Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyakit Ikan Gurame Mata Bengkak Dan Obatnya yang Mujarab

5 Penyakit Ikan Gurame Mata Bengkak Dan Obatnya yang Mujarab - Penyakit ikan Gurame mata bengkak merupakan salah satu penyebab terjadinya kebutaan yang kemudian disusul kematian apabila dibiarkan begitu saja. Hal tersebut dikarenakan kondisi dari ikan tersebut menjadi lemah akibat berkurangnya nafsu makan, jika begitu obatilah sesegera mungkin.

Penyebab dari Penyakit Ikan Gurame Mata Bengkak dan Lainnya Beserta Obatnya

Dalam kondisi seperti ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama mengenai gejala pembengkakan pada mata ikan Gurame. Tanda-tanda ikan terserang penyakit ini salah satunya adalah matanya terlihat menonjol keluar kelopak. Berikut penyebab dari beberapa penyakit ikan Gurame

penyakit ikan gurame mata bengkak


1. Penyakit Mata Bengkak

Pembengkakan pada mata ikan Gurame biasanya disebabkan oleh cacing parasit yang menyerang indera penglihatan ikan. Hal tersebut dikarenakan, kualitas air kolam tidak baik serta terdapat banyak tumpukan sampah seperti sisa dari pakan. Alhasil, penyakit itu membuat berkurangnya nafsu makan.

Jika hal tersebut terjadi segeralah ganti air kolam secara teratur agar kembali higienis dan berkualitas. Kemudian rendamlah ikan Gurame yang terserang penyakit pembengkakan pada mata ke dalam air garam selama 1 malam. Jangan lupa berikan juga vitamin antibiotik agar tidak semakin parah.

2. Bintik Putih

Penyakit bintik putih pada umumnya diakibatkan dari cendawan ataupun protozoa ichthyophthirius multifiliis. Biasanya akan menimbulkan gejala seperti munculnya bintik-bintik berwarna putih bahkan kecoklatan di bagian tubuh ikan Gurame. Jika begitu, segeralah untuk mengambil tindakan.

Cara mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengganti secara teratur kolam ikan agar terus terjaga kualitasnya. Kemudian, rendamlah ikan Gurame yang terserang penyakit bintik putih menggunakan formal sesuai pada ketentuan. Berikan juga vitamin mengandung antibiotik guna daya tahan tubuhnya.

3. Jamur

Selain penyakit ikan Gurame mata bengkak serta bintik putih, Anda juga harus mengenali gejala dari penyakit satu ini. Jamur biasanya disebabkan oleh Saprolegnia serta Achyla. Ciri-ciri ikan yang terserah adalah akan terlihat sebuah luka kecil di bagian tubuh dan menurunnya nafsu makan hingga kurus.

Metode pengobatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan sebuah larutan Malachyte Oxalate sesuai ketentuan dosis. Selain itu, penting juga terus menjaga kualitas air kolam supaya terhindar dari bakteri. Lalu rendamlah ikan Gurame di larutan formalin.

4. Penyakit Bercak Merah

Penyakit bercak merah biasanya disebabkan oleh bakteri berjenis Aeromonas Punctata. Gejalanya sendiri akan menimbulkan bercak berwarna merah pada bagian kulit. Kemudian berubah menjadi gelap serta mengeluarkan cairan seperti lendir yang cukup kental.

Gunakanlah larutan berupa Oxytetracyclin guna merendam ikan Gurame yang terserang penyakit bercak merah. Bacalah petunjuk penggunaan obat tersebut agar dapat dipastikan sesuai pada ketentuan dosisnya. Selain itu, lakukanlah pembersihan terhadap air kolam secara rutin.

5. Penyakit Columnaris

Penyebab utama dari terjadinya penyakit Columnaris terhadap ikan Gurame adalah hewan parasit berjenis Flexibacter Columnaris. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah gerakan menjadi lambat serta berkurangnya bobot. Selain itu, terdapat pendarahan pada bagian sirip dan insang.

Cara mengatasi penyakit ini adalah merendam ikan Gurame yang terserang columnaris menggunakan larutan Baytril dan pastikan sesuai dengan dosisnya. Kemudian, kuras atau bersihkan air kolam jika sudah mulai keruh agar menjadi lebih baik.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa penyakit ikan Gurame mata bengkak dan lainnya serta bagiamana cara mengobatinya. Terlepas dari 5 daftar tersebut, masih ada banyak penyakit yang dapat menyerang ikan Gurame. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk Anda memahaminya. 


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :