Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Ikan Cupang Lengkap dan Tipsnya Termudah

Ikanesia.id - Memelihara ikan Cupang adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Bahkan, cara perawatannya yang tergolong mudah menjadi salah satu alasannya. Perlu diketahui, ada beberapa cara budidaya dan ikan Cupang yang bisa Anda terapkan di rumah masing-masing.

Beberapa Cara Membudidayakan Ikan Cupang dengan Mudah

Pada masa seperti sekarang ini, berada di dalam rumah adalah hal yang sangat direkomendasikan. Tetapi, tentu saja lama kelamaan akan mengalami rasa bosan juga. Untuk itu perlu adanya kegiatan, salah satunya adalah budidaya ikan Cupang ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Budidaya Ikan Cupang

1. Melakukan Pemilihan Terhadap Indukannya

Cara pertama adalah memilih indukan ikan Cupang. Anda harus memastikan bahwa indukan jantan dan betina ikan ini telah masuk pada fase matang dan siap untuk dikawinkan. Membedakannya juga bukanlah hal yang sulit, hanya saja membutuhkan ketelitian dalam melihatnya.

Ikan Cupang jantan memiliki ciri sirip yang lebar dan ekornya mengembang lebar. Tubuhnya juga jauh lebih besar dari si betina dan gerakannya lincah serta cenderung lebih cerah. Sedangkan untuk ikan betina, sirip dan ekornya pendek tubuhnya juga kecil dan geraknya pelan dengan warna kusam.

2. Melakukan Pemijahan

Bagian selanjutnya adalah proses pemijahan. Pada tahapan ini, Anda harus mempersiapkan wadah berupa baskom atau aquarium berukuran kecil. Juga persiapkan gelas plastik untuk tempat ikan betina. Sediakan juga tumbuhan air di dalamnya.

Dalam satu kali kawin, ikan Cupang bisa menghasilkan hampir 1000 butir telur. Waktu penetasan telur-telur tersebut membutuhkan waktu sekitar 24 jam setelah proses pembuahan terjadi. Tetapi, telur yang bisa dipanen hanya berjumlah 30-50 Cupang hidup saja.

3. Pemindahan Bibit Ikan ke Aquarium yang Berbeda

Pisahkan bibit ikan setelah melalui proses pembuahan selama kurang lebih 24 jam lamanya. Ini untuk mencegah induknya memakan bibit tersebut. Setelah dipindahkan, jangan lupa untuk memberikan makan bibit itu.

Berikan pakan khusus untuk bibit ikan yang masih berukuran sangat kecil itu. Setelah cukup besar, Anda bisa mulai untuk menjualnya, harganya juga bervariasi. Tergantung dari kualitas indukannya dan kesehatan bibit ikan Cupang yang telah jadi tersebut.

Beberapa Tips untuk Budidaya ikan Cupang

Dalam merawat ikan cupang, hal paling utama yang harus Anda perhatikan adalah kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Berikut adalah beberapa tips untuk budidaya jenis ikan Cupang mudah dan praktis Ini merupakan:

1. Jaga Kebersihan Wadah Ikan

Hal yang pertama adalah menjaga kebersihan dari wadah ikan hias ini. Lakukan pembersihan paling tidak seminggu dua kali. Alhasil, kuman-kuman dan bakteri tidak menempel dan melekat pada dinding-dinding aquarium.

Dengan begitu, ikan akan lebih segar dan sehat. Kualitasnya juga akan menjadi lebih bagus, sehingga ketika dilakukan proses perkawinan, bibit yang dihasilkan akan menjadi bibit unggulan. Hasilnya, ikan Cupang itu juga akan menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Mengganti Air dalam Aquarium Sesering Mungkin

Berikutnya adalah melakukan penggantian air sesering mungkin, paling tidak lakukan dua hari sekali. Ikan Cupang membutuhkan tempat tinggal dan air yang bersih untuk dapat bertahan hidup. Jika air kotor, ikan akan muda jatuh sakit dan mati. Maka dari itu, Anda harus rajin mengganti airnya.

Di sisi lain, perhatikan juga jenis air yang digunakan. Pakai air yang jernih dan bersih, endapkan minimal semalaman terlebih dahulu agar bakteri dan kuman dalam air dapat mengendap ke bawah dan tidak mengganggu keberlangsungan hidup hewan ini.

3. Memberikan Pakan Secara Teratur

Ikan Cupang adalah hewan kecil yang tergolong mudah lapar. Sebabnya sesering mungkin harus diberikan pakan secukupnya. Berikan makanan yang berkualitas. Agar ikan Cupang bisa lebih sehat dan segar.

Orang yang membudidayakan ikan Cupang pasti akan sangat senang ketika melihat ikannya terlihat sehat dan segar. Oleh karenanya, berikan pakan secukupnya secara teratur setiap hari. Dengan begitu, ikan Cupang akan dapat bertahan hidup, meski tidak di habitat aslinya.

Demikian lansiran penjelasan ikanesia mengenai cara budidaya dan ikan Cupang. Pastikan melakukan beberapa langkah di atas agar semua bisa berjalan maksimal.
 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :