Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mempunyai Aquarium yang Perlu Kalian Ketahui

Ikanesia.id - Memelihara ikan hias merupakan hobi yang dapat mendatangkan beragam manfaat bagi diri kita baik untuk melatih kreativitas maupun untuk menjaga kesehatan mental. Tidak harus ikan hias yang memiliki harga mahal, ikan hias kecil yang memiliki corak warna unik pun sudah lebih dari cukup untuk kita dapatkan manfaatnya.

Manfaat Mempunyai Aquarium


Berdasarkan ekosistemnya, aquarium terbagi menjadi 3 macam yakni:

  • Aquascape: tipe aquarium yang ekosistemnya adalah air tawar / air sungai
  • Estuarium: jenis aquarium yang memiliki ekosistem air payau (campuran air tawar dan laut)
  • Oceanrium: aquarium yang habitat utamanya adalah air asin / air laut 

Tiap orang tentu punya pilihan yang berbeda-beda terkait mana jenis aquarium yang lebih disukainya. Apabila kalian lebih menyukai ikan hias air asin, maka bisa gunakan tipe oceanrium. Berdasarkan pengalaman para pecinta ikan hias, aquascape adalah yang termudah baik dari segi perawatan ikan maupun mendapatkan ekosistem lengkapnya karena semuanya tersedia di lingkungan sekitar.

Manfaat Mempunyai Aquarium yang Sangat Beragam


Manfaat aquarium bagi diri kita maupun lingkungan sekitar sangatlah banyak. Kita bisa merasakan manfaatnya sejak pertama kali hadirnya ikan cantik nan imut di aquarium yang kita miliki. Lalu apa saja sih manfaat dari aquarium bagi kita? Yuk simak informasinya berikut ini:

1. Mempercantik Rumah tanpa Butuh Banyak Space


Ruangan yang sempit bukan jadi alasan lagi untuk tidak memasang aquarium. karena saat ini banyak sekali aquarium yang hanya tersedia dalam bentuk seukuran toples, bahkan ada yang lebih kecil lagi. Untuk itu kalian dapat menyesuaikan sendiri antara ukuran aquarium dengan besarnya ruangan dalam rumah yang akan ditempati aquarium.

Karena pada dasarnya aquarium dapat melengkapi kebutuhan dekorasi interior rumah agar tampak lebih cantik, maka pemandangan aquarium itu sendiri harus cantik. Pemilihan jenis flora fauna dan benda mati dalam aquarium sangat menentukan cantik tidaknya aquarium. selain itu faktor pencahayaan juga sangat perlu untuk diperhatikan.

2. Menjadikan Hunian Jadi Lebih Sejuk dan Nyaman


Walaupun aquarium terdiri atas berbagai tumbuhan air kecil yang jumlahnya terbatas, hal itu tetap memberikan supplai oksigen bagi rumah kita loh. Oksigen yang berasal dari berbagai tumbuhan air dalam aquarium ini juga mampu mencukupi kebutuhan oksigen ikan dan semua jenis hewan yang ada didalamnya. 
Dari segi pemandangan aquarium yang hijau dengan sorotan lampu yang tepat tentu akan membuat ruangan tampak hijau segar. Apalagi jika aquariumnya ditaruh di posisi yang jadi pusat perhatian pada ruangan tersebut, tentu akan membuat kita selalu betah dan merasa nyaman untuk terus terusan di rumah.

3. Meredam Stres dengan Efektif


Perlu kalian tahu bahwa melihat pemandangan aquarium secara sepintas saja efektifnya sudah menyamai orang meditasi bermenit-menit. Otak akan langsung merespon kedamaian sehingga hati dan pikiran kita akan jadi lebih tenang dan merasa lebih bahagia. Bila dilakukan setiap hari kita akan terhindar dari kecemasan serta dapat menghilangkan rasa sedih yang mendalam.

Jadi apabila anda habis pulang dari pekerjaan dengan membawa kejenuhan pikiran serta ketegangan emosi, maka lihatlah lemah gemulainya ikan yang berenang kesana kemari sambil memberinya makan. Setelah itu pasti anda akan merasa lebih fresh dan bersemangat lagi untuk melanjutkan aktivitas laininya.

4. Sarana Terapi Mental bagi Anak


Gangguan mental pada anak yang dibiarkan tanpa berusaha diobati bisa berakibat buruk saat mereka dewasa nanti. Untuk itu penting sekali bagi kita sebagai orang tua untuk berusaha menyembuhkannya melalui berbagai macam terapi dan pengobatan. Salah satu cara termudahnya adalah dengan terapi melalui aquarium.

Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa anak kecil yang menderita gangguan mental bawaan seperti hyper aktif, mudah cemas, emosi yang berlebih, autis, maupun alzheimer dapat sembuh setelah rutin memandangi ikan di aquarium. memang efeknya tidak sebagus obat kimia, tapi ini bisa dilakukan sebagai terapi yang mudah sekaligus efektif yang bisa dilakukan kapan pun anak mau.

5. Mengajarkan Kasih Sayang pada Anak


Mungkin kita bingung saat mau mencoba mengajari anak tentang kasih sayang. Nah dengan media aquarium ini anda bisa memberikan pelajaran yang berharga betapa pentingnya kasih sayang kepada sesama makhluk hidup. Mereka bisa mulai belajar dari saat memberinya makan, menjaganya, serta menjaga kebersihan tempat tinggalnya.

Apabila hal-hal baik seperti demikian telah tertanam pada diri anak anak sejak kecil, maka sifat itu dapat terbawa hingga mereka tumbuh menjadi orang dewasa atau bahkan sampai mereka meninggal sekalipun dan sifat itu bisa diturunkan lagi kepada anakna lagi kelak.

6. Mendatangkan Uang dan Keuntungan


Bisnis ikan hias saat ini sudah banyak yang menggelutinya. Selain dirasa sangat menguntungkan, budidaya ikan hias pun tidak terlalu sulit dan penjualannya lebih cepat. Dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi tentu hasilnya lebih banyak karena penjualannya dihargai per ekor atau per wadah.

Nah itulah beragam manfaat aquarium yang dapat anda nikmati. Apakah jadi tertarik untuk memiliki aquarium dengan sekumpulan ikan yang cantik dan lucu? 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :