Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ternak Ikan Gurame agar Sukses Besar

Ikanesia.id - Tips ternak ikan Gurame menjadi kata kunci sangat tepat untuk Anda yang sedang ataupun baru memulai bisnis tersebut. Permintaan serta minat akan Ikan Gurame untuk dijadikan menu kuliner favorit. Melihat fenomena itu membuka peluang usaha ini cukup menjanjikan dalam meraup keuntungan.

Tips Ternak Ikan Gurame Agar Sukses Besar Untuk Para Pemula

Untuk bisa memulai bisnis ini, modal yang Anda butuhkan pada umumnya berkisar Rp.10 jutaan. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai macam keperluan termasuk pembuatan kolam, membeli benih dan lainnya. Namun terlepas dari, diperlukan juga pengetahuan tentang ilmunya. Berikut tipsnya.

tips ternak ikan gurame

1. Membuat Kolam Ikan Gurame

Pada umumnya, kolam budidaya ikan Gurame terbuat dari terpal yang bisa Anda dapatkan di pasar, atau alternatif lainnya yaitu plastik tebal serta transparan. Kemudian buatlah dinding guna menopang kolam dengan memanfaatkan tumpukan batu bata berukuran 4x2x1 meter.

Setelah dinding dipastikan telah dibangun dengan kuat dan aman, maka letakkanlah terpal dibagian kolam tersebut. Kemudian bersiaplah untuk mengisi air. Jika Anda merasa kurang paham dalam proses pembuatannya, ada baiknya untuk meminta seseorang yang ahli dibidang ini.

2. Pengisian Air Kolam Ikan Gurame

Dalam proses pengisian air ke kolam tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti volume air jangan sampai kurang dari 50 sampai 75 cm serta kejernihan dan kualitasnya juga.

Setelah kolam tersebut Anda isi dengan air sesuai pada ketentuan, benih ikan Gurame tidak bisa langsung dimasukkan saat itu juga. Tunggulah kurang lebih satu minggu dan bibitnya pun harus berusia dua bulan agar mampu bertahan hidup di kondisi suhu kolam terpal.

3. Jumlah Benih Ikan Gurame dan Pemberian Pakan

Tips ternak ikan Gurame berikutnya adalah mengetahui jumlah bibit ikan Gurame dalam satu kolam berkisar 200 ekor. Usahakan jangan sampai kelebihan kapasitas karena hal tersebut akan mempengaruhi tumbuh kembang dari ikan Gurame nantinya.

Kemudian, pastikan jenis pakan yang diberikan sesuai dan berkualitas. Selain itu, ketahui juga kapan waktu pemberian pakan ikan Gurame secara tepat. Biasanya hal tersebut dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi serta sore hari.

4. Menambahkan Eceng Gondok

Penambahan eceng gondok di kolam yang dilakukan oleh para peternak bukanlah tanpa alasan. Tumbuhan tersebut memiliki peran penting dalam hal menjaga suhu kolam agar tetap pada kondisi stabil. Pasalnya, eceng gondok mampu mencegah sinar matahari untuk masuk secara langsung.

Suhu pada kolam merupakan faktor penting dari budidaya ikan Gurame. Apabila panas berlebihan, maka risiko kegagalan akan sangat besar, begitu pula jika dingin. Oleh sebab itu, eceng gondok mencegah hal itu terjadi dengan cara menahan sinar matahari.

5. Mencegah Penyakit

Untuk hal yang satu akan sangat mempengaruhi harga jual di pasaran nantinya, oleh sebab itu kesehatan harus dijaga dan diutamakan. Usahakan memberikan sanitizer ke kolam sekali dalam jangka waktu dua minggu.

Hal tersebut bertujuan untuk membunuh kuman serta parasit yang ada di dalam kolam. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan kolam secara berkala agar kualitas kolam tetap terjaga. Jika semuanya diabaikan, maka jangan berharap ikan dapat dijual dengan harga tinggi bahkan risiko gagal panen.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa tips ternak ikan Gurame untuk para pemula agar bisa sukses besar dan meraup banyak keuntungan. Pada dasarnya, pengetahuan lebih tentang cara ternak ikan Gurame akan menjadi nilai tambah Anda sebagai pengusaha.