Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pakan Alternatif Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Murah Biaya Pakan

Ikanesia.id - Pakan alternatif ikan Gurame sering kali digunakan oleh para peternak dengan alasan harganya lebih murah. Dengan begitu, ada kemungkinan menekan biaya pengeluaran untuk pakan serta mendapatkan keuntungan yang melimpah. Terlepas dari itu semua, ikan Gurame bisa lebih cepat pertumbuhannya.

Beberapa Pakan Alternatif Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Murah

Masalah pakan yang sangat sering dialami oleh para peternak adalah biaya yang dikeluarkan lumayan tinggi. Belum lagi untuk memenuhi berbagai macam vitamin agar kesehatannya tetap terjaga. Oleh sebab itu tak jarang para pembudidaya ikan Gurame mencari pakan alternatif. Berikut ulasannya.

pakan alternatif ikan gurame

1. Maggot

Pakan alternatif pertama yang bisa digunakan adalah maggot atau larva lalat. Kemudian tak lupa untuk mencampurkannya dengan ikan kering serta ampas tahu. Jenis pakan ini mengandung sekitar 44% protein, bahkan lebih tinggi dari kadar yang ada pada pelet.

Pada umumnya, penggunaan maggot sebagai pakan alternatif dapat membuat Anda jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan pelet. Pasalnya, biaya pembuatannya hanya berkisar Rp.4000 sehingga bisa menekan biaya pakan sekitar 48% dari biasanya.

2. Pepaya

Pakan alternatif selanjutnya yang cukup efisien adalah pepaya. Tanaman asli tropis ini bisa anda temukan sangat mudah di pasar ataupun di perkebunan sekitar rumah atau kolam. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu mengambil buahnya melainkan hanya  memanfaatkan daunnya saja.

Daun pepaya merupakan salah tanaman yang memiliki banyak khasiatnya termasuk untuk obat-obatan alami. Hal tersebut dikarenakan mengandung senyawa tocophenol, flavonoid, alkaloid karpain dan lainnya.  Selain bisa menjadi pakan alternatif, daun pepaya juga bisa untuk penyembuhan ikan Gurame.

3. Ampas Tahu

Pakan alternatif ikan Gurame yang satu ini mungkin paling sering digunakan oleh para peternak yaitu ampas tahu. Pasalnya, jenis ini memiliki kandungan protein cukup tinggi sekitar 33 sampai dengan 43% serta mengandung kadar lemak berkisar 20 hingga 23%.

Namun, limbah dari pembuatan tahu ini sangat bergantung pada proses membuatnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein serta lemak yang ada di dalamnya cukup bervariasi jumlahnya. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan kadar protein tinggi agar pertumbuhan menjadi lebih cepat.

4. Bekicot

Bekicot bisa Anda manfaatkan sebagai pakan alternatif ikan Gurame yang keberadaannya sangat mudah didapatkan. Dalam jenis pakan ini, memiliki kandungan protein sangat tinggi, bahkan melebihi kadar dari maggor serta ampas tahu yaitu sekitar 60% serupa tepung ikan.

Selain itu, bekicot juga mengandung asam-asam lemak guna menyuplai energi untuk ikan Gurame serta kadar lemaknya sekitar 6%. Sebelum menggunakannya, keluarkan terlebih dahulu bekicot dari rumahnya kemudian ambil dagingnya lalu rebus selama 15 sampai 20 menit.

5. Dedak Bekatul

Jenis pakan alternatif berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah dedak bekatul. Pakan ini merupakan hasil sampingan dari sebuah proses penggilingan beras dan memiliki tekstur lebih halus jika dibandingkan dengan lainnya.

Untuk mengetahuinya, cobalah Anda rendam dengan air. Apabila kotoran terangkat serta mengapung maka benar bahwa itu adalah dedak bekatul. Selain menekan biaya pengeluaran. jenis pakan ini juga mampu mendukung pertumbuhan ikan Gurame menjadi lebih cepat dari biasanya.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa pakan alternatif ikan Gurame terbaik. Beberapa penjelasan tersebut dapat Anda manfaatkan guna menghemat pengeluaran dari pembelian pakan. Karena, pakan alternatif mampu menekan budget yang cukup besar persentasenya dibandingkan memakai pelet. Walaupun efeknya tidak secepat pakan dari toko.