Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ikan Koi Bali dan Kelebihannya yang Menawan

 Ikan Koi Bali - Ikan Koi Bali memiliki banyak jenis lokal dengan banyak peminat. Penggemar dan pemasarannya juga tidak kalah dengan ikan Koi internasional. Meskipun disebut sebagai produk lokal, hewan air satu ini masih memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Jenis-jenis Ikan Koi Bali

Jenis-jenis ikan Koi Bali sangatlah beragam. Mulai dari warna dasar, corak, bentuk, ukuran dan hal lainnya. Kebanyakan orang yang ingin memelihara hewan air ini, pasti hal utamanya adalah warna dan corak khasnya. Berikut adalah jenis-jenis ikan Koi Bali:

Ikan Koi Bali

1. Kohaku

Kohaku menjadi salah satu jenis ikan Koi Bali yang cukup sederhana. Memiliki warna dan corak berwarna putih dan merah. Jenis ini dikatakan sebagai ikan Koi paling sederhana dalam hal pola di tubuhnya, tetapi penilaiannya justru sangatlah ketat.

Penggemar ikan jenis Kohaku ini sangatlah banyak. Umumnya, orang-orang tidak akan memilih ikan jenis ini dengan warna dasar putih saja dan tak memiliki corak warna merah di kepalanya. Kebanyakan menganggapnya tidak menarik sama sekali untuk dijadikan ikan hias.

2. Ikan Cupang Black Koi

Ikan cupang black Koi merupakan ikan Koi dengan bentuk yang tidak seperti ikan Koi itu sendiri. Tetapi, warna sisiknya hampir menyerupai ikan Koi. Karena keunikannya ini, jenis ini memiliki harga yang cukup mahal dan fantastis.

Harganya sangat bervariasi, tergantung kualitas dan bentuk serta ukuran ikan. Harga kisarannya yakni ratusan ribuan, tetapi setiap warna dan kualitasnya dibanderol berbeda-beda. Tetapi, harga fantastis ini setara dengan keindahan dan kecantikannya.

3. Ikan Koi Platinum

Ikan Koi platinum memiliki warna silver seperti platinum di tubuhnya. Warna dasarnya adalah silver, sangat cantik dan menawan. Meski hanya memiliki satu warna saja di badannya. Harganya sekitar cukup fantastis, tetapi sesuai dengan keunikannya ini.

Warna silvernya yang sangat menawan dan begitu mewah dan mirip seperti platinum di tubuhnya itu menjadikannya banyak diminati para pecinta ikan hias. Ciri khas dari ikan ini adalah tidak adanya corak atau warna merah dan putih di tubuhnya itu.

Kelebihan-Kelebihan dari Ikan Koi Bali

Ikan Koi Bali memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Baik dari lokal maupun mancanegara. Bukan hanya itusaja, karena keunikannya ini menjadikannya memiliki harga jual cukup tinggi. Berikut adalah kelebihan-kelebihannya:

1. Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Ikan Koi menjadi salah satu jenis ikan yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jenis ini bisa hidup di berbagai tempat. Tetapi, sebaiknya ketika melakukan perpindahan tempat lakukan dengan perlahan-lahan agar ikan tidak terkejut dengan perubahannya.

Koi Bali dapat dipelihara di tempat sempit, sehingga sangat cocok diletakkan di dalam akuarium atau toples. Bahkan keuntungannya, jika tempatnya sempit, Anda tidak perlu melakukan penggantian air hampir setiap hari. Namun, tetap harus memperhatikan penyaringan.

2. Warna Ikan Koi Bali dapat Mempengaruhi Harganya

Warna dari ikan Koi yang menarik dan jarang ditemui akan sangat berbeda dengan ikan Koi biasa bercorak umum. Harganya tentu saja jauh lebih mahal dibandingkan dengan varietas lain. Biasanya dibanderol mulai dari puluhan hingga ratusan ribu, bahkan hingga menembus jutaan rupiah.

Semuanya tergantung pada warna dan corak yang dimiliki ikan hias tersebut. Semakin cantik dan langka corak dan warnanya, maka akan semakin mahal juga harga untuk tiap ekornya. Keindahan warna ini dipengaruhi oleh kualitas anakan dan induknya.

3. Perawatannya Cukup Mudah

Hal paling penting dan menyenangkan ketika memelihara ikan Koi adalah cara perawatannya yang cukup mudah. Anda tidak perlu sering-sering mengganti air dalam tempat pemeliharaan, jika tempatnya sempit. Hanya saja tetap perhatikan filtrasi untuk penyaringannya.

Cara pemberian makannya juga tidaklah sulit. Tidak perlu memberi makan banyak pada ikan Koi, berikan makanan sedikit demi sedikit. Tetapi, lakukan hal ini sesering mungkin agar ikan ini tidak sampai kelaparan dan mati.

Demikian penjelasan dari ikanesia.id mengenai Ikan Koi Bali. Anda dapat memperoleh lebih banyak informasi lainnya dengan memanfaatkan peluang bisnis atau mengunjungi peternakan ikan hias di sekitar tempat tinggal.