Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Ikan Cupang Singapore dan Cara Merawatnya

 Ikan Cupang Singapore menjadi salah satu dari jenis ikan dengan harga mahal yang cocok untuk dipelihara. Ini adalah jenis ikan yang sangat banyak diminati untuk dipelihara untuk dipelihara dan dinikmati kecantikannya. Bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Cara Merawat Ikan Cupang Singapore

Ikan Cupang Singapore adalah jenis ikan Cupang yang berasal dari negeri Singapura itu sendiri. Ikan ini adalah ikan import yang memiliki harga cukup fantastis. Tetapi, hal ini tentu sebanding dengan kecantikan tubuhnya dan warnanya.

Anda dapat menemukan ikan Cupang jenis ini di banyak penjual ikan hias. Harganya yang terbilang cukup mahal dan merupakan produk impor menjadikannya tidak terlalu umum diketahui masyarakat. Tetapi, memang sudah ada beberapa orang yang mengoleksinya.

Ada beberapa cara merawat ikan Cupang Singapore yang harus Anda perhatikan. Karena semuanya mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang diri hewan tersebut. Berikut adalah penjelasan ikanesia.id terkait cara merawat ikan Cupang Singapore dengan baik.

Ikan Cupang Singapore

1. Mencari Wadah yang Tepat

Untuk merawat ikan Cupang tentu dibutuhkan wadah yang tepat. Persiapkan tempat pilihan Anda sebagai rumah hewan kecil cantik ini. Kebanyakan orang memanfaatkan aquarium dengan ukuran yang beragam, tetapi sebaiknya gunakan bentuk kecil saja.

Ukuran aquarium yang kecil ini memberikan manfaat berupa kemudahan untuk memindahkan dan membersihkannya. Karena untuk menjaga kesehatan ikan, Anda perlu melakukan pembersihan kandangnya secara rutin.

Baca Juga : Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus


2. Memperhatikan Jenis Airnya

Setelah menyiapkan wadah, hal berikutnya yang wajib diperhatikan adalah air dalam akuarium tersebut. Kondisi air dalam tempat tinggal ikan Cupang sangatlah mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Hewan satu ini tidak akan bisa hidup di air kotor.

Anda bisa memanfaatkan air bersih dari sumur atau PAM yang telah diendapkan terlebih dahulu, paling sedikit semalaman. Ini agar zat-zat kimia pada air dapat mengendap dan air tidak berbahaya untuk ikan-ikan Cupang dalam aquarium.

3. Rutin Membersihkan Aquarium

Seperti penjelasan di awal tadi, kebersihan dari wadah menjadi hal yang sangat dan harus diperhatikan dengan benar. Maka dari itu lebih efisien dan bagus menggunakan tempat dengan ukuran paling kecil, apalagi ukuran ikan hias satu ini juga tidak cukup besar.

Penggunaan akuarium kecil akan dapat memudahkan pemiliknya untuk melakukan proses penggantian air dan pembersihan kandang. Air yang digunakan juga haruslah terjamin kebersihannya, agar ikan dapat hidup dan tidak berbahaya bagi hewan-hewan tersebut.

4. Meletakkan Daun Ketapang dalam Aquarium

Selain menjaga kebersihan air, Anda harus meletakkan daun ketapang di dalam aquarium tempat tinggal jenis ikan cupang tersebut. Daun ketapang tersebut dapat bermanfaat sebagai antibiotik alami yang berguna untuk proses penyembuhan luka pada hewan ini.

Biasanya ketika akuarium diberi daun ketapang, daun ini akan berubah warna menjadi kucing. Penggunaan jenis daunnya juga harus diperhatikan, sebaiknya pakai daun dari daerah pesisir pantai. Warnanya tidak bisa berubah dan kualitasnya juga jauh lebih bagus.

5. Menjemurnya di Bawah Sinar Matahari Sesekali

Melakukan penjemuran ikan Cupang di bawah sinar matahari berguna untuk membunuh jamur dan bakteri dalam kulit atau aquarium ikan Cupang. Bahkan, ikan juga akan terlihat lebih segar dan tidak mudah stress. 

Sebaiknya jemur ikan pada jam 8-10 pagi saja, kira-kira 30 menitan. Karena pada waktu ini, belum terdapat sinar ultraviolet yang cukup tajam dan berbahaya, sehingga sangat cocok digunakan untuk melakukan penjemuran. Anda bisa melakukannya 1-2 kali saja dalam sepekan.

Demikian penjelasan mengenai ikan Cupang Singapore dan bagaimana cara merawatnya. Anda dapat mengetahui lebih banyak informasi lainnya dengan mengunjungi berbagai situs di internet. Atau bisa juga dengan datang ke penjual hewan ini dan menanyakannya secara langsung.
 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :