Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjernihkan Air Kolam Ikan Lele Agar Ternak Tumbuh Sehat

Ikanesia.id - Cara menjernihkan air kolam ikan lele rasanya menjadi hal wajib yang harus Anda ketahui sebagai pembudidaya lele. Pasalnya, ada banyak dampak negatif apabila kondisi air tidak sesuai ketentuan ataupun buruk mengenai kualitasnya. Mulai dari terserang penyakit hingga mengakibatkan kematian.

Cara Menjernihkan Air Kolam Ikan Lele yang Wajib Anda Ketahui

Menjernihkan air kolam ikan lele merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh peternak. Hal ini tak boleh dianggap remeh atau dibiarkan begitu saja. Keuntungan panen nantinya sangat tergantung kepada bagaimana Anda mengelolanya dengan baik. Berikut cara menjernihkan air kolam ikan lele:

Cara menjernihkan air kolam ikan lele

1. Menggunakan yang Air Mengalir Serta Filter

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjernihkan kolam adalah menggunakan air mengalir serta telah dilengkapi dengan filter. Hal tersebut disebabkan, secara tidak langsung akan membuat air menjadi tidak keruh karena terjadinya proses pergantian otomatis melalui aliran serta penyaring.

Filter tersebut memiliki fungsi sebagai penyaring berbagai macam benda ataupun kotoran yang hendak masuk ke dalam kolam. Dengan begitu, kualitasnya akan terus terjaga tanpa harus dilakukannya pengemasan secara rutin. Perlu diingat, kondisi kolam merupakan faktor penting dalam budidaya lele.

2. Membersihkan Kolam Menggunakan Jaring

Terkadang ada saja kotoran-kotoran yang mengambang di permukaan kolam, seperti dedaunan ataupun benda lainnya. Jika Anda melihatnya, maka segeralah untuk membersihkannya dengan menggunakan sebuah jaring. Lakukan secara perlahan agar ikan lele tidak merasa terganggu dan pakan ikan lele trmakan habis dan jadual panentepat sesuai jadual yang telah kita tentukan.

Lakukan pemilihan terhadap tanaman pendukung atau dekorasi kolah. Pilih mana yang sudah dalam kondisi busuk maupun membuat kolam menjadi terlihat kotor. Lakukan pengangkatan segera sebelum benar-benar membususk, karena jika sudah mati tidak baik untuk ekosistem ikan lele.

3. Buang Akar-Akar Algae

Cara menjernihkan air kolam ikan lele selanjutnya adalah menghilangkan atau membuang akar-akar algos. Pasalnya, tanaman tersebut merupakan salah satu penyebab kolam menjadi keruh hingga berwarna hijau pekat. Tumbuhan alga akan merusak ekosistem serta menyumbat penyaringan.

Gunakanlah tangan, sisir ataupun sikat dinding kolam untuk menghilangkan akar-akaran algae. Lakukan secara perlahan saja agar tidak mengganggu suasana kolam. Anda tak perlu melakukan pengurasan secara total, cukup sedikit saja. Dengan begitu, tidak terlalu banyak membuang air saat membersihkannya.

4. Menambahkan Hidrogen Peroksida

Langkah berikutnya untuk melengkapi proses penjernihan kolam yaitu dengan menambahkan hidrogen peroksida. Cara ini bisa dipilih sebagai jalan alternatif lain jika Anda rasa saat membersihkan kolam dari akar aloe menggunakan tangan, sisir ataupun sikat toilet tidak cukup efektif.

Hal tersebut dikarenakan, reaksi kimia dari hidrogen peroksida mampu merontokkan akar algae. Tak hanya itu, cairan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan berbagai macam kuman ataupun parasit. Langkahnya cukup mudah, cukup menuangkannya ke dalam kolam setengah liter per 1000 liter air.

5. Menambahkan Jerami

Jika Anda merasa khawatir akan rusaknya ekosistem kolam ketika menggunakan bahan kimia pada proses pembersihan, maka menambahkan jerami bisa menjadi solusinya. Pasalnya, cara ini dapat dikatakan sebagai metode alami atau natural dalam menjernihkan air kolam ikan lele.

Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu meletakkan jerami ke dalam jaring ikan kemudian taruh pada bagian air mengalir seperti pancuran dan tinggalkan saja selama beberapa hari. Langkah selanjutnya adalah membersihkan kolam dari sisa-sisa jerami tersebut.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara menjernihkan air kolam ikan lele yang bisa Anda gunakan. Menjaga kolam agar terus berada pada kondisi baik merupakan salah satu langkah penting harus dilakukan oleh para pembudidaya ikan lele.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :