Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Merawat Kolam Ikan Koi Agar Tetap Bersih dan Sehat

Ikanesia.id - Merawat kolam ikan Koi adalah salah satu hal wajib untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan air ini. Hal tersebut karena sehatnya ikan itu, didasarkan pada bersihnya lingkungan sekitar dan kolam tempat tinggalnya. Lalu bagaimana cara merawat kolam ikan Koi yang tepat?

Beberapa Cara Merawat Kolam Ikan Koi yang Benar

Menjaga kebersihan kolam ikan sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi, beberapa orang mungkin malas untuk melakukannya. Salah satu alasannya karena adanya kesibukan lain atau ada sebab yang lainnya. Berikut adalah langkah mudahnya:

Cara Merawat Kolam Ikan Koi

1. Memasang Filter Air

Hal utama dalam perawatan kolam ikan Koi adalah menjaga kejernihan air di tempat penampungan itu. Salah satu caranya yakni dengan memasang filter air pada kolamnya. Hal ini bisa mencegah air menjadi keruh dan tetap terjaga kebersihannya.

Air yang bersih akan mampu membuat ikan nyaman dan tidak mudah stress. Selain itu, ikan juga akan lebih sehat dan selalu aktif saat kolamnya bersih dan terjaga. Setelah terpasang, Anda bisa melakukan penyaringan beberapa hari sekali dalam seminggu.

2. Menjaga pH Air Agar Tetap Normal

Selanjutnya adalah menjaga kadar keasaman air supaya tetap normal. Utamanya dilakukan di kolam luar ruangan setelah tersentuh air hujan. Perlu diketahui bahwa air kolam yang bercampur air hujan itu kadar keasamannya pasti berubah.

Maka dari itu, perlu dilakukan penetralan terhadap kadar keasamannya. Supaya air tetap normal dan tidak menyebabkan hal-hal berbahaya bagi ikan. Selain itu, ikan juga akan menjadi tenang dan tetap nyaman di kolam tempatnya.

3. Menjaga Kebersihan Pipa Filter dengan Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Pipa filter yang digunakan juga harus dijaga kebersihannya dengan melakukan pengecekan secara berkala. Dengan begitu, ketika dalam keadaan kotor, Anda bisa segera membersihkannya. Pipa yang kotor, bisa menyebabkan air kolam menjadi kotor pula.

Oleh sebab itu, melakukan pengecekan adalah hal tepat untuk mengontrol dan menjaga kolam ikan tetap bersih. Selain itu, aksesoris pipa filter yang kotor dan ikut mencemari kolam pasti akan bisa menyebabkan ikan sakit atau mudah terserang berbagai macam penyakit pada ikan Koi.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Banyak

Cara merawat kolam ikan Koi yang harus banyak diperhatikan adalah menghindari paparan sinar matahari langsung terlalu banyak. Karena hal tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya lumut di area sekitar kolam ikan.

Hal ini tentu saja akan berdampak buruk bagi ikan dan merusak bangunan kolam tersebut. Salah satu dampak buruknya adalah kolam akan menjadi lebih cepat kotor dari biasanya dan akan sulit juga untuk menghilangkan tumbuhan parasit yang sudah tumbuh itu.

5. Menghindari Kerapatan Tinggi pada Kolam Ikan

Langkah selanjutnya yakni adalah menghindari kerapatan tinggi pada kolam ikan Koi. Ketika Anda merasa bahwa ukuran kolam sudah terlalu sempit dan tidak sesuai, segera lakukan pemindahan dan penguragan populasi ikan di kolam tersebut.

Pindahkan ikan-ikan itu ke kolam lain yang tersedia. Terlalu banyak atau rapat ikan pada sebuah kolam menjadikan ikan berdesakan dan mudah stress. Selain itu, ikan juga menjadi tidak mudah serta leluasa dalam bergerak. Akibatnya ikan menjadi tidak aktif lagi seperti biasanya.

6. Jangan Menggunakan Desain Kolam Datar

Desain kolam juga sangat berpengaruh dalam cara perawatan kolam ikan. Bentuknya harus diperhatikan, hindari menggunakan desain kolam datar dengan sudut 20-40 derajat. Ini berfungsi untuk memudahkan ketika proses pembersihan kolam.

Jika Anda menggunakan desain ini, maka kotoran kolam atau air keruh yang mengendap akan berkumpul di tengah dan menyulitkan dalam proses pembersihannya. Maka dari itu, penggunaan desain tersebut sangat tidak dianjurkan dalam membuat kolam untuk ikan Koi.

Untuk Anda yang tertarik dengan cara merawat kolam ikan Koi. Rangkuman ikanesia ini bisa menjadi salah satu bahan bacaan bagus untuk menambah pengetahuan mengenai cara-cara perawatan untuk kolam ikan Koi di rumah atau tempat usaha pembaca.