Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Bisnis Ikan Koi Lengkap 2021

cara sukses bisnis ikan koi

Ikanesia.id - Untuk bisa meraih keberhasilan dalam melakukan mengelola ikan Koi dalam kolam. Diperlukan banyak usaha dan cara-cara tertentu. Supaya Anda dapat memperoleh hasil maksimal dari proses-prosesnya, maka pahami beberapa cara sukses bisnis ikan Koi.

Beberapa Cara Sukses Bisnis Ikan Koi untuk Meraihnya

Ada beberapa cara yang wajib dilakukan oleh para pebisnis ikan Koi supaya usahanya dapat lancar dan membuahkan hasil maksimal. Langkah-langkah tersebut telah dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan keuntungan dan menghindari kerugian. Berikut adalah cara sukses bisnis ikan Koi:

1. Melakukan Penyeleksian pada Indukan Ikan Koi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan penyeleksian terhadap indukan jantan dan betina ikan Koi. Pilih yang matang kelamin untuk induk jantan dan matang tubuh pada induk betina. Memiliki bentuk fisik bagus, tidak cacat, sisik dan siripnya lengkap serta bagus.

Selain itu, ikan Koi juga harus memiliki gerakan yang gesit, seimbang dan tidak kelelahan. Biasanya umur ikan Koi jantan yang baik adalah minimal 2 tahun, sedangkan betinanya minimal 3 tahun. Perut ikan betina akan terlihat lebih besar daripada punggungnya. Tetapi ikan jantan cenderung langsing.

2. Menyediakan Kolam Pemijahan

Berikutnya adalah menyediakan kolam pemijahan yang dibuat terpisah dari kolam taman tempat ikan tinggal semula. Kolam pemijahan harus memiliki sirkulasi air keluar masuk yang baik. Selain itu, permukaannya harus halus dan kering, sehingga harus dijemur dulu di bawah sinar matahari.

Kolam pemijahan sebaiknya terbuat dari bahan semen dengan permukaannya yang dibuat halus. Hal ini untuk menghindari sirip dan ekor ikan Koi patah atau rusak. Kemudian pastikan bahwa tempat peletakan kolam mendapatkan cukup sinar matahari.

3. Mempersiapkan Kolam

Karena kolam harus dalam keadaan kering, maka sebelum digunakan dalam proses pemijahan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian pada bagian pintu keluar masuk air diberikan saringan halus untuk mencegah larva ikan Koi hanyut terbawa air keluar kolam.

Menyediakan tempat ikan Koi menempelkan telurnya, ini bisa berupa tanaman atau bahan apa saja, salah satunya kakaban. Kakaban dibuat mengapung dengan menyusunnya di atas potongan bambu utuh. Tempat itu akan dipasang setelah kolam selesai diisi dengan air.

4. Memahami Cara Pemijahan Ikan Koi

Langkah berikutnya adalah induk dimasukkan sekitar kurang lebih pukul 3 sore. Proses pemijahan akan berlangsung pada tengah malam. Induk betina akan berenang mengelilingi kolam yang diikuti sang jantan di belakangnya. Induk jantan akan menempelkan badan ke betina ketika mengikutinya.

Pada waktu yang tepat, betina akan mengeluarkan telur dengan cara meloncat ke udara. Kemudian disusul oleh ikan jantan yang juga mengeluarkan cairan spermanya. Telur yang terkena sperma jantan akan menempel ke tempat tersedia. Pemijahan selesai di pagi hari dan telur harus dipisahkan.

Baca Juga Rahasia Cara Memelihara Ikan Koi Yang Baik

5. Memisahkan Ikan Jantan dan Betina dari Dalam Tempat Pemijahan

Cara sukses bisnis ikan Koi berikutnya yaitu, setelah proses pemijahan selesai pada pagi hari, maka Anda harus segera mengambil telur dan sperma yang sudah menempel pada kakaban kemarin. Karena, jika tidak segera diambil telur tersebut akan habis dimakan oleh induk-induknya itu.

Dalam proses pemijahan, tidak semua telur yang bercampur dengan sperma ikan jantan dapat menempel ke tempat tersedia. Ada sebagian jatuh ke kolam, tetapi yang sudah menempel itu akan sulit untuk lepas, hanya saja harus segera diambil dan dipisahkan dari induknya.

Untuk Anda yang tertarik dengan cara sukses bisnis ikan Koi, mungkin penjelasan dari Ikanesia ini akan sedikit banyak membantu dalam memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah yang benar.