Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lengkap Vitamin Ikan Gurame, Plus Jenis-jenis dan Harganya

Berbagai macam jenis vitamin ikan Gurame serta paham akan kegunaannya merupakan hal penting yang harus diketahui dan dikuasai oleh para peternak. Ada banyak manfaat juga kandungan di dalam suplemen tersebut guna membantu tumbuh kembang hingga hasil berkualitas dari ikan Gurame.

Beberapa Vitamin Ikan Gurame, Jenis-Jenis Dan Harganya

Budidaya ikan Gurame rasanya tak hanya sekedar menyiapkan kolam serta bibit ikan saja. Sebab beberapa hal yang harus Anda perhatikan termasuk asupan nutrisi, vitamin serta lainnya guna mendapatkan hasil melimpah serta ikan berkualitas. 

vitamin ikan gurame


Untuk menambah wawasan, berikut beberapa vitamin ikan Gurame beserta jenis dan harganya:

1. Blue Copper

Blue Copper merupakan salah satu jenis vitamin yang harus dimiliki pembudidaya ikan Gurame. Pasalnya, suplemen ini mempunyai banyak manfaat guna menjaga kualitas dari ikan. Mulai dari membasmi virus, jamur serta bakteri dan mampu menyembuhkan penyakit infeksi kulit bagian kepala.

Bukan hanya itu, jenis vitamin ini mampu meningkatkan nafsu makan serta menyembuhkan borok kulit atau sirip dengan cepat karena mudah larut. Ada beberapa petunjuk penggunaannya bergantung pada kebutuhan, mulai dari membunuh plankton hingga penyembuhan. Harga blue copper ialah Rp.16.000.

2. Tonasa

Jenis vitamin berikutnya yang harus dimiliki oleh peternak ikan Gurame sejak awal pembudidayaan adalah Tonasa. Hal tersebut dikarenakan, kolam sangat membutuhkan green water guna menumbuhkan plankton agar menjaga kualitas air dan juga menjadi pakan alami bagi ikan Gurame.

Tonasa bisa Anda jadikan pilihan alternatif sebagai vitamin guna menghijaukan kolam tanpa harus membuatnya secara manual. Selain itu, pertumbuhan plankton pun tak memakan waktu yang lama yaitu sekitar 3 sampai 4 hari. Jenis ini bisa ditemui di pasaran dengan harga berkisar Rp. 50.000.

3. Boster Planktop

Jenis vitamin ikan Gurame yang satu memiliki fungsi sama dengan Tonasa yaitu green water dan menumbuhkan plankton. Namun, sesuai harganya yaitu Rp. 23.000 dan itu lebih murah dari lainnya. Alhasil masa pertumbuhan dan penghijauan air kolam memakan waktu sekitar 5 sampai 6 hari.

Boster Planktop mengandung zat Carbon dan telah diproses dengan cara Enzimatis sehingga meningkatkan unsur hara pada tanah. Oleh sebab itu, pertumbuhan Phytoplankton menjadi lebih stabil karena kandungan organiknya. Vitamin jenis ini juga bisa dijadikan feed suplement tinggi akan nutrisi.

4. Viterna Plus

Viterna Plus merupakan salah satu suplemen untuk pakan ikan Gurame dengan olahan menggunakan bahan alami serta memiliki beragam zat lainnya. Jenis vitamin ini sangat penting dan berpengaruh akan tumbuh kembangnya karena dapat mempercepat pembesaran dan pertumbuhan ikan Gurame. Sehingga Ternak Ikan Gurame Sukses tinggal selangkah lagi bagi Anda.

Selain itu, manfaat lain dari Viterna Plus ialah dapat meningkatkan nafsu makan karena memberikan asupan nutrisi serta mengurangi angka kematian. Vitamin ini sangat berperan atas cepatnya waktu panen bahkan mampu menghasilkan daging ikan berkualitas. Harga di pasaran berkisar Rp. 45.000.

5. Vitamin EM4

EM4 merupakan sebuah vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan tumbuhnya bakteri pengurai bahan organik. Selain itu, dapat menekan pertumbuhan Patogen serta menstimulasi enzim pada pencernaan hingga menghasilkan air kolam berkualitas.

EM4 mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari ikan sehingga mengurangi angka kematian akibat suhu ataupun kondisi kolam lainnya. Selain itu, berpengaruh juga atas pertumbuhan ukuran pada ikan Gurame. Vitamin ini bisa Anda temukan di pasaran seharga Rp. 23.000 per liter.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa jenis vitamin ikan Gurame beserta harganya. Pada dasarnya, pembudidayaan ikan Gurame harus dilakukan dengan berbagai macam pengetahuan guna memahami unsur-unsur penting salah satunya yaitu tentang suplemen.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :