Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Sumpit Si Ikan Pemanah

Ikanesia.id - Ikan sumpit atau ikan pemanah dengan nama ilmiah Toxotidae  merupakan salah satu ikan yang hidup di air payau namun juga dapat hidup di air tawar. Ikan sumpit juga sering di sebut sebagai archer fish alias ikan pemanah. 

Ikan Sumpit atau Archerfish


Sebutan sebagai ikan pemanah terinspirasi dari cara ikan ini makan. Mereka menembakan semprotan air ke udara atau tanah ikan sumpit mampu menembak mangsanya dari jarak 1-2 meter, sehingga mangsanya berupa serangga jatuh kemudian ikan ini langsung sigap memangsanya. 

Ikan sumpit mahir dalam menentukan kapan harus memanah mangsanya dan memangsanya. Kecepatannya dalam memangsa membuat mangsanya tidak mampu melarikan diri. Ikan sumpit pada umumnya hanya akan mencapai ukuran Panjang sekitar 6 inci atau sekitar 15cm pada aquarium, namun mampu tumbuh dua kali lipat pada alam liar. 

Ikan sumpit biasanya memiliki warna perak atau putih cerah, ikan yang masih muda memiliki bercak warna kuning yang tidak teratur pada tubuh bagian atas diantara lajur vertikal hitam. Setelah dewasa bercak menghilang dan lajur hitam semakin pendek yang hanya terliat dibagian paling atas dari tubuh. Ikan sumpit memiliki tubuh pipih dan agak memanjang, dengan kepala runcing.


Baca Juga : Mengenal Severum Rotkeil Si Ikan Cichild Amerika


Habitat Ikan Sumpit Atau Archerfish

Habitat Ikan Sumpit Atau Archerfish


Habitat dan penyebaran ikan sumpit yaitu indo-pasifik dan perairan Australia utara, serta dapat dijumpai di pantai selatan Australia. Selain itu ikan sumpit ini juga di ditemukan dari India ke arah timur ke Kepulauan Filipina, ke selatan ke Australia, serta di perairan Kepulauan Solomon dan Kepulauan Indonesia. habitat utamanya yaitu muara mangrove walaupun banyak ikan sumpit yang ditemukan di air payau terkadang ikan sumpit juga bergerak hulu ke sungai air tawar. 

Makanan Ikan Sumpit

Makanan Ikan Sumpit


Ikan sumpit sangat menyukai serangga, biasanya ikan sumpit memburu lalat, jangkring, lama-laba, dan sebagainya. Setelah ikan sumpit menembakan air ketepat sasaran mangsanya akan terjatuh dan ikan sumpit akan bergerak cepat untuk menikmatinya. 

Selain memakan serangga ikan sumpit juga kerap memamakan larva atau ikan kecil. Keunikan ikan sumpit yang membuat para kolektor ikan senang memelihanya. Sering kali pemilik ikan sumpit sengaja menaru umpan di permukaan agar ikan sumpit dapat menikmati santapannya seprti habitat aslinya. 

 

Ciri-Ciri Ikan Sumpit Atau Ikan Pemanah

Ciri-Ciri Ikan Sumpit Atau Ikan Pemanah


Ikan sumpit memiliki ciri khusus yaitu keunikannya dalam mencari makan, ikan sumpit mampu menyemburkan atau menembakan air pada mangsanya dari jarak 1-2 meter sehingga mangsanya terjatuh kedalam air kemudian sergap memangsanya. 

Ikan sumpit memiliki mata yang lebih besar dari ikan-ikan biasanya, kepala ikan sumpit lebih pendek dari tubuhnya, dengan moncong khas menunjuk.

 

Perilaku Ikan sumpit

Mengenai cara ikan sumpit mencari makan ikan sumpit pada siang hari akan timbul dipermukaan. Ikan sumpit selain mampu menyembur atau menembak mangsanya dengan air ikan sumpit juga mampu melompat rendah dari air untuk menangkap mangsanya. 

Ikan sumpit muda biasanya membentuk kelompok kecil mereka belajar menembak untuk mencapai target.  Ikan ini memiliki mulut yang disesuaikan dengan jarak jet air ludah yang biasanya untuk memukul mangsa ke dalam air. 

Cara Merawat Ikan Sumpit

Merawat ikan sumpit bukanlah  merupakan hal yang mudah karena aquarium yang berair jernih saja belum mampu membuat ikan sumpit mampu bertahan hidup. Air harus dijaga agar terus bersuhu 26-28 derajat Celsius, ini merupakan suhu optimal untuk hidup ikan sumpit. 

Air dalam aquarium juga harus ditambahkan garam tanpa yodium agar air menjadi payau. Semua bertujuan agar ikan sumpit dapat hidup nyaman dan tumbuh sehat di aquarium. Tetapi seperti halnya guppy, mereka mampu diadaptasikan di air tawar.


Sekian penjelasan tentang ikan sumpit atau ikan pemanah dengan segala keunikan ikan ini. semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan kalian mengenai ikan sumpit dan keunikannya. 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :