebih dari itu dengan dijadikan ladang bisnis yang super menggiurkan. Banyak yang sudah sukses dari berbisinis ikan hias, mulai dari jualan ikan hias, pakan, tempat aquarium, hingga berbagai kebutuhan lainnya.

Jenis Ikan Hias Termahal dengan Harga Mencapai Milyaran Rupiah


Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali jenis ikan hias yang bisa dipelihara baik itu ikan hias air tawar, air asin, maupun air payau. Namun tidak semua jenis ikan hias tersebut dapat dihargai dengan harga yang mahal. Berikut ini beberapa jenis ikan hias termahal yang terkenal akan harganya yang super fantastis:


1. Ikan Koi

Ikan Koi

Tidak semua ikan koi memiliki harga yang fantastis. Namun ikan koi ini termasuk jenis ikan yang seringkali mendapatkan penawaran harga super fantastis karena bentuk corak warnanya yang unik. Misalnya ikan koi yang telah dibahas di artikel sebelumnya dengan judul video dan penampakan ikan koi termahal di dunia dimana ikan ini dihargai 27 milyar dalam sebuah lelang yang diadakan di Jepang.

Ikan koi masih tergolong sebagai ikan mas dan menurut sejarah, koi merupakan ikan pertama yang dibudidayakan manusia. Sejak dulu orang menganggap bahwa koi sebagai simbol kedamaian dan dapat membawa keberuntungan bagi siapapun yang memelihara.

Daya tarik utama dari koi adalah corak tubuhnya yang sangat variatif. Antara satu ikan dengan ikan yang lainnya tidak  ada yang memiliki pattern sama persis. Jadi saat mereka berkumpul bersama akan tampak sangat indah dan menyejukan mata.


2. Arwana

Arwana

Ikan yang berasal dari sungai Amazon ini memang sudah terkenal akan harganya yang fantastis. Apalagi ikan ini saat ini tergolong ikan langka dan sangat sulit untuk didapatkan langsung dari sungai habitatnya berasal.

Arwana memiliki daya tarik dari bentuk tubuh dan warnanya yang cerah dan menarik perhatian banyak orang. Untuk arwana jenis platinum yang sangat sulit ditemui dipasaran bisa dihargai senilai 6 milyar. Uang segitu kalau buat beli tanah tentu sudah dapat berapa ribu meter persegi.

Arwana platinum memiliki karakteristik warna tubuhnya yang berwarna silver keputihan mulai dari kepala hingga ekor. Tubuhnya yang ramping ikut menambah keindahannya. Proses terbentuknya arwana platinum sangatlah sulit, bahkan walaupun sesama arwana platinum dibiakan belum tentu anaknya akan menghasilkan jenis yang sama.


3. Angelfish

Angelfish


Tipe angelfish termahal ialah peppermint angelfish yang memiliki corak merah cerah dan putih yang sangat sulit didapatkan. Untuk itulah harganya sangat fantastis yakni mencapai 400 jutaan. Apabila coraknya semakin eksklusif maka harganya pun akan semakin mahal.

Jika kalian belum kuat untuk membeli ikan peppermint angelfish, maka coba dulu jenis angelfish yang lain yang harganya lebih terjangkau. Ikan satu ini mudah dibudidayakan dan tidak terlalu agresif. Jika dipadukan dengan angelfish yang memiliki variasi warna lain tentunya akan semakin indah.


4. Basslet

Basslet


Mungkin kalian belum akrab dengan nama baslet ini. Ya benar, ikan ini merupakan ikan air asin yang sangat jarang ditemui di habitat aslinya dan untuk mendapatkan jenis basslet yang harganya mahal pun tidak bisa dilakukan dengan dibudidayakan.

Untuk mencarinya dilautan butuh kejelian tingkat tinggi dan butuh peralatan teknologi khusus yang rumit mengingat ikan ini berukuran sangat kecil yakni sekitar 5 cm saja. Lokasi yang digemarinya pun dilautan sedang hingga dalam di sela sela karang tajam.

Jenis basslet yang memiliki harga super fantastis adalah bladefin basslet dan golden baslet yang satu ekornya dihargai 100 juta lebih. Sebenarnya yang menjadikan ikan ini begitu mahal adalah karena super langka dan sangat sulit untuk mendapatkannya. Dari segi perawatan pun lebih sulit daripada beberapa jenis ikan sebelumnya.


5. Neptune Grouper

Neptune Grouper


Ikan air laut satu ini termasuk ikan perairan tropis yang berada di lautan dalam. Sangat sangat sulit untuk bisa mendapatkannya mengingat jumlah di alam pun terbatas. Tak heran jika satu ekor neptune grouper dewasa dihargai sekitar 90 jutaan, dan untuk yang masih kecil dihargai minimal 50 jutaan.

Keunikan dari neptune gruper adalah dari warnanya yang berbeda antara saat masih bayi dengan yang sudah dewasa. Diwaktu bayi paduan warna ditubuhnya terdiri dari kuning dan jingga. Sementara saat dewasa berubah menjadi kuning dengan paduan garis garis pink. Warnanya yang sangat mencolok membuat ikan ini begitu tampak jelas walaupun dilihat dari jauh sekalipun.

Fantastis bukan harga dari kelima jenis ikan hias termahal di atas? Jika kalian punya dana yang cukup tidak ada salahnya untuk membeli salah satunya sehingga bisa dijadian teman terbaikmu.


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :