Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Beserta Gambarnya

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar - Kita ketahui bahwa ikan hias itu hanya dapat di pelihara untuk pajangan aquarium dan juga banyak sekali jenis ikan hias air tawar tersebut. Seperti nama nya jenis ikan hias tidak dapat di konsumsi melainkan hanya untuk di pelihara sebagai hiasan. Ada banyak sekali jenis ikan hias air tawar bahkan sampe ribuan jumlah nya, beraneka ragam jenis, warna dan rupa yang sangat mempesona.


Ikan Hias Air Tawar

Ciri khas ikan hias adalah corak warna nya yang cantik, apabila ikan biasa mempunyai satu warna berbeda dengan jenis ikan hias ini bisa memiliki campuran warna mulai dari belang hingga badan nya penuh warna yang bagus saat dilihat.

Ikan hias memiliki 2 jenis yaitu: Ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Banyak orang yang suka memelihara ikan hias air tawar di karena kan rawatan nya cukup mudah dan bentuk nya pun sangat bagus, jadi tak heran jika ikan hias jenis ini selalu jadi rebutan para penghobi ikan khusus nya ikan hias air tawar.

Baca Juga : Tips Memeilih Ikan Hias Untuk Pemula

Dalam artikel ini akan di bahas jenis-jenis ikan hias yang ada di air tawar, supaya kamu yang sedang ingin mencari refrensi untuk mulai memelihara nya, jadi tidak usah bingung.

Jenis-jenis ikan hias air tawar

1. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Jenis ikan hias pertama adalah ikan guppy yang sangat popular di penghobi ikan hias. Karena bentuk nya yang kceil, ekor yang panjang membentuk seperti kipas dan warna yang beraneka ragam membuat ikan guppy ini jadi salah satu isi aquarium yang wajib sebagai ikan hias.

Selain itu ikan hias jenis ini sangat mudah di kembang biakan untuk beranak pinak sehingga yang menyukai nya pun banyak. Buat kamu yang sedang ingin terjun ke perikanan terutama ikan hias bisa jadi solusi ikan hias guppy ini untuk di rawat.


2. Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan hias yang memiliki badan panjang serta ketahan pada fisik yang cukup kuat sehingga tidak rawan mati. Ikan hias jenis arwana mempunyai beberapa warna merah, hijau dan warna emas.

Buat kamu yang ingin memelihara ikan arwana sebaik nya menggunakan aquarium yang besar, sebab ikan ini dapat tumbuh besar sehingga membutuhkan tempat yang besar pula.


3. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Ikan hias neon tetra berukuran kecil namun memiliki keindahan dalam tubuh nya dikarenakan mempunyai warna yang sangat mencolok kelihatan cantik saat di lihat serta dalam tubuh nya terdapat lebih dari satu warna.

Ikan jenis ini biasa nya di pelihara oleh pencinta aquascape karena tubuh nya yang kecil sehingga sangat cocok di jadikan hiasan di campur dengan tumbuhan yang ada dalam aquascape.

Ukuran ikan neon tetra sekitar 1-4 cm saja, jauh lebih kecil dari ikan hias lain nya.

Untuk ciri-ciri nya neon tetra sisik horizontal di bagian mata, perut berwarna silver, ekor berwarna biru dan pada ujung ekor berwarna merah cerah.


4. Ikan Lemon

Ikan Lemon

Ikan hias lemon ini salah satu ikan hias yang berasal dari air tawar yang berasal dari afrika timur. Pada habitat asli nya ikan lemon berada dalam lingkungan berbatu yang lumayan hangat.

Ikan hias lemon mempunyai 2 jenis warna orange merah dan kuning kenari. Tapi paling popular di kalangan masyarakat yang warna nya kuning kenari saja.

Ciri-ciri tubuhnya berwarna kuning yang cerah atau orange agak merah, pada pangkal sirip ada garis putih yang panjang dari punggung depan sampai belakang, sirip pada punggung memiliki warna hitam, sirip dubur mempunyai warna hitam transparan dan kuning.

Baca Juga : Jenis Ikan hias Termahal Mencapai Miliyaran Rupiah

5. Ikan Swordtail

Ikan Swordtail

Ikan hias satu banyak sekali pencinta nya di kalangan masyarakat yang suka dengan ikan hias, karena bentuk nya yang unik dan memiliki ekor yang mirip dengan pedang sehingga ikan hias jenis ini di beri nama ikan hias pedang dan mempunyai sifat karnivora.

Jenis ikan ini dapat tumbuh panjang hingga 13 cm dan dapat berumur panjang sampai 5 tahunan loh yang bisa kamu pelihara serta mencoba di kembang biakan. Biasa nya ikan pedang suka di tempat danau, laguna dan rawa.


6. Ikan Komet

Ikan Komet

Ikan hias yang mirip dengan ikan koi bernama ikan komet, kenapa mirip? Dari postur tubuh dan warna sekilas mirip seperti ikan koi namun yang membedakan ikan komet ukuran lebih kecil ketimbang ikan koi.

Tubuh nya yang ramping serta mempunyai warna perak dan sedikit orange membuat ikan hias ini di gemari oleh masyarakat seluruh dunia.


7. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan hias yang berasal dari Negara asia tenggara salah satu nya Indonesia memiliki 3 jenis yaitu ikan cupang hias, ikan liar dan ikan cupang aduan.

Untuk ikan cupang yang aduan pasti kalian sudah pernah mengalami waktu kecil membeli ikan cupang hanya untuk di adu oleh ikan cupang punya temen hehe

Tapi ada juga ikan cupang hias yang bisa kamu pelihara untuk menambah isi aquarium di rumah. Ikan cupang termasuk dalam kategori ikan hias yang tahan hidup tidak gampang mati.


8. Ikan Louhan

Louhan

Ikan louhan salah satu ikan hias yang bisa kamu pelihara dalam aquarium yang ukuran besar, karena ikan ini bisa tumbuh besar seperti ikan koi jadi harus menyiapkan tempat yang cukup agar bisa bebas bergerak.

Ciri khusus ikan hias louhan ini terdapat pada benjolan yang ada di kepala dan warna sisik yang unik.


9. Ikan Mas 

Ikan Mas

Ikan hias yang bernama mas menurut saya adalah ikan tergabung ikan koi karena dari segi warna mirip seperti ikan koi sedangkan bentuk badan nya seperti ikan mas biasa jadi mungkin ada persilangan yang membuat ikan mas koi ini muncul.

Ciri-ciri ikan mas terletak pada perut yang besar dan tonjolan di kepala nya. Ikan ini dapat beradaptasi di segala lingkungan yang memudahkan bagi pemelihara nya, tak heran tidak sedikit yang menyukai ikan hias mas di karenakan perawatan nya mudah.


10. Ikan Discus

Ikan Discus

Ikan hias yang mempunyai warna yang sangat indah bisa dibilang ratu dari segala ikan hias, sebab ikan discus ini warna corak sangat disukai orang seluruh dunia.

Ikan hias yang berasal dari amazon ini sekarang sudah banyak di budiyakan oleh Negara-negara khusus nya Indonesia sehingga buat kamu yang sedang mencari ikan hias discus tak perlu khawatir tidak dapat, karena di penangkaran ikan hias biasa nya menyediakan walaupun harga nya lumayan mahal namun sesuai dengan jenis dan kualitas ikan tersebut, di jamin gak bakal rugi hehehe


11. Ikan Botia

Botia

Jenis ikan hias yang suka berkelompok bernama botia badut, ikan yang ukuran nya mini sangat cocok untuk mengisi aquascape mu agar lebih indah di lihat.

Ciri khas ikan hias ini mempunyai warna belang kuning dan hitam di bagian tubuh nya serta ekor nya yang berbentuk huruf V, untuk memelihara sebaik nya jangan di campur dengan ikan yang lain, karena ikan botia badut walaupun kecil namun agresif banget.


12. Ikan Peacock Bass

Peacock Bass

Ikan peacock bass salah satu ikan hias predator namun jangan khawatir walaupun tergolong sebagai predator ikan satu ini dapat kamu jadikan hiasan di aquarium karena memiliki tubuh dan warna yang bagus.

Untuk perawatan nya pun sangat mudah membersihkan air, kasih makan tepat waktu dan kebersihan dalam aquarium.


13. Ikan Molly

Molly

Ikan hias yang berwarna hitam ini bernama molly warna nya yang hitam pekat membuat daya Tarik tersendiri di kalangan pencinta ikan hias. Andai kamu sedang mencari ikan hias berbeda maka solusi nya adalah ikan hias molly ini.


14. Ikan Oscar

Ikan Oscar

Ikan hias yang banyak di gemari oleh seluruh dunia karena bentuk tubuh nya yang lebar kaya ikan gumare memiliki warna yang bermacam-macam serta sisik yang kaya batik menjadikan ikan hias Oscar terlihat menawan bagi para pecinta ikan hias.


15. Ikan Manfish

Ikan Manfish

Ikan hias manfish memiliki warna yang elegan serta bentuk tubuh yang menarik membuat ikan manfish jadi primadona ikan hias untuk di pelihara.

Kalian juga dapat membudiyakan ikan manfish namun untuk dijadikan induk ikan ini harus berumur 7 bulan dulu agar maksimal saat di budidayakan.

Perawatan nya pun cukup gampang beri makan jentik nyamuk atau cacing secara rutin dan kasih sedikit obat oxytetracyline untuk melindungi serangan penyakit.


16. Ikan Silver Dollar

Ikan Silver Dollar

Yang satu ini mempunyai harga jual yang tinggi tubuh nya yang seperti koin yang warna silver dan ukuran nya 15 cm seperti nama nya silver dollar.

Asal tempat tinggal ikan ini di sungai amazon tetapi untuk masalah di pelihara tidak terlalu susah walaupun berasal dari hutan amazon. Untuk perawatan nya pun cukup di beri daun selada dan selalu mengatur suhu tempratur air 26-30 derajat agar mampu bertahan hidup yang lama.


17. Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Jenis ikan hias yang bernama black phantom merupakan ikan yang berasal dari sungai amazon, banyak sebutan nama lain selain black phantom salah satu nya adalah black ghost.

Disebut ikan hias black ghost karena ikan ini tidak terlalu terlihat Nampak serta tubuh nya yang menggelantur menajdikan nya seperti ikan hantu.

Untuk rawatan nya cukup di beri makan secara rutin cacing, nyamuk dan pellet ikan. Untuk kondisi air aquarium harus sering di ganti supaya nyaman dalam tempat nya.


18. Ikan Elephant Nose

Elephant Nose

Ikan hias hidung gajah ikan hias yang unik karena pada bagian mulut mirip dengan belalai yang mengingatkan kita pada seekor gajah. Karena keunikan nya para penghobi ikan hias sangat menyukai nya untuk di pelihara.

Ciri khas ikan hias ini memiliki tubuh seperti bentuk pipi yang memanjang, tidak memiliki sirip pada perut, sirip dada terletak bagian belakang serta ciri paling utama terletak di bagian mulut yang seperti belalai.


19. Ikan Tiger Barb

Tiger Barb

Ikan yang memiliki tubuh bulat serta badan nya yang agak kecil dengan campuran warna lebih dari satu menjadikan ikan hias ini jadi rebutan para pencinta aqauarium untuk di kembang biakan.

Ciri ciri ikan hias tiger barb warna nya yang emas, punggung ikan lebih gelap, dan bagian perut nya berwarna putih.


20. Ikan Pictus Catfish

Pictus Catfish

Ikan hias yang bentuk nya mirip dengan ikan lele ini salah satu ikan hias yang lucu untuk di pelihara karena tubuh nya yang tinggi dan panjang.

Ciri khusus nya berwarna perak dengan binti-bintik hitam bagian sirip dan tubuh nya.


21. Ikan Kissing Gourami

Kissing Gourami

Ikan hias yang suka berciuman sangat lucu karena tubuh nya kecil agak bulat serta warna nya yang pink pudar bisa dijadikan pelengkap isi aquarium di dalam rumah untuk hiasan.

Ciri utama ikan hias ini memiliki bibir yang lancip fleksibel, ada ratusan gigi kecil dalam mulut nya.


22. Ikan Flying Fox

Flying Fox Fish

Ikan hias flying fox salah satu ikan hias air tawar yang paling banyak di pelihara. Ikan ini berasal dari family cyprindae dan tersebar di asia tenggara khusus nya di Indonesia.

Ciri-ciri ikan flying fox ialah mempunyai tubuh yang memanjang serta sisi perut datar. Pada punggung berwarna hijau dan cokelat. Untuk di bagian perut nya berwarna putih terdapat garis hitam yang membujur dari mulut.

Untuk rawatan nya cukup mudah tempat nya pun tidak harus besar karena flying fox ini hanya bisa tumbuh sampai 11 cm saja sedangkan kalau betina agar lebih besar. Untuk makanan nya Cuma alga hijau jadi bisa mengurangi kotoran dalam aquarium.


23. Jenis Ikan Hias Platy Mickey Mouse

Platy Mickey Mouse

Ikan yang tubuh nya mirip dengan film kartun mickey mouse ini sangat cantik sebagai ikan hias dengan warna yang cantik seperti warna merah, hitam, kunig dan emas sehingga jenis ikan satu ini diberi nama mickey mouse.

Ikan yang suka bergerombol ini lebih bagus apabila di pelihara lebih dari satu atau yang banyak karena akan membuat mu takjub jika di lihat dalam aquarium.


24. Ikan Niasa

Ikan Niasa

Ikan hias yang salah satu menjadi kiblat para pencinta ikan hias adalah warna nya yang biru putih kuning borcorak loreng kaya macan hehe. Ikan hias niasa ini hidup di air tawar dan terbagi menjadi 2 jenis warna kuning dan biru, tetapi yang paling terkenal adalah ikan niasa yang berwarna kuning.

Yang unik dari ikan tersebut ialah saat mengerami telur nya, dimana ikan niasa mengerami telur di dalam mulut.


25. Ikan Arapaima

Ikan Arapaima

Ikan arapaima salah satu ikan hias terbesar di dunia, ikan ini berasal dari amerika selatan dengan ukuran tubuh yang panjang 2,5 meter dan berat lebih dari 100 kg membuat nya menjadi ikan hias terbesar.

Untuk memelihara dibutuhkan tempat yang besar juga, ikan ini masih satu golongan dengan ikan arwana. Sayang nya ikan satu ini sekarang hampir punah karena banyak di buru oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


26. Ikan Bala Shark

Ikan Bala Shark

Walaupun nama nya bala shark tapi ikan hias ini bukan masuk dalam kategori predator kok jadi tenang aja buat yang ingin memelihara di dalam aquarium untuk menambah koleksi ikan hias.

Ciri khas ikan bala shark terdapat pada bagian tubuh nya yang berwarna perak serta garis hitam di bagian ekor.

Untuk merawat nya pun tergolong mudah karena habitat asli ikan ini di sungai yang dalam, makanan nya pun bisa pakai serangga-serangga kecil dan pellet.


27. Ikan Barbir

Ikan Barbir

Ikan yang ukuran badan nya mungil 7 cm ini ikan yang sangat lucu untuk di pelihara karena melihat dari segi badan nya saja sudah mungil di tambah warna nya yang kuning campur orange menjadikan lebih sempurna.

Tidak heran bila para korektor membeli ikan barber untuk dijadikan hiasan dalam aquarium agar lebih menarik ketika dilihat.


28. Ikan Corydoras Albino

Corydoras Albino

Seperti nama nya albino ikan hias ini memiliki warna putih yang cerah di semua badan nya, tidak hanya di bagian tubuh nya saja yang berwarna putih mata nya pun terlihat putih karena ikan ini golongan albino.

Untuk ukuran nya terbilang kecil yaitu 5 sampai 10 cm dan untuk tempat yang pas buat corydoras albino harus di atur suhu derajat nya 22 sampai 26 celcius, serta ukuran air nya sekitar 35 sampai 40 liter saja.


29. Ikan Gurame Padang

Gurame Padang

Ikan gurame terkenal kalau di konsumi enak banget tapi kita bukan membahas ikan gurame biasa, namu ikan gurame hias yang bernama gurame padang. Ikan gurame padang merupakan ikan hias yang banyak di pelihara oleh sebagian orang untuk mengisi aquarium agar lebih menarik.

Ciri-ciri ikan gurame padang adalah saat kecil warna nya kuning kemerah-merahan, bagian badan ekor lebar dan mulut nya lancip. Saat dewasa warna dan bentuk nya akan berubah yang kuning akan memudar serta tumbuh nya dagu dan jidat.

Untuk merawat nya sangat gampang karena ikan ini bisa memakan makan apa saja, dan bisa dijadikan bisnis dengan membudiyakan nya.


30. Ikan Sapu-Sapu

Ikan Sapu-Sapu

Tentu kalian paham jenis ikan yang satu ini, kalau kalian semasa kecil sering bermain di sawah akan menemukan ikan sapu-sapu di perairan sawah, yak arena ikan sapu-sapu lebih suka di air yang agak berlumpur.

Termasuk dalam kelompok ikan hias air tawar karena badan nya yang unik warna nya yang hitam kecokelatan menjadi daya Tarik tersendiri. Untuk ukuran ikan ini dapat tumbuh sepanjang 60 cm.


31. Ikan Sepat

Ikan Sepat

Jenis ikan hias yang bermoncong sempit dan tubuhnya berbentuk pipi dengan panjang keseluruhan nya 120 mm ini memiliki warna abu-abu dengan butir-butir berwarna biru yang hampir mirip dengan mutiara serta mempunyai pita panjang dari moncong sampai ekor berwarna hitam.

Untuk mulai memelihara nya jangan di campurkan dengan jenis ikan predator karena ikan sepat termasuk ikan yang ramah. Soal makanan ikan sepat dapat memakan apa saja pellet, makanan kering dan lain-lain.


32. Rainbow Fish

Rainbow Fish

Ikan hias yang berasal dari papua sangat cantik dengan tubuh nya yang kecil, pergerakan nya yang lincah menjadi hiburan ketika kita sedang jenuh. 

Ikan rainbow fish mempunyai warna yang mencolok begitu enak di lihat seperti sedang melihat pelangi ketika hujan redah.

Ukuran ikan ini tergolong kecil yaitu Cuma 15 cm dan bentuk tubuh nya seperti pipih dan juga terdapat dua sirip di punggung, mulut nya yang mirip tabung membuat tambah unik ikan dari papua ini.


33. Jenis Ikan Hias Platy

Platy

Ikan platy salah satu ikan hias air tawar yang bisa djadikan refrensi bagi kamu yang ingin mengisi aquarium, ikan platy ikan hias kecil yang mempunyai corak warna emas, biru, orange dan perak.

Untuk rawatan nya sangat gampang ikan ini dapat makan apa saja seperti pelet dan cacing, selain itu ikan platy dapat di gabungkan dengan jenis ikan hias yang lain.


34. Ikan Danio Zebra

Ikan Danio Zebra

Buat kamu yang ingin menambah koleksi ikan hias dalam aquarium ikan danio zebra bisa jadi solusi karena gampang beradaptasi dengan sesama ikan lain.

Tubuh nya yang bergaris dengan dua warna biru dan putih serta ekor yang berbentuk huruf V berwarna hitam, ukuran yang kecil serta tahan dalam lingkungan membuat danio zebra menjadi pilihan sebagian orang yang hobi dengan ikas hias air tawar.


35. Ikan Redfin

Ikan Redfin

Ikan hias yang aktif ketika malam hari untuk mencari makan ini sangat bagus jika kalian masukan dalam aquarium untuk menambah koleksi, yang unik ikan redfin kalau siang akan bersembunyi di balik batu atau goa bikinan.

Warna pada ikan tersebut hitam ke abu-abuan dan pada ujung ekor berwarna merah pudar serta tubuh nya kecil berujuran 12 cm. Sebaik nya jika kamu memelihara ikan redfin jangan di campur dengan ikan yang ukuran nya lebih kecil dari dia, karena redfin akan selalu mengejar ikan lain yang jauh lebih kecil sampai ikan tersebut mati.


36.  Ikan Lunjar (wader)

Lunjar (wader)

Jenis ikan ini cukup banyak di kali-kali kecil sekitar rumah dengan beragam warna mulai dari perak sampai warna biru kemerahan.

Ikan yang panjang nya 17 cm bisa kamu jadikan sebagai ikan hias air tawar karena ukuran nya yang mungil serta warna corak yang berbeda-beda menjadi salah satu kelebihan nya.


37. Jenis Ikan Hias Kumpai

Jenis Ikan Hias Kumpai

Ikan kumpai bentuk nya seperti ikan koi yang membedakan ekor ikan kumpai lebih panjang dan sirip nya juga agak panjang ketimbang ikan koi.

Ikan kumpai bisa kalian masukan dalam aquarium untuk hiasan, karena ikan ini tergolong ikan hias yang harga nya cukup murah sekitar 25 ribu per ekor.

38. Datz

Ikan Datz

Ikan datz merupakan ikan predator asal Indonesia yang sedang populer dikalangan penghobi ikan hias khususnya ikan predator. Ikan datz ini ada berbagai macam jenis yaitu datz sumatera, datz borneo, datz silver dan datz papua seperti yang ada pada gambar diatas.

Ikan datz masih sangat sulit dibudidayakan maka dari itu ikan ini biasanya ialah ikan tangkapan dari alam langsung lalu dijual ke pasaran.

39. Palmas atau Ikan Naga

Ikan Naga

Ikan hias yang satu ini biasa disebut dengan ikan palmas dan juga ikan naga dengan nama sainsnya yaitu polypterus. Ikan naga ini masuk kategori ikan predator alias ikan pemakan daging atau ikan-ikan kecil. Ikan ini merupakan jenis ikan dasar atau ikan perenang bawah.

Ikan palmas ini ada berbagai macam jenisnya yang kalian bisa lihat di : 13 Jenis Ikan Palmas

40. Ikan Channa

Gambar Ikan Channa

Ikan channa merupakan ikan predator yang banyak juga penggemarnya di Indonesia ini. Ikan. Ikan channa atau ikan gabus ini harganya ada dari yang termurah 20rb rupiah hingga 30 juta rupiah per ekornya.

Jenis-jenis ikan chana ini ada banyak ya, kalian bisa cari di artikel kami yang membahas 37 jenis ikan gabus hias.

41. Ikan Pari Air Tawar

Gambar Ikan Pari Air Tawar

Ikan pari air tawar atau biasa disebut stingray ini merupakan ikan hias predator yang sangat keren banget jika dipelihara di aquarium dan juga dipelihara sebagai tankmate. Ikan pari termasuk ikan tipe bawah alias ikan yang berenang di area bagian bawah aquarium.

Ikan pari ini mempunyai banyak sekali jenis dan motif, motif nya keren-keren loh, kalian bisa cek di Jenis-Jenis ikan pari air tawar.

42. Ikan Koi

Gambar Ikan Koi

Siapa yang tidak mengenal ikan koi ? pasti kebanyakan sudah pada tahu ikan koi ini. Ikan koi salah satu ikan hias air tawar yang paling populer didunia. Ikan yang terkenal dari negeri sakura jepang ini merupakan ikan jenis top view. Apa itu top view ? top view merupakan ikan yang sangat indah jika dilihat dari atas. Maka dari itu ikan koi ini sangat cocok sekali dipelihara di kolam.


Penutup

Itulah list sementara jenis-jenis ikan beserta gambar ikan yang sudah kami post. Kedepannya akan kami tambahkan 100 lebih jenis ikan yang ada di air tawar bahkan kalau bisa mencapai 1000 ikan jenis ikan air tawar jika memungkinkan. So buat kamu yang punya aquarium kosong bingung mau di isi ikan apa? Di sini lah solusinya.



Gambar Ikan Hiu
Gambar Ikan Hias
gambar ikan tenggiri
gambar kolase ikan
gambar ikan hitam putih
gambar ikan bandeng
gambar ikan tuna
gambar ikan laut
gambar ikan arwana
Gambar Ikan Hias Air laut
Gambar Ikan Hias Air Tawar
nama dan gambar ikan hias air tawar
gambar ikan ekor kuning
gambar ikan hias cantik
gambar ikan lucu
nama dan gambar ikan hias
nama dan gambar ikan
gambar ikan di akuarium
gambar ikan asli
gambar ikan air tawar
gambar ikan besar
gambar ikan yang bagus
gambar ikan arwana super red

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :