Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak

Cara Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak - Belakangan ini banyak sekali yang bertanya kenapa sih ikan cupang saya ekornya rontok dan rusak ?. Ya pertanyaan ini banyak sekali dicari karena memang banyak sekali yang baru memelihara ikan hias khususnya cupang pada akhir-akhir ini.

Cara Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak

Semenjak pandemi orang lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah saja. Hal itu membuat orang-orang menjadi jenuh dan bosan maka banyak sekali yang mulai lagi atau baru mulai memelihara ikan lagi. Ikan cupang ini salah satu bahkan ikan yang paling banyak diminati semenjak pandemi. Mungkin karena warna ikan cupang yang indah serta cara perawatannya yang mudah menjadi salah satu alasan ikan ini banyak penggemarnya.

Balik ke topik tentang ekor ikan cupang rusak, Ekor ikan cupang yang rusak dan rontok merupakan penyakit ikan yang sangat umum ditemukan di ikan cupang. Untuk cara mencegah supaya ikan cupang kalian terhindar dari ekor yang busuk atau rusak bisa simak penjelasan dibawah ini :


1. Seringlah Mengganti Air

Penyebab ekor ikan yang busuk dan rusak disebabkan salah satunya oleh kondisi air yang buruk yang dapat menimbulkan penyakit pada ikan. Air yang buruk biasanya mengandung amoniak yang banyak di air. Amoniak sendiri sangatlah berdampak buruk untuk kesehatan ikan.

2. Beri Makan Secukupnya Tanpa Sisa

Saat kalian memberi makan ke ikan cupang kalian berilah secukupnya dan jangan sampai meninggalkan sisa. Jika ada sisa kalian bisa membersihkannya dengan mengsiphon air bisa menggunakan selang kecil atau selang aerator. Makanan yang sisa tidak termakan dapat menjadi busuk yang dapat membuat kondisi air menjadi keruh dan berbahaya.


Dan apabila sudah terjadi busuk ekor pada ikan cupang, kalian bisa mengobatinya dengan cara dibawah ini :

1. Periksa Air

Pastikan dalam pengobatan ekor ikan cupang yang rusak menggunakan air dengan kadar pH 6.5 - 7.5 dan suhu yang normal di 27-29 derajat celcius. Dalam kondisi tertentu suhu diatas 30-32 derajat celcius juga cukup oke karena suhu yang tingga dapat mematikan jamur-jamur yang menggrogoti ekor cupang kalian.

2. Pisahkan wadah jika menggunakan aquarium

Banyak dari kalian yang memelihara ikan cupang menggunakan aquarium dan bertema aquascape. Nah dalam pengobatan sebaiknya janganlah diaquarium utama namun menggunakan aquarium lain sebagai wadah karantina.

3. Gunakan Daun Ketapang Atau Obat Jamur Untuk Ikan

Nah setelah dipindahkan ke wadah karantina pada saat karantina pengobatan bisa menggunakan daun ketapang yang direndam. Daun ketapang merupakan pengobatan alami yang dapat membuat ikan cupang menjadi tidak stress dan juga dapat menghilangkan jamur yang menempel pada ikan cupang kalian.

Jika kalian mau menggunkan obat-obatan yang dijual dipasaran juga bisa saja kalian bisa beli obat-obat ikan di toko ikan tanya saja buat jamur ikan atau langsung tanya obat untuk ikan cupang yang ekornya rusak. Nah karena obat ini merupakan bahan kimia penggunaannya pun harus diperhatikan takarannya. Takarannya biasany ada di kemasannya.

4. Karantina Sampai Sembuh

Terakhir kalian bisa pantau saja kondisi ikan kalian yang sedang dikarantina untuk pengobatan. Dalam masa karantina kalian boleh mempuasakan ikan kalian. Pastikan ikan sembuh dahulu lalu masukan lagi ke aquarium utama karena jika tidak sembuh dan masih ada jamurnya nanti ekornya yang rusak bisa saja kambuh lagi karena tidak diobati sampai tuntas.

Sekianlah cara mencegah dan mengobati ekor ikan cupang yang rusak karena busuk. Semoga dengan artikel ini kalian yang pemula dalam memelihara ikan cupang jadi tahu sebab dan penyebab kenapa ekor cupang kalian rusak.
Apabila artikel ini bermanfaat dan membantu kalian dalam memelihara ikan cupang dan ada saudara atau teman kalian yang mendapatkan masalah yang serupa bisa share artikel ini ya guys. 
Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :