Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Cupang Halfmoon dan Cara Merawatnya yang Wajib Kalian Coba

Cupang Halfmoon menjadi salah satu jenis ikan hias yang mahal dan memiliki keindahan yang memukau. Anda dapat menemukannya di berbagai tempat penjualan ikan hias. Akan tetapi, tidak semua orang paham cara merawat ikan Cupang Halfmoon.

Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon adalah ikan Cupang jenis hias dengan harga yang cukup mahal dan memiliki keindahan yang sangat memukau. Menurut sejarahnya ikan tersebut ditemukan oleh peternak yang berasal dari Amerika Serikat di tahun 1982.

Harganya cukup fantastis dan menggiurkan untuk para peternaknya. Untuk harga ikan dewasa bisa dibanderol dengan uang Rp. 500.000/per ekornya. Sedangkan anakannya bisa mencapai harga Rp. 40.000 untuk satu ekornya saja.

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara ikan, maka harus juga mengetahui cara-cara merawatnya dengan baik. Ini tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan dari hewan satu ini. Berikut adalah cara-cara perawatan ikan halfmoon yang tepat dan benar.

Ikan Cupang Halfmoon

1. Memilih Ukuran Wadah yang Pas

Hal utama dan paling awal adalah menyiapkan wadah ikan Cupang Halfmoon. Pilih tempat dengan ukuran yang kecil dan mudah dalam membersihkannya. Kemudian tambahkan batu-batu kecil dan tanaman palsu untuk menambah nilai keindahannya.

Pastikan ukuran wadahnya tidaklah terlalu besar, sehingga lebih memudahkan ketika proses pembersihan dan penggantian airnya. Pilih ukuran paling kecil, sekitar 20x15x15 cm saja, sebab ukuran ikan Cupang memang kecil dan mungil.

2. Menyiapkan Air Bersih

Selanjutnya adalah menyiapkan air bersih. Anda bisa menggunakan air sumur, hujan atau air PAM. Tetapi sebelum itu, lakukan proses pengendapan terlebih dahulu. Ini untuk mengendapkan kuman-kuman pada air, supaya tidak mengganggu kesehatan dan mempengaruhi ikan nantinya.

Lakukan penggantian terhadap air dalam aquarium, paling tidak dua hari sekali agar ikan tetap nyaman dan terjaga kesehatannya. Ikan ini tidak dapat hidup di tempat yang kotor dan tidak terawat. Oleh karenanya, sangat penting untuk melakukan pergantian air secara berkala dalam wadahnya.

3. Memperhatikan Volume Air

Setelah mengisi air, jangan lupa untuk memperhatikan volume air dalam wadah tersebut. Kemudian isi secukupnya saja. Tidak perlu terlalu banyak, bahkan hingga terisi penuh. Karena jenis ikan cupang ini masuk ke dalam ikan yang aktif. Itu artinya ada kemungkinan jika terlalu banyak, air bisa tumpah.

Oleh sebabnya, isi air dalam aquarium secukupnya saja. Paling tidak setengah dari wadah tadi. Ini juga akan memudahkan Anda ketika membersihkan dan menggantinya. Air yang digunakan juga harus selalu air bersih untuk menjaga kondisi tubuh dan kesehatan hewan ini.

4. Memperhatikan Cara Memasukkan dan Memindahkan Ikan Cupang

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah memperhatikan bagaimana cara memasukkan dan memindahkan ikan Cupang. Semua itu dilakukan untuk menjaga sirip dan ekornya agar tidak mudah patah. Termasuk juga agar ikan tidak mudah mati atau sakit.

Anda bisa menggunakan saringan atau jarring untuk memindahkannya. Lakukan dengan hati-hati, karena sirip dan ekor ikan Cupang sangat mudah patah. JIka sudah patah atau sobek, maka butuh proses cukup lama untuk mengembalikannya seperti semula.

5. Menjemur Ikan Cupang Sesekali

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk merawat ikan Cupang adalah melakukan penjemuran ikan Cupang sesekali. Ini untuk membunuh bakteri-bakteri dan kuman pada tubuh dan wadah. Supaya, ikan juga bisa lebih segar dan sehat.

Warna ikan juga akan terlihat lebih terang dan cantik setelah dilakukan penjemuran itu. Ini adalah beberapa hal mengenai ikan Cupang Halfmoon. Penjemuran ini cukup dilakukan sekali saja dalam beberapa waktu.

Demikian penjelasan mengenai ikan Cupang Halfmoon. Anda dapat memperoleh lebih banyak informasi lainnya dengan memanfaatkan kemudahan internet saat ini. Atau dengan mengunjungi tempat penjualan dan bisnis ikan Cupang.