Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengobatan Ikan Koi Beserta Harga Lengkapnya

Cara pengobatan ikan Koi bisa dilakukan dengan menggunakan berberapa metode. Tentunya juga dengan memperhatikan fungsi-masing-masing obat dan cara-cara penggunaanya dengan seksama. Dengan begitu akan didapatkan manfaat dari pengobatan yang dilakukan secara maksimal.

Beberapa Pengobatan Ikan Koi dan Harganya

Macam-macam obat ikan Koi kini telah banyak hadir. Anda bisa menemukannya di berbagai toko penjual ikan, toko aquarium ikan atau juga toko yang khusus menyediakan peralatan untuk keperluan ikan. Berikut adalah beberapa pengobatan ikan Koi dan harganya.

pengobatan ikan koi


1. PK Ikan Koi

PK adalah oksidator kuat yang kerap kali dipakai untuk mengobati ikan karena ektoparasit dan bakteri. Utamanya pada ikan dalam kolam, salah satunya yakni Koi. Penggunaan Pk sangat efektif untuk menghilangkan flukes. Gyrodactylus dan dactylus dapat hilang dalam waktu 8 jam saja.

Di sisi lain, juga dimanfaatkan sebagai desinfektan luka, bisa mengurangi aeromonas hingga 99% dan bakteri gram negatif lainnya. Kemudian juga bisa membunuh saprolegnia. Harga untuk obat PK dengan kemasan cup berisi 5 gram adalah Rp. 5.000 saja.

2. Elbayou Erbajo

Elbayou berbentuk obat bubuk untuk ikan hias, salah satunya ikan Koi. Memiliki kandungan bahan aktif nifurstyrenat sodium yang sangat ampuh untuk columnaris dan aeromonas. Kedua bakteri itu bisa mengakibatkan infeksi bakteri lainnya. Bahan dari obat ini sangat mudah untuk diserap tubuh.

Untuk pengobatan pada ikan Koi hanya perlu memasukkan 5-10 gram bubuknya ke dalam 1000 liter air. Penggunaanya dengan cara merendam ikan yang akan diobati selama 24 jam lamanya. Harga dari produk dengan kemasan 60 gram ini adalah Rp. 150.000.

3. Pomate Singapore

Pomate Singapura cukup ampuh untuk mengobati beberapa macam penyakit pada ikan Koi. Misalkan fungus (jamur), white spot, finrot, cloudy eyes dan masih banyak lagi. Selain itu, obat ini juga kerap kali dipakai untuk pencegahan berbagai penyakit pada ikan Koi pada saat pengiriman.

Bentuk obat ini adalah berupa bubuk halus berwarna kuning cerah. Ketika dilarutkan dalam air, maka akan berubah menjadi kucing cerah. Tidak heran ketika melakukan pengiriman ikan Koi, air dalam kantong plastiknya berwarna kekuningan. Harganya untuk kemasan 20 gram adalah Rp. 44.000.

4. Dimilin Concentrate

Dimilin concentrate sangat ampuh dalam pengobatan ikan Koi untuk membebaskan ikan dan kolam Koi dari kutu dan parasit yang menempel. Ikan Koi kerap kali mudah terkena serangan parasit dari lingkungan tempat tinggalnya. Maka dari itu diperlukan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Penggunaan obat ini dalam satu kemasannya adalah tiap 1 gramnya bisa digunakan untuk 1 ton air. Cukup banyak bukan, lebih hemat dan tidak tidak terlalu rumit dalam pengaplikasiannya. Harga dari obat dengan kemasan berisi 10 gram ini adalah Rp. 50.000.

5. Ridflash

Selanjutnya adalah rid flash dengan kandungan antelmintik yang efektif untuk mengatasi serangan parasite skin flukes dan gill flukes pada ikan Koi. Dapat membasmi cacing dactylogyrus sp dan gyrodactylus sp yang bisa menyebabkan iritasi dan penyakit pada ikan hias air tawar.

Pengganaan yang disarankan dari produk obat satu ini adalah tiap 2 ml digunakan untuk 100 liter air. Kemudian lakukan hal demikian kembali pada hari kelima. Pengulangannya dapat dilakukan 1-2 kali sesuai dengan kebutuhan. Harga untuk kemasan 100 ml adalah Rp. 135.000.

Bagi Anda yang tertarik dengan pengobatan ikan Koi, maka informasi dari ikanesia ini akan sangat berguna. Karena di dalamnya memuat beberapa jenis obat-obatan untuk ikan lengkap dengan harga untuk tiap kemasannya.