Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memberi Makan Anak Ikan Cupang yang Dapat Anda Aplikasikan ke Cupang Kesayangan

Cara memberi makan anak ikan Cupang memang sangat penting Anda ketahui untuk menunjang tumbuh kembangnya. Ikan Cupang sendiri adalah jenis karnivora, sehingga harus mendapatkan asupan berbahan dasar daging dan tidak boleh diberi pelet kering berbahan sayur karena hidup di negara tropis.

Cara Memberi Makan Anak Ikan Cupang

Memelihara ikan Cupang tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Untuk itu Anda perlu memperhatikan cara perawatan serat pakannya. Usahakan memilih yang tepat, karena dapat mempengaruhi mulai dari warnanya serta tingkat kesehatannya. Berikut ini beberapa langkah jitunya :

Tips Memberi Makan Anak Ikan Cupang

1. Memberikan Makan dengan Jumlah Tepat

Pemberian pakan dengan jumlah yang tepat menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan kualitas unggul. Oleh sebab itu sebelumnya sesuaikan dengan usia serta kebutuhan nutrisinya, sebab beberapa tipe memiliki perlakuan khusus. Berikut ulasannya:

  • Pertama

Perut ikan Cupang kurang lebih sama dengan ukuran bola matanya. Hal inilah mengapa Anda harus memberi pakan sebesar bola matanya. Kemudian berikan sekitar 3 cacing darah atau artemia setiap kali makan.

Jika pelet, maka usahakan memberikan 2-3 bukti yang sudah direndam. Anda bisa memberikan pakan tersebut satu sampai dua kali sehari. Namun, pemberian makanan kering disarankan untuk direndam selama beberapa menit agar lunak.

  • Kedua

Di sisi lain, sebaiknya kurangi jumlah pakan jika ikan tersebut tidak menghabiskannya. Hal tersebut karena jika bertumpuk maka akan membuat air cepat keruh. Kamudian segera bersihkan makanan yang tidak dimakan ikan, untuk mengurangi resiko.

Jika memang terjadi, maka bisa mengakibatkan mempercepat pertumbuhan zat kimia di dalam aquarium. Anda bisa membersihkannya dengan jaring kecil. Lalu apa saja hal lain yang perlu diperhatikan?

  • Ikan Cupang harus diberi makan secara teratur yaitu sekitar dua kali sehari.
  • Hindari tidak memberikannya makan sama sekali dalam satu hari.
  • Ikan Cupang sendiri bisa bertahan sekitar 2 minggu tanpa adanya makanan.
  • Berikan berbagai jenis pakan.
  • Pada habitatnya ikan Cupang memangsa berbagai hewan kecil.
  • Pemberin satu jenis pakan yang sama selama hidupnya akan membahayakan.

2. Memilih Pakan yang Tepat

Makanan ikan Cupang saat ini sudah terdiri dari berbagai jenis yang bisa Anda dapatkan di sekitar. Meski tersedia pelet, namun usahakan tetap memberikan jenis alami misalnya cacing, ulat sutera, plankton, kutu air atau tumbuhan. 

Beberapa spesies cacing kecil merupakan makanan utama di alam liar. Umumnya yang diberikan kepada ikan Cupang adalah jenis cacing darah. Oleh karena itu, Anda bisa memilih baik dalam keadaan beku, gel, maupun segar.

Perlu diperhatikan jika cacing paling berkualitas adalah jenis putih, ginjal, dan hitam. Namun untuk bayi Cupang yang berusia tiga hari sudah bisa mencari makanannya sendiri. Lalu apa saja hal lainnya?

  • Berilah makanan kutu air, kemudian setelah satu minggu beri artemia.
  • Setelah lima minggu pindahkan tersebut ke kolam yang lebih besar.
  • Gantian air harus Anda lakukan secara berkala.

Perlu diketahui bahwa organ labirin pada anak Cupang akan terbentuk di usia 4-6 minggu. Hal ini  terlihat saat ikan Cupang mulai sering bergerak ke permukaan. Oleh karena itu, sebaiknya pisahkan setelah menginjak usia 4 minggu. Hal ini dikarenakan sifat petarungnya mulai muncul.

  • Sebaiknya pilih media yang lebih luas, agar tumbuh kembangnya tidak terganggu.
  • Usahakan untuk membersihkan kotoran di dalam media hidupnya.
  • Variasikan makanan Cupang setelah 7-8 minggu.

Demikian penjelasan yang dilansir dari ikanesia.id terkait cara memberi makan anak ikan Cupang yang perlu Anda ketahui agar tidak salah saya memilihnya. Oleh sebab itu sebelumnya cari informasi terkait hal tersebut secara mendetail untuk menghindari kesalahan fatal.