Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Ikan Lele Agar Cepat Besar Dan Sehat

Ada beberapa jenis makanan ikan lele agar cepat besar serta membuatnya menjadi lebih sehat yang bisa Anda gunakan. Dengan begitu, pembudidayaan dapat berjalan sangat efisien tanpa membuang waktu karena masa panen cukup lama serta keuntungan yang tak seberapa akibat ukurannya kecil.

Beberapa Daftar Makanan Ikan Lele Agar Cepat Besar Dan Sehat

Budidaya ikan lele merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Terlebih jika pertumbuhan dari ikan tersebut bisa dikatakan cukup cepat. Maka akan mempengaruhi hasil panen nantinya serta harga jualnya di pasaran. Berikut makanan ikan lele agar cepat besar dan juga sehat:

makanan ikan lele agar cepat besar

1. Pelet

Pelet merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering digunakan oleh para peternak. Hal tersebut dikarenakan, Anda dapat menemukannya dengan mudah di pasaran atau toko serta harganya cukup terjangkau. Terlebih kahi, ada berbagai macam pilihan dan dapat disesuaikan oleh kebutuhan.

Pada umumnya, jenis pelet yang bagus adalah hasil dari produksi pabrikan. Pasalnya ada banyak kandungan dan campuran seperti tulang, daging, tepung hingga bahan lainnya. Alhasil, semua kandungan tersebut membuat ikan lele menjadi cepat dalam pertumbuhan serta kesehatannya terjaga.

2. Makanan Alami

Memberikan ikan lele dengan pakan alami dapat membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih cepat dan sehat. Terlebih jenis makanan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah karena berasal dari alam. Selain itu, ketika memanfaatkan bahan alami akan menekan pengeluaran biaya pembelian pelet.

Ada berbagai macam pakan alami yang bisa Anda gunakan serta temukan dengan mudah. Mulai dari cacing sutra, jentik nyamuk, jangkrik, kutu air, ikan-ikan kecil hingga masih banyak lagi lainnya. Dengan semua makanan tersebut dapat mendukung pertumbuhan lele menjadi lebih bagus dan juga sehat.

3. Limbah Peternakan

Makanan ikan lele agar cepat besar berikutnya adalah dengan memanfaatkan limbah dari peternakan. Anda bisa membangun kerjasama dengan para peternak ayam broiler karena memiliki kesamaan dalam program pakan. Sehingga tak perlu susah payah lagi untuk mencarinya nanti.

Dengan membangun kerja sama tersebut, Anda bisa meminta ayam broiler yang telah mati sebelum masa panen guna membantu pertumbuhan ikan lele. Sehingga bisa dijadikan makanan untuk ikan lele serta harganya akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli yang masih hidup di pasar.

4. Limbah Pemotongan Hewan

Jenis makanan yang dapat membuat ikan lele menjadi cepat besar dan sehat adalah dengan menggunakan limbah pemotongan hewan. Hampir sama dengan penjelasan sebelumnya yaitu disini Anda memanfaatkan daging ataupun ayam yang telah mati agar dapat dibeli harga murah.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan darah serta jeroan dari ayam dengan nilai gizi yang sangat tinggi. Dengan begitu, pertumbuhan ikan lele akan terjadi lebih cepat dan juga sehat serta mengurangi biaya pengeluaran dalam hal membeli paka. Jadi keuntungan secara tidak langsung cukup besar.

5. Limbah Ikan

Makanan berikutnya yang bisa Anda berikan untuk ikan lele dan mampu mendukung pertumbuhannya adalah memanfaatkan limbah ikan. Anda bisa menemui para nelayan guna memintanya langsung. Selain itu, jenis pakan ini mengandung lemak serta protein sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan lele.

Cara menggunakannya pun bisa dikatakan sangat mudah. Anda tidak perlu mengelolanya lagi cukup dengan memotong-motongnya saja menjadi lebih kecil. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jumlah saat pemberian makan. Jangan sampai berlebihan karena mengganggu lingkungan kolam.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa makanan ikan lele agar cepat besar dan sehat. Masih ada banyak jenis pakan lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menyokong pertumbuhan ikan lele serta menekan biaya pengeluaran.