Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filter Air Ikan Koi Terbaik dan Cara Membuatnya

Ikanesia.id - Saat sudah punya kolam ikan Koi di rumah, Anda pasti juga harus merawatnya dengan baik dan benar. Salah satunya adalah dengan punya filter air ikan Koi yang mampu menjaga suhu dalam air tetap stabil, keasamaan, dan tentunya membuatnya tetap sehat sebagai rumah dari para ikan Koi ini.

Pengertian Filter Air Ikan Koi Secara Sederhana

Kebersihan dan kesehatan kolam ikan menjadi hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika yang dipelihara adalah jenis sensitif dan harus terus dipantau, Untuk itu sebaiknya Anda mulai memperhatikan adanya filter ikan Koi demi menjaga kolam tetap sehat bagi kehidupan di dalamnya.

Filter Air Ikan Koi

1. Kegunaan Filter Ikan

Sistem penyaringan atau filtrasi air mempunyai peran penting. Pasalnya itu menjadi salah satu faktor yang mendukung tumbuh kembang ikan Koi kesayangan Anda. Semahal dan sebagus apapun desain kolam jika tidak punya sistem filter dengan benar dan sesuai aturan maka ikan hanya dapat bertahan hidup sebentar saja. 

Filter air di dalam kolam ikan Koi dapat menjaga aroma air agar tidak mengeluarkan bau anyir, membuat kolam tetap baik, bersih dan sehat.

2. Hal yang Harus Diperhatikan

Jika filter tidak dibuat secara maksimal, maka akan mengakibatkan banyak sekali gangguan penyakit pada ikan hingga akhirnya para ikan yang hidup di dalamnya akan mati.

Air kolam yang bersih belum tentu sehat bagi para ikan. Bisa saja didalamnya terdapat banyak penyakit yang membuat ikan Koi tidak bisa berkembang dan tumbuh menjadi jumbo. Hal ini disebabkan tidak adanya sistem filter yang baik sehingga kotoran dari ikan menjadi racun bagi mereka.

Bagaimana Cara Membuat Filter Ikan Koi?

Saat ini masih sedikit sekali orang yang belum tau dengan sistem filter pada kolam ikan Koi. Sebenarnya untuk membuat bukanlah hal sulit, daripada beli lebih baik coba bikin sendiri saja. Ada beberapa panduan bagi Anda yang sedang mencoba membuat kolam bersih dan sehat menggunakan filter.

Sediakan bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah:

  • Kapas Filter
  • Bayu Zeolit
  • Karbok Aktif
  • Ferrolite
  • Pasir Silika
  • Wadah Kosong
  • Pompa Air

Langkah-langkah membuat filter air:

  • Tahap 1

Letakkan kapas filter pada bagian bawah wadah yang kosong. Gunanya adalah sebagai media penyaringan terakhir dari air kotor. Tolong pakai kapas khusus untuk filter jangan jenis lain yang tipis dan tidak punya daya serap tinggi.

  • Tahap 2

Kemudian tutupi langsung permukaan kapas dengan batu zeolite. Pakai ukuran yang besar-besar saja agar tidak membuka dan kabur terkena angina. Tutupi semua bagian hingga merata dan tidak ada celah.

  • Tahap 3
Setalh itu, bisa tambah  lagi kapas ke batu zeolit, namun lapisan kali ini boleh lebih tipis dibandingkan yang pertama, karena fungsinya adalah sebagai sekat saja antara bahan penjernih yang lain.
  • Tahap 4

Lapisan selanjutnya adalah membuat kapas filter tertutup sempurna dengan karbon aktif. Pakai karbon jangan terlalu banyak, asal cukup saja. Kegunaannya adalah untuk menghilangkan bau dan rasa ta sedap pada air saat proses penjernihan berlangsung

  • Tahap 5

Buat lapisan lagi yakni menutupi karbon aktif dengan kapas filter. Bagian ini bisa lebih tipis lagi dibandingkan yang kedua. Karena saringan pertama nanti hanya diperuntukkan untuk kotoran ikan saja, selebihnya akan mengendap ke kapas paling awal.

  • Tahap Terakhir

Terakhir adalah meletakkan ferrolite diatas karbon filter, kemudian tutup kembali dengan kapas filter. Gunanya yakni menghilangkan unsur besi yang terkandung dalam kolam, sehingga air tetap bersih dan sehat.

Langkah-langkah membuat filter air ikan Koi diatas tadi pasti bisa Anda lakukan sendiri di rumah Intinya jangan sepelekan kondisi air dalam kolam. Menurut ikanesia.id jika ingin ikan sehat maka pakai filter saja. Semoga bermanfaat

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :