Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Makanan Ikan Mas Koki Terbaik

Rekomendasi Makanan Ikan Mas Koki Terbaik - Ikan mas koki atau ikan goldifsh merupakan ikan hias air tawar yang sampai saat ini masih banyak sekali penggemarnya. Ikan ini pasti sudah tidak asing lagi dimata masyarakat karena bentuk dan warna-warnannya yang menarik perhatian. 

Ikan air tawar yang satu ini konon katanya merupakan ikan hias pertama yang dapat dipelihara dan dibudidayakan oleh manusia. Ikan mas koki mempunyai keunikan sendiri seperti bentuk tubuhnya, ekornya dan juga kepalanya maka dari itu banyak sekali kontes-kontes ikan mas koki untuk menemukan ikan mas koki dengan bentuk yang proposional dan indah.

Rekomendasi Makanan Ikan Mas Koki Terbaik

Nah, jika kalian ingin mencoba mengikuti kontes ikan mas koki ini selain dari pemilihan ikannya kalian juga harus memberikan makanan ikan mas koki yang terbaik juga agar hasilnya maksimal dan dapat bersaing dengan ikan mas koki lainnya di kontes nantinya.

Makanan ikan mas koki bisa berupa pakan alami seperti casut atau cacing sutra maupun cacing darah alias bloodworm. Namun pada saat ini sudah banyak sekali pakan pelet buatan yang lebih baik dan lengkap dalam hal nutrisi.

Pakan ikan mas koki buatan biasanya berbentuk pelet dan ada 2 tipe yang sering digunakan yaitu pakan ikan mas koki growth yang untuk perkembangan ikan dan juga pakan ikan mas koki color untuk menaikan warna dari ikan mas koki.

Baca Juga : 100+ Jenis Ikan Hias Air Tawar 

Saya sudah mengumpulkan beberapa rekomendasi merk pakan ikan untuk mas koki kesayangan kalian diantaranya adalah:

1. Saki Hikari Goldfish

Saki Hikari Goldfish

Brand saki hikari ini merupakan brand makanan ikan asal negri sakura jepang yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain membuat pakan untuk ikan goldifish saki hikari juga membuat makanan ikan koi, ikan tropical dan bahkan membuat makanan reptil.

Untuk makanan ikan mas kokinya sendiri sebenarnya ada banyak namun saya hanya mengambil yang terbaik saja dari segi manfaat dan nutrisinya. Terdapat 4 jenis makanan ikan mas koki merk saki hikari yang bagus untuk ikan kalian.

a. Saki-Hikari Fancy Goldfish Color Enhancing Floating

Saki hikari ini yang dijelakan kali ini ialah saki hikari yang berkemasan warna ungu. Sesuai namanya pelet ikan ini berjenis floatiang yang artinya pelet ikan yang mengambang. Untuk detail kandungannya seperti proteinnya, fatnya dan lain-lain kalian bisa langsung lihat saja digambar diatas. Walaupun saki hikari ini bernama color tapi mempunyai protein yang tinggi sehingga sangat bagus juga sebenarnya untuk petumbuhan.

Saki hikari fancy goldfish color engancing floating ini mudah ditemukan di toko-toko ikan hias terdekat atau di marketplace online seperti tokopedia, shopee dan bukalapak. Harga Saki hikari fancy color enhancing floating ini berkisar 80rb-90rb rupiah ukuran 150gr.

b. Saki Hikari Fancy Goldfish Color Enhancing

Saki hikari yang kedua ini adalah saki hikari yang berkemasan ungu tua gelap. Hampir sama dengan yang ungu terang makanan ikan mas koki saki hikari ini berjenis sinking alias pelet tenggelam. Terkadang memang ada ikan mas koki yang sangat rakus makan jika makanannya tenggelam, nah kemasan ungu gelap ini cocok sekali untuk dicoba.

Dari segi nutrisi hampir sama hanya berbeda pada tingkat fatnya. Kemasan ungu tua yang sinking ini mempunyai fat 7% berbeda dengan floating yang 5%. Harga saki hikari mas koki sinking ini berkisar 90rb - 97rb rupiah ukuran 200gr.

c. Saki Hikari Fancy Goldfish Balance

Pakan saki hikari berkemasan warna hijau ini dibuat agar pertumbuhan ikan mas koki dan warna ikan mas koki balance alias seimbang. Saki hikari jenis ini juga menggunakan pelet ikan yang sinking. Untuk nutrisinya sendiri sudah sangat lengkap dan juga ditambahkan probiotic didalamnya agar ikan sehat terus.

Kalian bisa cari saki hikari fancy golfish balance ini di toko ikan terdekat dari rumah kalian dan bilang aja saki hikari ikan mas koki yang warna hijau. Atau bisa juga dibeli di marketplace-marketplace di Indonesia dengan harga 90rban ukuran 200gr.

d. Saki Hikari Fancy Goldfish Extreme Color Enhancing

Saki hikari ikan mas koki warna merah ini dibuat khusus untuk warna ikan. Pakan ikan ini biasanya digunakan seminggu atau sebulan sebelum kalian mau turun lomba. Walaupun khusus warna namun proteinnya lebih besar daripada saki hikari yang lain sebesar 46%.

Didalam kemasan saki hikari merah terdapat tulisan Aggressive Color Enhancing yang berarti dapat menaikan warna ikan mas koki dengan sangat agresif alias cepat. Untuk harganya sendiri saki hikari goldifsh extreme color ini berkisar 120rb hingga 200rb ukuran 100gr.

2. Sugiyama Goldfish

Makanana Ikan Sugiyama Goldfish

Brand sugiyama ini juga merupakan pelet ikan ikan import yang berasal dari jepang juga, Brand ini sama dengan brand makanan ikan yang lain sama-sama membuat makanan ikan selain ikan mas koki.

Informasi tentang sugiyama ini minim sekali tapi walaupun informasi sedikit sugiyama sudah mempunyai reputasi yang baik di makanan ikan.

a. Sugiyama Goldfish Super Growth

Sesuai namanya makanan ini dibuat bertujuan untuk mengjar pertumbuhan ikan mas koki kalian. Lihat saja dari proteinnya yang besar dan fatnya juga besar. Sugiyama super growth merupakan jenis pelet yang tenggelam alias sinking. Harga sugiyama goldfisg super growth ini berkisar 45rb-55rb rupiah ukuran 250gr.

b. Sugiyama Goldfish Color

Sugiyama goldfish color sendiri dibuat bertujuan untuk menaikan warna pada ikan mas koki karena memiliki tambahan spirulna didalamnya. Sama seperti sugiyama yang growth, pelet ini juga bertipe sinking. Harga sugiyama goldfish color berkisar 60rb rupiah ukuran 250gr.

3. Mizuho Goldfish

Pakan Ikan Maskoki Merk Mizuho

Lagi-lagi brand ke-3 ini juga berasal dari negri sakura yaitu jepang. Jepang memang merupakan negara dengan produksi makanan ikan yang berkualitas karena jepang sendiri terkenal dengan ikan koinya. Dari makanan ikan koi yang bagus inilah diturunkan ke ikan mas koki.

Mizuho sendiri hanya mempunyai 3 varian yaitu pakan tenggelam, pakan floating dan untuk baby goldfish.

a. Mizuho Goldfish Floating

Yang pertama dibahas ialah jenis floating alias jenis pakan yang mengambang dipermukaan air. Walaupun cuma berbeda tenggelam dan tidak tenggelam pakan mas koki merk mizuho ini sudah diformulasikan lengkap untuk meningkatkan pertumbuhan serta warna. Selain itu makanan ini juga dilengkapi oleh banyak sekali probiotic serta vitamin yang dibutuhkan untuk ikan mas koki.

Untuk detailnya makanan ini mengandung 48% protein, 12% fat, 2% fiber, 17% ash dan Phosphorus 2.2%. Tingginya protein di mizuho ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mengejar pertumbuhan untuk ikannya tanpa khawatir warnannya pudar. 

Harga mizuho floating ini bisa kalian dapatkan diharga 70rb - 80rb rupiah ukuran 300gr.

b. Mizuho Goldfish Sinking

Pada pakan merk mizuho ini saya tidak ingin basa basi lagi karena memang spesifikasinya mirip semua hanya yang membedakannya ialah pelet itu tenggelam dan tidak tenggelam. Untuk harga mizuho goldfish yang sinking berkisar 28rb-35rb ukuran 100gr.

4. Tetra Goldfish

Makanan Ikan Mas Koki Merk Tetra

Siapa yang tidak kenal dengan brand tetra yang satu ini ? jika kalian pecinta dunia air pasti sudah tidak asing lagi dengan brand ini. Brand yang satu ini tidak dari jepang melainkan brand yang berasal dari ameri serikat tepatnya di kota Blacksburg. Tetra ini selain membuat makanan ikan dan makanan hewan lainnya dia juga membuat peralatan dan aksesoris kebutuhan dalam memlihara hewan khususnya ikan.

Di tetra goldfish ini varian nya cukup banyak sekali semoga dengan penjelas singkat dan gambar diatas tentang makanan ikan mas koki tetra ini kalian bisa paham.

Jenis- jenis tetra goldfish diurut dari kiri kekanan ialah :

  1. Tetra Goldfish
  2. Tetra Goldfish Wave Sticks
  3. Tetra Goldfish Granules
  4. Tetra Goldfish Pro
  5. Tetra Goldfish Colour Sticks
  6. Tetra Goldfish Menu
  7. Tetra Goldfish Funballs
Masing-masing dari jenis makanan merk tetra ini memiliki kandungan dan manfaat serta jenis bentuk makanan yang berbeda-beda. Jika kalian mau tahu info lebih lanjut apa saja manfaat dan kandungannya bisa langsung ke website tetra. Untuk harganya sendiri karna variannya terlalu banyak kalian bisa mencarinya dimarketplace dengan keywords tetra goldfish.

Sekian rekomendasi makanan ikan mas koki beserta harganya menurut ikanesia. Apabila ada makanan ikan mas koki yang bagus selain diatas mohon maaf mungkin saya yang kurang inormasinya. Semoga dengan artikel ini kalian bisa lebih tahu makanan yang cocok untuk ikan mas koki kalian.