Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit pada Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Ikan Koi yang menjadi salah satu ikan hias kegemaran banyak orang juga bisa mengalami beberapa macam penyakit. Tentu saja penyakit pada Ikan Koi itu adalah gejala yang menyerang ikan dengan jenis yang sama juga. Maka, perlu penanganan khusus untuk mengobatinya agar lekas membaik.

Macam-Macam Penyakit pada Ikan Koi

Penyakit-penyakit ikan jenis ini biasanya datang dari lingkungannya atau kurang bersihnya kolam. Atau bisa juga karena faktor lainnya, seperti adanya ikan lain yang sakit. Berikut adalah macam-macam penyakit ikan Koi dan pengobatannya.

penyakit pada ikan koi

1. Ich

Salah satu jenis penyakit yang umum diderita ikan jenis Koi adalah ich (WS atau penyakit white spot). Protozoa mulai tumbuh di kolam dan kemudian menempel pada insang Koi ketika sudah dewasa. Parasit ini awalnya muncul dengan bentuk seperti butiran garam di tubuh ikan ini.

Ich berpotensi membunuh ikan-ikan kecil, utamanya dalam kolam yang banyak isinya. Selain itu, penyakit ini juga bisa menjadi pemicu infeksi bakteri lain pada ikan  tersebut. Biasanya penyebabnya adalah kualitas air kolam yang buruk.

2. Dropsy

Ikan yang terkena penyakit dropsy menunjukkan tanda adanya pembengkakan atau pengangkatan sisiknya. Kemudian matanya sering menonjol. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera pisahkan tempat ikan tersebut dengan yang lainnya.

Diperlukan pemeriksaan yang cermat dan teliti untuk mengetahui gejala-gejala tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengetahuinya sedini mungkin dan ikan pun dapat memperoleh penanganan yang lebih cepat untuk bisa mengobatinya.

3. Busuk Ekor

Berikutnya yakni penyakit ekor atau sirip ikan membusuk yang menjadi penyakit ikan Koi. Ini bisa jadi disebabkan oleh adanya stress pada ikan. Atau bisa juga karena buruknya kualitas air. Akibatnya daya tahan tubuh ikan Koi menjadi lemah dan mudah sakit.

Setelah ikan melemah, bakteri yang sudah menempel tersebut akan bisa menyebabkan kerusakan-kerusakan fisik pada sirip ataupun ekor ikan Koi. Maka dari itu, bagian tubuh itu menjadi busuk. Hal ini menyebabkan ikan Koi menjadi tidak cantik tampilannya. 

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Koi Yang Baik Dan Benar

Cara-cara Mengobati Penyakit pada Ikan Koi

Setelah mengetahui beberapa macam penyakit pada ikan Koi, ada baiknya Anda juga mempelajari cara-cara pengobatannya. Dengan begitu, jika salah satu dari jenis penyakit ini menyerang, sebagai pemilik sudah memahami tindakan yang harus dilakukan.

1. Cara Pengobatan Penyakit Ich

Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit ich ini. Pertama adalah dengan menambah konsentrasi garam pada kolam ikan karantina. Jumlahnya sekitar 0,5% saja selama beberapa hari ke depan. Kemudian di waktu yang sama juga menaikkan suhu air secara bertahap hingga 26° C.

Tingkatkan juga aerasinya dan lakukan karantina pada ikan hingga 2 minggu atau 14 hari lamanya. Cara kedua yakni dengan melibatkan penggunaan malachite green dan formalin. Gunakan keduanya secara bersamaan atau hanya menggunakan malachite green saja sudah cukup.

2. Cara Pengobatan Dropsy dan Busuk Ekor

Dropsy kurang lebih seperti penyakit terminal, yakni keadaan saat ikan kembung dengan kondisi sisiknya terangkat. Artinya, ikan mengalami gagal ginjal dan hati. Pencegahan yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan MedFinn atau Debride RX.

Berikutnya adalah penanganan penyakit busuk ekor, Anda bisa melakukannya dengan mengganti air 30-50% dari kolam ikan. Penggunaan Melafix juga dapat membantu mengatasi banteri itu sendiri. Tambahkan garam juga pada kolam untuk mempercepat prosesnya.

Baca Juga : Mengenal Sistem Peredaran Darah Pada Ikan

Untuk Anda yang tertarik dengan penyakit pada ikan Koi, ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengetahui apa saja penyakit yang bisa menyerang ikan jenis ini. Sekaligus juga mengetahui cara-cara pengobatannya.