Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pakan Benih Ikan Lele Agar Pertumbuhan Cepat dan Maksimal

Ikanesia.id - Dalam hal pakan benih ikan lele, ada beberapa jenis yang bisa Anda gunakan untuk dikonsumsi, mulai dari alami hingga buatan. Pada dasarnya, hampir tak ada perbedaan dengan makanan lele lainnya, hanya saja akan lebih terfokus pada kandungan gizi-gizinya.

Beberapa Pakan Benih Ikan Lele yang Bisa Anda Gunakan

Dari beberapa jenis pakan benih ikan lele, Anda dapat memilih untuk membuatnya sendiri ataupun membeli yang buatan pabrik. Diantara keduanya, sama-sama baik untuk kesehatan lele hanya saja berbeda pada biayanya. Berikut jenis pakan benih lele.

pakan benih ikan lele

1. Pelet

Pelet merupakan jenis pakan yang dibuat oleh pabrik secara khusus dengan berbagai macam kandungan didalamnya. Pada umumnya campuran bahannya adalah tepung, bungkil kelapa, kedelai minyak, dedak serta vitamin lainnya untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan lele.

Jenis pakan pelet, terbagi menjadi dua yaitu yang tenggelam dan apapun. Diantara keduanya tak ada perbedaan secara signifikan serta lele sangat menyukainya. Untuk apung keunggulannya adalah Anda dapat mengontrol sisa dari pakan. Jika diperuntukkan benih, maka pilih ukuran sesuai kebutuhan.

2. Belatung

Jika jenis pakan sebelumnya adalah buatan pabrik, maka yang satu masuk dalam kategori alami. Untuk benih Anda bisa memanfaatkan belatung sebagai makanan benih lele dengan kandungan protein sangat tinggi. Alhasil mampu menyokong pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat serta menyehatkan.

Pada jenis pakan ini, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan serta cara pembuatannya cukup sederhana. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tak begitu banyak jadi bisa lebih menghemat pengeluaran pakan. Jika untuk benih, potonglah belatung menjadi kecil.

3. Ampas Tahu

Jenis pakan benih ikan lele berikutnya adalah fermentasi dari ampas tahu. Bahan utamanya sudah tentu kedelai dengan kandungan protein yang cukup tinggi juga. Selain itu, tekstur lembutnya serta encer membuatnya menjadi pilihan cocok jika dikonsumsi oleh benih lele budidaya milik Anda.

Untuk bisa mendapatkan, Anda dapat meminta dari pabrikan tahu ataupun membuatnya sendiri. Tak perlu khawatir, karena proses pembuatannya terbilang cukup mudah. Kandungan protein dari jenis pakan ini mampu membuat tumbuh kembang ikan lele menjadi lebih cepat dari biasanya.

4. Ikan Petek Dan Tepung Ikan

Ikan petek merupakan jenis pakan yang bisa Anda berikan ke benih ikan lele karena ukurannya cukup kecil. Selain itu, keberadaannya pun tak begitu sulit ketika dicari. Ada banyak sekali ikan petek di pasaran dengan harga terjangkau. Sehingga tidak akan membuat anggara menjadi bengkak.

Masih seputaran tentang pakan benih ikan lele, Anda juga bisa menggunakan tepung ikan sebagai pilihan lainnya untuk dikonsumsi oleh benih. Selain itu, dari janis terdapat banyak kandungan gizi dengan nilai sangat tinggi. Jadi, tak perlu khawatir lagi mengenai vitamin serta lainnya untuk ikan lele.

5. Plankton Pupuk

Jika kolam menjadi keruh, jangan khawatir karena kondisi tersebut tidak selamanya buruk. Pasalnya, air haruslah berwarna hijau pekat dengan menggunakan pupuk kandang. Hal itu bertujuan agar ditumbuhi banyak plankton dan menjadi santapan alami bagi benih ikan lele.

Cara cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan pupuk kandang dengan mengikatnya di bagian pinggir kolam agar mudah dalam mengontrolnya. Diamkan selama kurang lebih seminggu guna menumbuhkan plankton. Untuk 1 meter persegi maka dibutuhkan pupuk sekitar 1,5 sampai 4 kg.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa jenis pakan benih ikan lele yang bisa Anda gunakan sebagai makanannya. Pada benih sangat dibutuhkan protein dengan nilai tinggi guna mempercepat pertumbuhannya serta menyehatkan.