Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Zebra Tilapia Dan Cara Merawatnya

Mengenal Ikan Zebra Tilapia Dan Cara Merawatnya - Ikan Zebra tilapia ( Tilapia buttikoferi) atau biasa disebut 99 dengan maa inggrisnya ikan ninety nine. Tubuh biasanya berwarna kuning atau putih dengan garis-garis hitam yang dapat bervariasi dari sangat terang hingga hampir hitam tergantung pada suasana hati ikan. Bilah hitam vertikal lebih lebar dari pada titik-temu yang lebih terang. 

Garis mereka cenderung memudar seiring bertambahnya usia. Ikan ninety nine merupakan salah satu ikan jenis ikan hias yang lumayan banyak memiliki penggemar. Ternyata ikan hias yang cantik ini dapat menjadi lebih galak atau agresif Ketika ikan ini bertambah besar.

Mengenal Ikan Zebra Tilapia Dan Cara Merawatnya

Ikan Ninety nine dapat tumbuh maksimal dengan ukuran 25-30c cm lebih. Ikan ini akan menjadi lebih agresif seiring dengan pertumbuhan tubuhnya. Jika ikan ini di taru dalam aquarium bersamaan dengan ikan yang ukurannya lebih kecil darinya ikan ini dapat membunuh atau memakan ikan kecil tersebut. Sebutan ninety nine diperoleh ikan ini kemungkinan besar karena memiliki jumlah garis belang yang berwana hitam sebanyak 9 garis. 


Habitat Ikan Zebra Tilapia Atau Ikan Ninety Nine 

Ikan zebra tilapia merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari sunga-sungai besar di Afrika Barat tropis ari Guinea-Bissau hingga Liberia. Banyak orang yang telah membiakan ikan zebra dibeberapa negara di dunia untuk dipelihara sebagai ikan hias atau dijadikan makanan. H. buttikoferi adalah salah satu spesies asing di Thailand dimana telah ikan zebra jenis ini diperkenalkan untuk digunakan sebagai ikan akuarium.

Cara Merawat Ikan Zebra Dalam Aquarium

Ketika kalian ingin menjadikan ikan zebra sebagai ikan hias di aquarium kesayangan anda ada beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut.
  1. Bersihkan terlebih dahulu aquarium dengan menggunakan air mengalir
  2. Tambahkan kerikil-kerikil kecil pada aquarium
  3. Penggunaan filter sangat dibutuhkan agar aquarium tetap bersih, tambahkan rumput-rumput agar mirip seperti habitat asli ikan zebra.
  4. Ukuran aquarium yang digunakan sangat disarankan dengan minimal ukuran yaitu 100x50x50 dengan volume air 40 liter.
  5. Tambahan air setidaknya mencapai ¾ aquarium
  6. Ukuran PH air perlu diperhatikan, selain itu suhu airnya pun harus dipastikan kehangatannya. 

Makanan Ikan Zebra

Pemberian makan juga perlu diperhatikan agar ikan dapat tumbuh dengan sehat. Untungnya ikan zebra ini tidak termasuk termasuk ikan yang rewel akan makanan. Yang terpenting nutrisi dalam pangan ikan zebra harus cukup, ikan zebra dapat diberi pangan pellet seperti kebanyakan ikan hias lainnya. Namun untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dapat diberikan pangan berupa cacing sutera, udang kecil, dan ikan yang lebih kecil dari dirinya.

Penanggulangan Penyakit

Ikan zebra juga sama seperti ikan pada umumnya, ikan ini bisa saja terserang penyakit kapanpun. Cara terbaik untuk ikan zebra ini yaitu dengan melakukan upaya pencegahan yakni dengan terlebih dahulu menambahkan cairan anti bakteri untuk mengusir bakteri dan jamur. Dengan begitu ikan zebra akan lebih minim terserang bakteri dan jamur.

Nah kalian bisa nih menjadikan ikan zebra sebagai salah satu ikan hias penghuni aquarium dirumah, namun hati-hati jika kalian ingin memeliharanya bersama dengan ikan hias yang memiliki bentuk tubuh lebih kecil darinya bisa-bisa ikan kecil kalian hilang karena ikan 99 ini terkenal rakus dan galak sekali.. Perawatannya tidak begitu sulit dan pemberian pangan yang mudah ditemui setidaknya merawat ikan ini tidak membutuhkan tenaga ekstra bukan?. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang ingin memelihara ikan zebra.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :