Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik tentang Hiu Megalodon

Fakta Menarik tentang Hiu Megalodon - Hiu megalodon adalah salah satu predator paling ganas dan terbesar yang pernah ada di laut. Jenis ikan hiu ini memiliki panjang hingga dua kali ukuran Tyrannosaurus Rex dan punya kekuatan gigitan yang dapat menghancurkan benda sekelas mobil.

Hiu Megalodon

Megalodon merupakan jenis hiu penguasa lautan pada zaman prasejarah. Sayangnya, hiu predator ini telah punah. Seperti apa sih informasi hiu prasejarah penguasa lautan ini? Dan apa fakta menarik tentang megalodon?


Sejarah Tentang Megalodon

Hiu megalodon biasanya dikenal dengan nama Carcharocles Megalodon atau Otodus Megalodon. Hiu ini memiliki julukan “Big Tooth” karena giginya yang sangat besar dan tajam. Nama "Megalodon" sendiri diberikan Louis Agassiz pada tahun 1843.

Semasa hidup, megalodon sering hadir di setiap benua kecuali Antartika. Ikan predator ini pernah menjadi catatan sejarah yang menarik, namun tidak ada yang tahu penyebab punahnya megalodon.

Ada banyak teori yang menyebutkan penyebab musnahnya hiu ini, namun tidak bisa menjelaskan dengan pasti mengapa predator paling mematikan di lautan ini menghilang.

Salah satu teori penyebab punahnya megalodon karena suhu air yang mulai dingin di lautan. Ya, sekitar tiga juta tahun yang lalu, Laut Tengah Amerika yang menghubungkan Samudera Atlantik dan Pasifik ditutup secara drastis sehingga penutupan ini membuat lautan di bumi semakin dingin.

Beberapa peneliti percaya bahwa megalodon tidak dapat beradaptasi dengan air yang mendingin. Beberapa hewan yang biasa dimangsa oleh megalodon bisa bermigrasi ke perairan lain ysementara megalodon tidak bisa bermigrasi.

Selain itu, air yang lebih dingin juga turut mematikan beberapa sumber makanan megalodon. Sepertiga  dari semua hewan laut besar punah setelah air mendingin. Kehilangan mangsa ini juga menjadi faktor mengapa hiu predator ini akhirnya punah.


Fakta Menarik Tentang Hiu Megalodon

1. Mempunyai Panjang Gigi Hingga 17 cm

Gigi Hiu Megalodon

Kehadiran megalodon dipercaya ada dengan dibuktikan oleh penemuan giginya sepanjang sejarah. Gigi hiu predator ini bahkan mempunyai panjang sekitar 17 cm dengan bentuknya yang mirip segitiga.

Fosil gigi terbesar yang ditemukan berukuran 18 cm, 3 kali lebih besar dari rata-rata gigi ikan hiu pada umumnya.

Pada abad pertengahan, orang Eropa yang menemukan gigi megalodon mengira bahwa benda itu adalah batu lidah atau lidah naga. 

Orang zaman dahulu kemudian menggunakan gigi sebagai liontin dan digunakan dalam pengobatan. Penduduk asli Amerika menggunakan gigi hiu, termasuk megalodon sebagai kalung dan perkakas seperti pengikis.


2. Mempunyai Rahang yang Besar

Rahang Megalodon


Gigi megalodon secara signifikan lebih besar dari gigi hiu putih. Seperti hiu putih, gigi megalodon berbentuk segitiga, simetris, dan bergerigi, sehingga sempurna untuk merobek daging mangsanya.

Menurut para peneliti, hiu predator satu ini menghasilkan antara 20.000 dan 40.000 gigi seumur hidup. Diameter gigitan rahang megalodon bisa mencapai 3 meter, sekali melahap mangsanya, megalodon bisa menelan dua manusia dewasa yang berdiri berdampingan dalam satu kali lahap.

Rahang megalodon adalah salah satu yang terbesar dan terkuat yang pernah ada dan sangat ditakuti oleh semua makhluk hidup di bumi.  Rahang ikan ini diperkirakan memiliki ukuran sekitar 3 x 5 meter.

Jika kekuatan gigitan manusia rata-rata adalah sekitar 1.317 newton, maka kekuatan gigitan megalodon mencapai 3 kali lipatnya, yakni antara 108.514 dan 182.201 newton. Ya, sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa gigitan hiu predator ini mampu menghancurkan mobil.

Menurut para ahli, kekuatan gigitan dari hiu megalodon ini adalah yang paling kuat dari semua makhluk hidup yang pernah ada.

 

3. Hiu Prasejarah yang Memangsa Paus

Saat masih hidup, megalodon memangsa hampir setiap sudut lautan. Semua makhluk laut yang ada pernah dimangsa oleh ikan predator ini. Oleh sebab itu, gigi megalodon banyak sekali ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.

Nah, karena megalodon adalah hewan yang sangat besar dan harus makan banyak sekali mangsa, maka hewan mamalia laut yang berukuran besar seperti paus juga dimangsa oleh ikan ini.

Jika paus atau mamalia laut yang ukurannya besar langka, maka megalodon akan memangsa hewan-hewan kecil di laut seperti lumba-lumba, anjing laut, dan bahkan hiu yang lebih kecil.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa megalodon sangat cerdik dalam memangsa hewan sejenis paus atau hiu kecil. Megalodon terlebih dahulu memakan sirip atau ekornya untuk mempersulit paus yang melarikan diri karena siripnya atau ekornya telah terluka.


4. Memiliki Panjang Hingga 18 Meter

Ukuran Hiu Megalodon


Megalodon adalah salah satu ikan terbesar yang pernah ada. Hiu yang garang dan pemangsa ini bukan hanya hiu terbesar yang pernah hidup, tetapi juga digolongkan sebagai salah satu ikan terbesar hingga spesiesnya punah.

Megalodon diperkirakan tumbuh dengan panjang hingga 18 meter, sekitar 3 kali lebih besar dari rata-rata ikan hiu putih, jenis ikan terbesar di laut saat ini.

Sayangnya, hiu megalodon ini telah punah sekitar 2,6 jutan lalu dan banyak sekali peneliti yang sulit menjelaskan bagaimana predator sebesar dan sekuat megalodon bisa punah. Pada akhir zaman Pliosen, megalodon terakhir telah mati dan tidak lagi bisa dijumpai di bumi ini.


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :