Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pakan Alternatif Ikan Lele Murah Dan Sehat Serta Mudah Dicari

Ikanesia.id - Ada berbagai macam pakan alternatif ikan lele yang bisa dikatakan cukup murah dan menyehatkan. Metode ini biasanya digunakan para peternak untuk membuat pembudidayaan lebih efisien serta mendapatkan keuntungan besar. Hal tersebut dikarenakan mampu menekan biaya pengeluaran pakan.

Beberapa Pakan Alternatif Ikan Lele Murah dan Sehat yang Bisa Anda Gunakan

Terdapat berbagai macam cara yang bisa digunakan para peternak dalam budidaya ikan lele salah satunya adalah menggunakan pakan alternatif. Cara ini dipercaya mampu mengurangi biaya pengeluaran tanpa harus melupakan kualitas dari ikan itu sendir. Berikut daftar pakan alternatifnya:

pakan alternatif ikan lele

1. Maggot Lalat (Black Soldier Fly)

Pakan alternatif yang pertama dan bisa Anda gunakan untuk ikan lele adalah Maggot lalat (black soldier fly). Untuk pemilihan jenisnya ialah setelah mengalami fase telur atau sebelum pupa dan menjadi dewasa. Kandungan di dalamnya yaitu protein bernilai tinggi dengan persentase sekitar 40%.

Dengan nilai protein mencapai 45% itu berarti lebih tinggi dari pada pelet yang hanya sebesar 22% sampai 24%. Maggot lalat dapat meningkatkan metabolisme bagi ikan lele, sehingga membuatnya tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Terlebih harganya pun cukup murah bahkan gratis.

Baca Juga : Pakan Pelet Ikan Gurame Lengkap dan Harganya

2. Ikan Rucah

Pakan alternatif berikutnya adalah ikan rucah dengan nilai gizi yang sangat tinggi untuk ikan lele salah satunya adalah kandungan proteinnya. Selain itu, di dalamnya terdapat banyak komponen guna menunjang pertumbuhan menjadi lebih cepat serta Anda dapat membelinya dengan harga murah.

Para peternak pada umumnya memanfaatkan ikan rucah sebagai salah satu metode guna efisiensi pembudidayaan dalam hal menjaga kesehatan ikan. Selain itu, unsur menarik lainnya seperti mampu menekan biaya pengeluaran untuk membeli pelet, jadi alasan tepat ketika menggunakan ikan rucah.

3. Bekicot

Jenis pakan alternatif ikan lele selanjutnya adalah bekicot. Hewan ini memang terkenal dengan kandungan proteinnya yang bernilai sangat tinggi sehingga bagus jika dijadikan makanan untuk lele. Selain itu, Anda dapat menemukan bekicot secara mudah karena keberadaannya ada dimana-mana.

Dengan semua kelengkapan akan kandungan gizi, sebaiknya mampu membantu pertumbuhan ikan lele menjadi lebih cepat dibandingkan dengan biasanya. Hal tersebut membuat para peternak benar-benar memanfaatkannya agar bisa memberikan keuntungan dari bisnis pembudidayaan ikan lele.

4. Cacing

Banyak para ahli mengklaim bahwa, di dalam tubuh cacing mengandung berbagai macam gizi serta protein dengan nilai kadarnya mencapai 75%. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan mamalia jenis apapun yang hanya sekitar 65%.

Jenis cacing sutra sangat bagus jika digunakan sebagai pakan lele alternatif karena mampu membuat pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Selain itu, memiliki tekstur lembut sehingga mudah untuk dicerna serta tak perlu dilakukan pengolahan.

5. Dedaunan dan Tanaman

Selain hewani, pakan alternatif ikan lele juga bisa dengan memanfaatkan dedaunan dan tanaman karena memiliki kandungan nutrisi. Salah satu jenisnya adalah Azolla atau tumbuhan paku air sangat cocok guna menjadi makanan untuk ikan lele.

Secara aturan, tumbuhan Azzola sudah melewati proses seleksi sudah hasilnya cukup baik untuk dijadikan pakan alternatif ikan lele. Kandungan proteinnya mencapai angka 25% sampai 40% dan mampu membantu pertumbuhan ikan lele menjadi lebih cepat serta sehat.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa jenis pakan alternatif ikan lele dengan harga murah serta menyehatkan. Banyak para peternak memanfaatkan semua hewan dan tumbuhan tersebut guna menekan biaya pengeluaran agar pembudidayaan tetap efisien. 


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :