Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Anak Ikan Koi agar Cepat Besar dan Indah

Makanan Anak Ikan Koi - Mayoritas orang pasti sudah mengetahui ikan Koi, bentuk-bentuknya dan warnanya. Ikan ini dikaitkan dengan keberuntungan ini mempunyai corak warna yang cantik. Bahkan, juga mampu membuat orang tertarik untuk memeliharanya. Akan tetapi, saat pemeliharaan Ikan Koi ini Anda harus mengetahui mengenai makanan anak ikan Koi yang tepat.

Makanan-Makanan Anak Ikan Koi Supaya Bisa Cepat Besar

Beberapa makanan anak Koi yang bisa membantunya supaya dapat tumbuh cepat dan besar memang cukup banyak. Tetapi cara pemberian makanannya juga tidak boleh sembarangan. Ini untuk menjaga kesehatan dan warnanya. Berikut beberapa rekomendasinya:

Makanan Anak Ikan Koi

1. Larva

Larva atau telur nyamuk adalah makanan dengan kandungan sangat baik untuk tumbuh kembang ikan Koi. Ini merupakan salah satu pakan alami. Alhasil, sangat cocok untuk dikonsumsi para ikan Koi yang baru menetas dan masih berukuran sangatlah kecil.

Umumnya pemberian larva dilakukan kepada ikan Koi yang telah berusia 3 hari. Karena setelah penetasan ikan-ikan memiliki pakan alami sendiri. Makanan itu adalah egg yolk atau kuning telur sisa dari proses menetasnya tadi.

2. Organisme Kecil

Berikutnya adalah organisme kecil. Maksud makanan ini seperti kutu air, alga dan ganggang juga. Pakan ini sangat coock diberikan pada ikan Koi dengan ukuran badan 1 cm. Pemberian pakan berupa kutu bisa dihentikan ketika ikan Koi sudah tumbuh sepanjang 1,5 cm.

Karena ketika anak ikan Koi sudah memiliki panjang tubuh 1,5 cm, maka ikan-ikan tersebut telah siap untuk dipindahkan ke dalam akuarium pemeliharaan. Selanjutnya para ikan ini akan masuk pada tahap yang lebih ketat lagi, yakni pemeliharaannya hingga cukup dewasa.

3. Cacing Sutra

Salah satu makanan anak Koi saat masih kecil adalah cacing sutra. Pakan ini diberikan ketika ikan sampai pada tahap pemeliharaan dan memiliki panjang 1,5 cm. Seperti namanya, cacing jenis ini memiliki ukuran sangat lembut dengan warnanya yang merah menyala.

Setelah ikan berusia mulai beranjak besar barulah pemberian pakan akan ditambahkan dengan pelet dan berbagai jenis pakan tambahan lain. Semuanya tergantung pada pemilik ikan-ikan tersebut. Pemilihan pakan terbaik dapat membantu lebih cepat proses pertumbuhannya.

4. Makanan Berprotein Tinggi

Ketika ikan Koi masih anak-anak, pemiliknya dapat memberikan makanan dengan kandungan protein tinggi untuk mereka. Pakan yang mengandung protein dianggap bisa meningkatkan pertumbuhannya supaya bisa lebih cepat besar.

Saat usia perkembangan, protein memegang peranan penting untuk material yang perlu dibakar jadi tulang serta daging. Alasannya, supaya anak-anak ikan Koi tersebut lebih mudah untuk mengkonsumsinya. Apalagi dengan ukuran masih sangat kecil itu.

Baca Juga : Peluang Usaha Budidaya Ikan Koi

5. Pakan Buatan untuk Anak Ikan Koi

Ada banyak macam jenis makanan buatan atau pelet untuk makanan anak ikan Koi. Seperti pakan spesial untuk membantu meningkatkan perkembangannya saja, tetapi beberapa juga ada yang digabungkan dengan pakan pencerah warnanya.

Bahan pertimbangannya di sini adalah kandungan yang ada dalam pakan pelet tersebut. Salah satunya adalah kandungan probiotik. Ini sangat membantu melindungi keadaan ikan secara terus menerus. Lebih mudahnya, ikan tidak gampang jatuh sakit.

6. Pelet dengan Kandungan Spirulina dan Wheat Germ

Selain memilih pelet yang mempunyai kandungan probiotik. Anda juga harus memilih pakan yang mempunyai tambahan spirulina. Ini sangat berguna untuk membuat sisik ikan Koi tampak lebih shiny. Dengan begitu, tampilannya akan terlihat semakin menarik.

Sementara itu kandungan wheat germ sendiri dapat membantu Anda untuk membuat badan atau tubuh ikan semakin putih. Bahkan juga lebih cerah. Sisiknya akan semakin indah dan bersinar. Dengan begitu, warnanya juga akan semakin cantik dan mempesona.

Bagi Anda yang tertarik dengan makanan anak Koi ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk memberikan pakan pakan pilihan untuk hewan satu ini. Dengan Pemeliharaan yang baik maka ikan Koi berharga mahal bukanlah hanya mimpi. Dengan begitu, pertumbuhannya juga akan semakin cepat dan maksimal. Sekian informasinya dan semoga dapat bermanfaat. salam wirausaha dari kami ikanesia. 

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Makanan Anak Ikan Koi agar Cepat Besar dan Indah"

close