Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Aquascape Termudah dan Termurah

Cara Membuat Aquascape Termudah dan Termurah - Aquascape adalah susunan bebatuan, kayu apung, dan tanaman hidup dalam akuarium untuk menciptakan pemandangan yang menarik secara visual. Cara membuat aquascape sendiri cukup mudah karena pada dasarnya aquascape adalah dekorasi dalam aquarium.

Cara Membuat Aquascape Termudah dan Termurah


Dekorasi ini diatur dengan sangat teliti dan direncanakan hingga detail terkecil. Membuat aquascape sendiri tidak harus membuat akuarium terlihat seperti ekosistem alami di lautan. Anda juga bisa kok menghiasi akuarium dengan inspirasi dari lingkungan darat, seperti pegunungan atau hutan.

Bahan-bahan Membuat Aquascape

Dalam membuat aquascape, tanaman dan komponen dekorasi lainnya adalah fokus utama dalam aquarium. Aquascape adalah tentang menciptakan sebuah karya seni.

Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya dengan sedetail dan seteliti mungkin. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat aquascape sendiri adalah :

 

Bahan

Biaya

Akuarium

Rp 200.000 – Rp 350.000

Pupuk tanaman

Rp 110.000

Batu akik warna-warni 1 kg

Rp 15.000

Batu fosil 5 pcs

Rp 50.000

Pasir silika

Rp10.000/kg

Batu seiryu

Rp 10.000

Tanaman Bucephalandra

Rp15.000

Tanaman Rotala

Rp 10.000

Pakis air

Rp 3000

Ikan guppy

Rp 10.000 per ekor

Pompa akuarium

Rp50.000

Karbon aktif

Rp20.000

Lampu hias

Rp 50.000


Daftar bahan yang perlu Anda sediakan di atas hanya menjadi saran saja, Anda bisa memilih  sendiri dekorasi mana yang paling menarik untuk akuarium Anda.

Cara Membuat Aquascape

Setelah Anda mempersiapkan bahan-bahan aquascape, maka langkah selanjutnya adalah Anda perlu mendekorasi akuarium Anda dengan beberapa panduan di bawah ini :
 

1. Memilih Tanaman

Memilih tanaman bisa jadi rumit dan membutuhkan banyak penelitian. Faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih tanaman adalah :

a. Ukuran tangki

Anda harus tahu seberapa besar tanaman akan tumbuh sebelum memasukkannya ke dalam tangki. Perlu diingat, saat Anda membeli tanaman, banyak yang masih sangat muda dan mungkin tumbuh jauh lebih besar. Jadi, ketahui ciri-cirinya dengan seksama.

b.  Model aquascape

Jika Anda menginginkan gaya aquascape tertentu, seperti Iwagumi atau hutan, memilih spesies tanaman yang tepat sangat penting untuk mendapatkan tampilan yang bagust. Tanaman berdaun lebar disukai untuk model ala hutan.

Sementara untuk model Iwagumi lebih cocok untuk menggunakan tanaman seperti karpet kecil. Adapun aquascape model Belanda lebih cocok untuk menggunakan tanaman yang memiliki berbagai macam warna dan tekstur.

c. Karakter tanaman

 Seperti  spesies ikan yang berbeda karakternya, tanaman akuarium memiliki karakter yang berbeda-beda pula. Beberapa, tanaman seperti pakis Jawa atau anubias, tumbuh subur dengan pencahayaan yang minim.

Di sisi lain, tanaman seperti rotala macrandra membutuhkan pencahayaan intens dan injeksi CO2. Oleh sebab itu, penting untuk memilih tanaman yang sesuai dengan tingkat perawatan yang dapat Anda berikan pula.

2. Bersihkan Akuarium

Apabila Anda sudah menentukan tanaman yang tepat dan dekorasi apa yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah bersihkan akuarium. Anda perlu membersihkan dan mencuci akuarium dengan sesteril mungkin.

Gunakan desinfektan dan bersihkan dengan semaksimal mungkin. Apabila akuariumnya benar-benar bersih dan steril, maka Anda bisa masukkan semua bahan dekorasi yang telah Anda persiapkan.

3. Masukkan  Pasir

Salah satu komponen utama dalam membuat aquascape adalah hadirnya bahan yang bisa menanggung ekosistem mini yang ada di akuarium. Nah, salah satu komponen penting ini adalah pasir silika. Masukkan pasir silika hingga memiliki ketebalan sekitar 3 cm.
Jika ketebalannya sudah sesuai, maka buatlah sebuah cekungan untuk diletakkan bahan seperti pupuk dan juga karbon aktif.

4. Masukkan Pupuk

Setelah membuat cekungan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan pupuk pada cekungan.

Salah satu fungsi ketebalan pasir hingga 3 cm adalah agar pupuk ini tidak terlihat jika dipandang dari luar kaca akuarium. Adanya pupuk ini sangat bermanfaat untuk menutrisi ekosistem pada akuarium. Setelah memasukkan pupuk, maka tutup pupuk dengan menggunakan pasir silika lagi.

5. Tambahkan Karbon Aktif

Ya, sebagaimana yang sudah dipaparkan sebelumnya, cekungan pasir yang ada di akuarium ini bisa Anda masukkan pupuk dan karbon aktif. 

Anda hanya perlu menambahkan karbon aktif di sisa cekungan yang ada. Fungsi dari karbon aktif sendiri adalah untuk menyerap zat-zat yang berbahaya di ekosistem.

6. Letakkan Tanaman

Cara membuat aquascape yang sangat penting adalah mengetahui di mana saja Anda akan menempatkan tanaman sesuai hardscape.

Jika Anda meletakkan bebatuan dan tanaman tertinggi tepat di depan akuarium, maka Anda tidak akan melihat apa pun. Jadi letakkan semua komponen seperti tanaman dan bebatuan di belakang, dan dekorasi yang ukurannya pendek di depan.

Anda harus bisa mengatur semua elemen di dalam akuarium berdasarkan ukurannya. Mengatur dekorasi akuarium sesuai ukuran dan panjangnya membantu menciptakan ilusi kedalaman laut yang sebenarnya sehingga membuat akuarium Anda terlihat lebih besar.
 

7. Tambahkan Lampu Hias

Terakhir, Anda bisa menambahkan lampu hias pada akuarium untuk menambah penerangan dan mempercantik dekorasi.

Tidak begitu sulit bukan cara membuat aquascape dengan beberapa panduan dasar yang dijelaskan di atas? Dengan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan, membuat aquascape tidak akan sesulit yang Anda kira, kok!

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :