Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Ternak Ikan Gurame Kolam Terpal

Cara Sukses Ternak Ikan Gurame Kolam Terpal - Ternak ikan gurame kolam terpal merupakan salah satu jenis usaha yang sampai pada saat ini masih banyak diminati. Hal tersebut dikarenakan, prospek penghasilannya cukup menjanjikan serta permintaan akan ikan gurame pun selalu ada.

Kiat-Kiat Sukses Ternak Ikan Gurame Kolam Terpal yang Perlu Anda ketahui

Menjadi pengusaha ternak ikan gurame kolam terpal bukanlah perkara yang sulit tapi juga bisa dikatakan tidak mudah. Ada banyak hal yang harus Anda pahami agar tak terjadi kesalahan dalam prosesnya. Berikut kiat-kiat sukses ternak ikan gurame kolam terpal.

1. Proses Pembuatan Kolam Terpal

Jika Anda berencana untuk membuka usaha ternak gurame kolam terpal dan sukses, maka langkah awal adalah harus mengetahui proses pembuatannya terlebih dahulu. Hal tersebut tak bisa dianggap remeh karena menjadi bagian penting dari kembang biaknya ikan gurame.

ternak ikan gurame kolam terpal


Kemudian, pahami tentang persyaratan mengenai lokasi pembuatan kolam. Mulai dari ketinggian sekitar 50-400 mdpl, suhu berkisar 24 hingga 30 derajat celcius. Perhatikan pula kondisi serta kualitas air bahkan harus paham akan kandungan oksigennya.

2. Memahami Perawatan Kolam Terpal

Melakukan perawatan pada kolam terpal sangatlah penting agar menghindari pengendapan atas bahan organik berlebih sehingga membuat kualitas air menjadi buruk. Selain itu, pastikan jumlah air terisi dengan tepat, tidak kurang dan lebih serta terus lakukan pemeriksaan ph air kolam.

Anda bisa menambahkan tumbuhan seperti eceng gondok atau pohon peneduh di area kolam untuk membuat suhu menjadi lebih stabil. Lakukan pembersihan secara berkala guna menjaga kualitas airnya, serta gunakan suplemen organik cair sekali dalam jangka waktu 10 hari.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula

3. Pemindahan Bibit Dari Bak Pendederan ke Kolam

Hal berikutnya yang harus Anda pahami mengenai ternak ikan gurame kolam terpal adalah proses pemindahan bibit dari bak pendederan ke kolam. Hal tersebut sangatlah penting karena mempengaruhi lanjut ke tahap pembudidayaan hingga mencapai hasil panen.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan air dalam bak secara perlahan. Gunakanlah alat bantu seperti scoopnet guna menangkap ikannya. Lalu, benih dimasukkan ke wadah yang sudah berisikan air dan diletakkan secara mengapung agar ikan beradaptasi dengan suhunya.

4. Perawatan Ikan Gurame

Tak hanya sampai disitu saja, jika Anda ingin sukses dalam usaha ternak ikan gurame kolam terpal, harus paham juga mengenai perawatan budidayanya. Untuk ikan yang kecil ataupun besar, perhatikan tentang sirkulasi serta kualitas airnya hingga cara memberikan pakan secara baik dan benar.

Ikan gurame ukuran kecil, pakan yang diberikan biasanya berupa palet halus sekitar 10% dari bobotnya. Namun, untuk ikan yang sudah berusia sekitar beberapa bulan, maka Anda dapat memberikan makanannya dengan daun talas, pepaya ataupun singkong serta dedek dan ampas tahu.

5. Proses Panen Ikan Gurame

Pada umumnya, masa panen ikan gurame yaitu sekitar 8 bulan dengan berukuran telapak tangan orang dewasa. Dalam proses panen, gunakanlah jaring halus ataupun langsung menggunakan kedua tangan agar tak merusak sirip karena dapat menurunkan kualitas serta harga jualnya di pasaran.

Perlu Anda ketahui cara memanennya agar tak merusak serta memperburuk kualitas dari ikan tersebut. Telusuri lah kolam secara perlahan kemudian angkat ikannya dan langsung masukkan kedalam wadah yang telah disiapkan.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara sukses ternak ikan gurame kolam terpal. Mulai dari tahap awal, perawatan hingga proses panennya. Sangat disarankan sebelum Anda benar-benar masuk kedalam usaha tersebut ada baiknya untuk memahaminya terlebih dahulu. Terimakasih.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :