Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Ikan Pemakan Kutu

Jenis-Jenis Ikan Pemakan Kutu - Kutu pada ikan paling sering terjadi dikolam karena dikolam sangat sulit sekali dipantau beda dengan aquarium. Hal in benar saja dan terjadi dikolam saya barru-baru ini. Hal yang saya lakukan langsunglah mengkarantina ikan-ikan dan memberi obat anti kutu ke kolam tanpa menyalakan filter kolam.

Jenis-Jenis Ikan Pemakan Kutu

Ada 2 jenis kutu air yang biasa menjadi momok dikolam ikan yaitu kutu argulus dan juga kutu jarum. yaitu kutu argulus dan kutu jangkar atau kutu jarum. Kutu argulus ini bentuknya bulat-bulat kecil dan bergerak cepat sekali. Sedangkan kutu jarum sendiri kutunya berbentuk seperti jarum.

Cara penanganan jika kola, diserang kutu haruslah tuntas hingga ke telur-telurnya karena jika kalau tidak tuntas kutu tersebut tetap akan berkembang biak lagi. Nah untuk mempermudah kalian membasi kutu dikolam kalian bisa menggunakan ikan pembasmi kutu atau ikan pemakan kutu sebagai tankmate.

Carilah ikan pembasmi kutu yang dapat berenang cepat agar lebih efektif membasi kutu argulus maupun kutu jangkar. Nah saya akan berikan beberapa list ikan hias yang efektif membasi kutu dikolam yang saya ambil dari beberapa forum yang mengatakan kalau ikan ini mampu menghajar kutu tersebut. diantaranya ialah :

1. Ikan Manfish

Ikan Manfish

Siapa yang tidak kenal ikan yang satu ini, ya ikan manfish. Ikan ini menurut saya paling rakus memburu kutu baik itu kutu argulus ataupun kutu jarum. Hanya saja ikan manfish memang tidak terlalu cepat dalam hal berenang tapi lumayanlah dapat mengejar kutu yang lari.

Peliharalah beberapa ikan manfsih agar ikan tersebut tidak stress sendirian dikolam. Memelihara banyak manfish juga akan mempercepat pembasmian kutu. Ibarat perang jika prajurit manfish nya sedikit dan diserang kutu jg akan jadi hal yang percuma.

2.  Ikan Sumatra atau Tiger barb

Ikan Sumatra Pemakan Kutu

Ikan sumatra atau tigerbarb ini juga merupakan salah satu ikan yang dapat diandalkan untuk memakan kutu di air kolam kalian. Karena ukurannya yang kecil dan jika kalian memelihara ikan yang besar bahkan ikan koi pun bisa melahap dengan tidak sengaja. 

Jadi jika ikan sumatra diberi misi untuk memkan kutu dikolam maka itu adalah misi bunuh diri. Begitlah kira-kira hehe. Karena kecil dan bisa dilahap ikan lain maka kalian harus beli ikan ini dalam jumlah yang banyak. Pengalaman saya membeli 100 ekor ikan sumatra dalam setahun kok tiba-tiba ilang.

3. Cherry Barb

Cherry Barb pemakan kutu

Masih satu keluarga dengan ikan suatra atau tiger barb ikan cherry barb ini biasa digunakan orang-orang untuk membasi kutu air dikolamnya. Sama halnya dengan ikan sumatra ikin ini mempunyai maks size yang kecil jadi pasti jika menggunakan ikan ini maka lama kelamaan akan habis dimakan ikan lain.

Jadi perlihara lah banyak sama halnya dengan ikan sumatra kita memerlukan jumlah yang banyak jika ingin digunakan sebagai pemakan kutu dikolam kalian. 

4. Ikan Kaviat

Ikan Kaviat pemakan kutu

Ikan kaviat ada dua jenis yang biasa ada dipasaran diantaranya ikan kaviat biasa dan ikan kaviat albino. Ikan ini dapat berukuran cukup lumayan sehingga tidak seperti ikan barb yang kecil-kecil, ikan ini tidak dapat habis dimakan ikan lain karena tidak muat dimulut ikan lain bahkan ikan koi sekalipun.

Buat yang bertanya kan ikan koi bukan predator bang ? Ikan koi memang bukan ikan predator tetapi ikan koi merupakan ikan pemakan segalanya asalkan muat dimulut mereka. Nah lanjut ke ikan kaviat ini banyak yang bilang cukup efektif namun disaya sendiri ikan ini kurang efektif karena ikan kaviat dikolam saya tidak terbiasa memakan kutu air melainkan dia ikut makan pelet ikan koi.

Sekian jenis-jenis ikan pemakan kutu yang bisa kalian coba. Kalau bisa gunakanlah sebelum kolam kalian diserang kutu karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Apabila artikel ini bermanfaat atau ada teman kalian dan saudara kalian yang sedang bermasalah ikannya akibat kutu ini kalian bisa share ke mereka.


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :