Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Ikan Tuna Beserta Manfaatnya

Jenis-Jenis Ikan Tuna Beserta Manfaatnya - Siapa sangka ikan tuna yang biasa kita konsumsi ternyata merupakan ikan perenang handal (pernah diukur mencapai 77km/jam). Ikan tuna merupakan jenis ikan pelagis yang termasuk dalam keluarga Scombroidae. Ciri-ciri ikan tuna memiliki tubuh seperti cerutu, memiliki sirip punggung, sirip depan yang biasanya pendek dan terpisah dari sirip belakang, mempunyai tambahan (finlet) di belakang sirip punggung dan sirip dubur. 

Gambar Ikan Tuna
Gambar Ikan Tuna


Pada umumnya ikan memiliki warna daging yang putih, tetapi ikan tuna memiliki warna daging merah mudah sampai merah tua. Hal tersebut ternyata di sebabkan karena otot ikan tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya. Ikan tuna memili beberapa jenis diantaranya yaitu madidihang atau tuna sirip kuning/yellowfin tuna (Thunnus albacares), tuna mata besar/ bigeye tuna (T. Obesus), albakor/albacore tuna (T. Alalunga), dan tatihu atau tuna sirip biru/southern bluefin tuna (T. maccoyi). Berikut ini untuk lebih lengkapnya mengenai jenis-jenis ikan tuna beserta manfaatnya :

Baca Juga : Berapa Harga Ikan Tuna Konsumsi Terbaru? Ini Ulasannya

Jenis-Jenis Ikan Tuna


Madidihang (Tuna Sirip Kuning – Yellowfin Tuna)

Gambar Ikan Tuna Sirip Kuning

Ikan tuna sirip kuning yang sering disebut dengan sebutan madidihang, ikan ini hidup dengan cara mengembara di lautan tropika yang ada di dunia. Ikan tuna kuning merupakan ikan ketiga terbesar setelah ikan tuna sirip biru dan ikan tuna mata besar. Ikan ini memiliki bentuk tubuh gemuk, sirip punggung kedua melengkung Panjang semua sirip berwarna kuning keemas-emasan cerah.  Pada umumnya ikan tuna sirip kuning memiliki Panjang antara 50-150 cm, tetapi ada juga yang besar mencapai lebih dari 260cm. Ikan tuna kuning biasanya dimanfaatkan menjadi ikan tuna kaleng.


Tuna Mata Besar (Thunnus obesus)

Gambar Ikan Tuna Mata Besar

Ikan tuna mata besar dapat ditemui hаmріr diѕеmuа perairan terbuka samudra dan iklim sedang. Dі perairan Indonesia  sendiri bіѕа ditemukan dі  Laut Banda, Laut Flores, Laut Sulawesi, Samudra Hindia, perairan dі utara Papua (Samudra Pasifik).  Pada ikan tuna mata besar sirip ekornya mempunyai lengkungan yang dangkal pada pusat celah sirip ekor. Kebanyakan Panjang ikan tuna mata besar 60 hingga 180cm, tetapi ada juga yang panjangnya mencapai 236cm. 


Albakor/Albacore Tuna (T. Alalunga)

Gambar Ikan Tuna Albakor

Tuna albakor tidak seperti tuna pada umumnya tidak berwarna merah melaikan putih sama seperti ikan pada umumnya, ikan tuna albakor biasanya di jual dipasar tradisional dengan harga yang cukup tinggi. ikan tuna albakor memiliki tubuh memanjang seperti torpedo, mata sedikit besar, lapisan insang 25-31 pada bujur insang pertama. Sirip dada memanjang seperti pedang dараt mencapai jari-jari lepas kedua dаrі sirip punggungnya. Batas bеlаkаng sirip ekor keputihan. Ukuran dараt mencapai panjang 137 cm, umumnya 40-100 cm.


Tuna Sirip Biru/Southern Bluefin Tuna (T. maccoyi). 

Gambar Ikan Bluefin Tuna

Ikan Tuna ini biasa disebut juga tuna sirip biru selatan. Seperti tuna sirip biru Atlantik, ikan ini juga termasuk ikan pelagis, jeram dan besar. Ikan tuna sirip biru saat ini terancam punah karena terlalu banyak ditangkap. Saat ini harga ikan tuna sirip biru sangat mahal. Tuna sirip biru selatan memiliki tubuh panjang seperti ujung hitam dan juga sirip tipis dan pendek, dengan seluruh tubuh ditutupi dengan sisik kecil. Ikan tuna sirip biru merupakan ikan predator yang panjangnya dapat mencapai 3 meter dengan berat sekitar 450kg. Ikan ini termasuk ikan penghuni Samudra Pasifik Utara, tetapi mereka juga terkadang bermigrasi hingga Samudra Pasifik Selatan. 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Tenggiri Konsumsi Terbaru dan Manfaatnya

Manfaat Ikan Tuna

Selain lezat, ikan yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk Kesehatan. Berikut beberapa manfaat ikan tuna yang bisa kalian dapatkan jika mengkonsumsi ikan tuna.

1.Menyehatkan Jantung


Ikan tuna memiliki lemak lemak yang Sebagian besarnya merupakan asam lemak omega-3. Mengomsumsi ikan tuna dapat mengurangi resiko terkena jantung koroner, omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna mampu membantu mengurangi asam lemak omega-6 atau kolesterol jahat dalam arteri dan pembuluh darah.

2.Menjaga Kesehatan Mata


Karena kandungan omega-3 yang tinggi dalam daging ikan tuna dapat mencegah kerusakan mata atau penurunan fungsi mata akibat pertambahnya usia. Dengan mengonsumsi ikan tuna juga bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy.

3.Mendukung Tumbuh Kembang Anak


Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi juga, protein ini sangat berguna dalam membantu tubuh kembang anak. Setiap 165 grm ikan tuna mengandung lebih dari 80% protein yang butuhkan oleh tubuh. Maka ikan tuna sangat cocok menjadi sumber protein bagi anak-anak.

4.Menurunkan Tekanan Darah


Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna anti-inflammatory atau anti radang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Khasiat ikan tuna dapat menurunkan hipertensi secara cepat, menurunkan ketegangan sistem peredaran darah yang dapat mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke.

5.Mencegah kanker


Ikan tuna memiliki antioksida yang tinggi. karena itu dengan mengkonsumsi ikan tuna dapat menghindarkan kita dari kangker terutama kangker kolorektal.

6.Mencegah Penyakit Ginjal


Mengkonsumsi ikan tuna dapat mencegah penyakit ginjal, kerena dalam ikan tuna mengandung Potassium dan Sodium yang berfungsi dapat menjaga cairan dalam tubuh. Sebab, ginjal kita dapat berfungsi dengan baik dan risiko timbulnya kerusakan ginjal pun akan berkurang, jika cairan tubuh seimbang. Namun bagi yang memiliki penyakit ginjal krosis sangat tidak disarankan mengkonsumsi ikan tuna karena kandungan Potassium dan Sodium dapat menumpuk dan merusak ginjal.

7.Menurunkan Berat Badan dan Obesitas


Ikan tuna memiliki lemak yang rendah lemak dan kalori tetapi kaya akan nutrisi sehingga dapat dijadikan makanan saat sedang berusaha menurunkan berat badan. Asam lemak omega-3 yang ada pada ikan tuna juga dapat menstimulasi hormon leptin yang berfungsi mengontrol keinginan kita untuk makan.


Itulah beberapa informasi mengenai ikan tuna dan berbagai manfaatnya, nyatanya ikan tuna yang sering kita temui di pasar atau rumah makan memiliki setuja manfaat ya untuk Kesehatan tubuh kita, bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan makanan olahan ikan tuna dapat menjadi pilihan nih.  Selain untuk diet yang terpenting ikan tuna sangat baik untuk di konsumsi oleh anak-anak. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kalian dan menambah pengetahuan anda mengenai ikan tuna. 


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :